Tips

Etiket Bepergian Dengan Pesawat Terbang

Booming budget airline dalam beberapa tahun terakhir membuat perjalanan dengan pesawat terbang bukan lagi menjadi kemewahan. Tapi, coba kamu ingat-ingat lagi, apakah selama ini kamu sudah menjadi penumpang yang baik?

Bepergian dengan pesawat, apalagi di kelas ekonomi, memang tidak terlalu menyenangkan. Terlebih, kalau kamu harus menghabiskan beberapa jam di dalam pesawat. Tapi, ingat, bukan hanya kamu yang merasa seperti itu. Sikap pengertian dan toleransi dari setiap penumpang pasti akan membuat perjalanan kamu lebih menyenangkan.

Apa saja sih etiket dasar yang sebaiknya dipatuhi penumpang? Simak yuk!

1.    Efektif saat pemeriksaan keamanan

110909031530-airport-security-shoes-story-top

Kalau kamu sudah sering bepergian dengan pesawat, pastinya kamu sudah hafal dengan cara kerja pemeriksaan keamanan. Untuk kamu yang baru  pertama kali bepergian dengan pesawat, berikut sedikit tips supaya kamu bisa melewati pemeriksaan dengan cepat dan efektif sehingga tidak menyebabkan antrian panjang di belakang kamu: sebelum melewati mesin pemeriksaan, keluarkan dulu semua barang dalam kantung baju, celana atau jaket kamu dan letakkan dalam kotak yang disediakan sebelum nantinya dimasukkan ke dalam mesin. Setelah selesai, kumpulkan semua barang dengan cepat, atau bergeser sedikit untuk merapikan barang-barang kamu supaya tidak menghalangi jalan.

2.    Jangan monopoli kabin

737 Boeing Sky Interiors K64679-05

Ingat, lho, orang lain juga butuh tempat untuk meletakkan barang-barang mereka. Jadi, kalau kamu membawa dua tas atau kopor kecil, letakkan salah satunya di bawah kursi depan kamu supaya orang lain bisa menggunakan sisa tempat dalam kabin. Kalau kamu membawa ransel ekstra besar atau banyak barang (oleh-oleh untuk semua penghuni kompleks rumah mungkin?), lebih baik kamu ‘berkorban’ dan meletakkan barang itu di bagasi.

3.    Jangan berdebat dengan pramugari

538272-air-france

Mungkin kamu menganggap beberapa peraturan dalam penerbangan sedikit konyol, misalnya larangan untuk melepas sabuk pengaman sebelum pesawat benar-benar berhenti. Tapi, percayalah, kamu akan kelihatan konyol jika harus bertengkar dengan pramugari hanya karena hal-hal sepele seperti itu. Apalagi untuk pelanggaran yang lebih serius seperti penggunaan smartphone yang bisa membahayakan penerbangan. Lebih baik ikuti saja peraturannya, karena peraturan itu toh bukan diciptakan oleh pramugari. Tidak jarang lho penumpang yang dipaksa turun karena dianggap tidak bisa bekerja sama dengan pramugari.

4.    Catatan untuk orangtua dan travelers dengan anak kecil

Child-on-plane

Kalau kamu bepergian dengan anak kecil, entah anak atau adik kamu, pastikan agar mereka tidak berlari-larian di lorong pesawat atau membuat keributan berlebihan yang bisa mengganggu penumpang lain. Tugas ini memang melelahkan, tapi itu adalah tanggung jawab kamu. Sementara, kalau kamu punya keluhan soal kelakuan salah satu penumpang anak kecil, jangan lampiaskan kekesalan kamu ke anak itu, tapi langsung saja bicarakan baik-baik dengan orangtua atau orang dewasa yang membawa mereka.

5.    ‘Perang’ sandaran tangan

armrest war

Tidak seperti penumpang yang duduk di dekat jendela atau lorong, penumpang di kursi tengah punya ruang yang lebih sedikit untuk meregangkan tubuh mereka. Jadi, sepertinya ‘adil’ kalau kamu  memberikan hak kedua sandaran tangan untuk penumpang itu. Tapi, kalau kebetulan kamu yang menjadi penumpang di kursi tengah, jangan terlihat serakah dan langsung memonopoli kedua sandaran tangan. Gunakan saja satu sandaran tangan. Kalau kedua penumpang lain tidak keberatan memberikan kedua sandaran itu untuk kamu, jangan lupa untuk tersenyum dan ucapkan terima kasih.

6.    Gunakan toilet dengan ‘sopan’

article-toilet-420x0

Kuncinya adalah: jangan menghabiskan waktu terlalu lama di dalam toilet dan jangan meninggalkan toilet dalam keadaan berantakan. Jangan sampai membuat antrian panjang di depan toilet dan, ingatlah, penumpang lain juga berhak menggunakan toilet yang bersih.

7.    Keluar dari pesawat dengan sopan dan efisien

13-get-off-the-plane-politely-and-efficiently

Semua penumpang ingin segera keluar dari pesawat untuk melanjutkan perjalanan mereka. Jadi, tidak perlu terburu-buru dan malah membuat penumpang lain kesal karena kamu mendorong mereka dengan tidak sabar. Kamu punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri sebelum pintu pesawat dibuka setelah pesawat berhenti, jadi santai saja dan pastikan semua bawaan kamu tidak ada yang tertinggal.

(Visited 252 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top