Tips

Fakta dan Ketentuan Zakat Fitrah yang Harus Kamu Tahu

Membayar zakat termasuk ke dalam rukun Islam. Salah satu zakat yang wajib dibayarkan bagi kamu yang beragama Muslim adalah zakat fitrah di bulan suci Ramadhan. Selain dimaksudkan untuk membantu orang yang kurang mampu, zakat fitrah juga dilakukan agar individu yang membayar zakat kembali fitrah atau suci seperti saat baru dilahirkan. Ada fakta dan ketentuan yang harus kamu tahu tentang zakat fitrah, mulai dari syarat-syaratnya sampai siapa aja yang berhak menerima zakat.

www.islamiclife.com

www.islamiclife.com

1. Syarat wajib untuk membayar zakat fitrah

Nggak setiap orang harus membayar zakat fitrah di bulan Ramadhan dan nggak setiap saat zakat ini bisa dibayarkan. Ada syarat-syarat tertentu yang harus terpenuhi untuk bisa membayar zakat fitrah. Syarat-syarat tersebut adalah:

  • Kamu harus beragama Islam
  • Kamu memiliki harta yang berlebih untuk diri kamu sendiri dan keluarga
  • Yang wajib dibayarkan zakat fitrahnya adalah seluruh anggota keluarga dan orang-orang yang menjadi tanggungan kamu
  • Bayi yang lahir sebelum waktu magrib tanggal 1 Syawal dan istri yang dinikahi sebelum Maghrib tanggal 1 Syawal juga wajib dibayarkan zakatnya

2. Besar zakat yang harus kamu keluarkan

Besarnya zakat yang harus kamu bayarkan adalah 3,2 liter atau 2,5 kg. Zakat yang kamu bayarkan berupa bahan makanan pokok sesuai daerah tempat kamu tinggal, seperti beras, gandum, tepung atau kurma.

mimbarhadits.wordpress.com

mimbarhadits.wordpress.com

2. Waktu untuk kamu mengeluarkan zakat fitrah

Ada waktu-waktu tertentu yang ditetapkan sebagai waktu untuk membayar zakat fitrah. Jika kamu membayarkan zakat diluar dari waktu-waktu yang diperbolehkan, zakat yang kamu bayar dianggap hanya sedekah biasa, bukan zakat fitrah. Ketentuan waktu untuk zakat fitrah adalah:

  • Dari awal bulan hingga akhir bulan Ramadhan saat malam takbiran
  • Bisa juga membayar zakat setelah salat subuh sebelum salat Idul Fitri, tapi hukumnya sunnah
  • Makruh jika kamu membayar zakat setelah salat Idul Fitri
  • Haram hukumnya membayar pada Hari Raya Idul Fitri saat matahari sudah terbenam

3. Penerima zakat

Secara umum ada 8 golongan yang berhak menerima zakat fitrah, yaitu fakir, miskin, amil, muallaf, hamba sahaya, gharimin, fisabilillah, dan ibnu sabil. Tapi, zakat fitrah diutamakan diberikan pada dua golongan utama, fakir dan miskin. Karena fakir dan miskin adalah golongan orang-orang yang dianggap paling nggak mampu, sehingga mereka juga bisa ikut merayakan hari raya idul fitri seperti orang-orang lain.

www.ibtimes.co.in

www.ibtimes.co.in

4. Akibat jika Kamu Nggak Membayar Zakat Fitrah

Sebagai umat Islam, wajib hukumnya membayarkan zakat fitrah jika kamu termasuk orang-orang yang mampu. Jika kewajiban kamu nggak dilaksanakan, pasti ada hukuman atau akibat yang harus kamu tanggung, yaitu:

  • Sudah pasti kamu akan mendapatkan dosa jika kamu mampu tapi nggak membayar zakat
  • Puasa yang kamu kerjakan selam sebulan penuh jadi nggak sempurna
  • Terbentuk sifat kikir dan egois dalam diri kamu
  • Rezeki akan jadi sempit

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Jangan sampai lupa, ya, membayarkan sebagian harta kamu untuk zakat, biar nggak dosa, hehehe. Setelah itu, yuk susun lagi untuk rencana liburan kamu selanjutnya dengan cari tiket pesawat murah, cari tiket kereta api murah, dan cari hotel murah lewat pegipegi.com.

cari tiket pesawat murah cari tiket kereta api murah cari hotel murah

(Visited 433 times, 1 visits today)

Comments

To Top