User Review

Fakta – fakta Unik Seputar Hari Valentine

Hampir sebagian orang kompak merayakan hari kasih sayang tiap tanggal 14 Februari. Biarpun kita bisa mengungkapkan pada orang tersayang kapan saja, sepertinya sudah jadi tradisi kalau saat valentine, tiap orang yang sedang kasmaran merencanakan romantisme dengan pasangan. Dan tahukah kamu, ternyata ada fakta-fakta menarik tentang hari valentine lho!

Fakta 1 : Terjual 189 juta bunga di AS
Screenshot 2015-02-10 11.33.54-crop
foto : smashinghub.com

Tahukah kamu kalau tiap tahun terjual 189 juta bunga di Amerika Serikat saat momen valentine? Yang mengejutkan adalah hampir 110 juta dari bunga yang terjual berwarna merah. Cukup menarik ‘kan? Lalu, dari manakah bunga itu diperoleh? Ternyata, 60 persen bunga mawar di Amerika berasal dari Kalifornia, namun saat hari valentine hampir 90 persen diimpor dari Ekuador dan Kolombia. Wow, jadi berkah buat 2 negara tersebut ya karena mereka dapat memasok jutaan tangkai bunga untuk mereka yang sedang merayakan hari valentine.

Fakta 2 : Harga bunga mawar melambung

Pada hari biasa, harga bunga mawar sangatlah terjangkau. Tapi jangan harap bisa membelinya dengan harga murah saat valentine. Kenapa? Karena satu rangkaian bunga mawar dengan 10 tangkai dihargai $487 di Bangkok dan $45 untuk 1 tangkai bunga mawar. Di Hongkong dihargai $205, Singapura $148, di London $96, di Afrika $90 dan di Amerika $75 untuk 1 rangkaian bunga mawar. Jadi, buat mereka yang menganggap bunga mawar berharga murah saat valentine, harus berpikir ulang karena momen itu benar-benar menguras dompet.

Fakta 3 : Makan telur rebus beserta cangkang jadi tradisi Valentine

Sekitar tahun 1700-an, di Inggris tiap gadis akan meletakan 4 daun salam pada bantal dan memakan telur rebus beserta cangkangnya saat valentine. Menurut kepercayaan, jika ia memimpikan seorang lelaki malam itu, ia akan segera menikahinya. Para gadis juga menulis nama-nama anak laki-laki di atas potongan kertas lalu menutupinya dengan tanah liat yang kemudian dimasukan dalam air. Ketika tanah liat itu pecah maka kertas itu akan mengapung ke atas. Lalu, nama pertama yang bisa terbaca oleh gadis tersebut diprediksi akan menjadi orang yang pantas untuk dinikahi. Unik sekali ya.

Fakta 4 : Dalam 1 tahun, terjual lebih dari 35 juta kotak cokelat berbentuk hati

Pada akhir tahun 1800-an, kotak berisi coklat pertama diperkenalkan oleh Richard Cadbury secara ekslusif pada hari valentine. Dan kini, coklat menjadi salah satu hadiah paling populer yang akan diberikan kepada orang terkasih saat hari kasih sayang. Bahkan tiap tahun, lebih dari 35 juta kotak coklat berbentuk hati terjual. Dan tahukah kamu berapa pengeluaran yang harus dilakukan? Di Amerika Serikat Saja, 1 juta dollar dikeluarkan untuk coklat. Lalu bagaimana keuntungan yang didapat oleh mereka yang menjual coklat di seluruh dunia ya?

Fakta 5 : Asal muasal hati warna merah menjadi simbol

Gambar hati berwarna merah menjadi simbol valentine dan terlihat dimana-mana. Secara tradisional, merah dihubung-hubungan dengan warna darah dan manusia percaya bahwa jantung yang mempompa darah adalah bagian tubuh yang merasakan cinta. Dan tahukah kamu kalau mumi yang dikubur di Mesir akan diambil semua organ tubuhnya kecuali jantung karena mereka percaya jantung adalah organ yang diperlukan oleh tubuh untuk melewati perjalanan menuju keabadian.

Fakta 6 : Warna dan jumlah bunga mawar, ternyata memiliki arti khusus
Screenshot 2015-02-10 11.56.29
foto : mywallpaper.info

Warna bunga mawar yang dikirimkan untuk hari valentine juga punya arti lho. Seperti warna merah yang berarti love dan respect, warna merah muda seolah ingin mengatakan ‘Aku memiliki perasaan yang indah padamu’, dan warna putih menandakaan kesucian dan kalimat ‘Aku layak untukmu’. Tidak hanya itu, jumlah mawar juga punya arti berbeda-beda. Seperti jumlah 1 mawar berarti ‘Cinta pada pandangan pertama’, 12 mawar berarti ‘I love you’, jumlah 108 mawar direkomendaskan untuk melamar, dan 999 mawar berarti ‘Kita akan selalu bersama’.

Cukup unik ya, fakta-fakta tentang hari valentine tersebut? Bagaimana dengan kamu, travelers? Punya tradisi unik saat valentine? Dishare di kolom komentar dong 😉

(Visited 451 times, 1 visits today)

Comments

To Top