Kuliner

Es Krim Zangrandi, oase lezat di tengah panasnya Surabaya

Es krim zangrandi surabaya

Siapapun yang pernah ke Surabaya pasti tau kalo kota terbesar kedua di Jawa ini panasnya minta ampun. Kedai Es Krim Zangrandi ibarat oase pelepas dahaga yang siap memuaskan dahagamu setelah seharian mengitari Kota Pahlawan. Jangan bayangkan Es Krim Zangrandi sama kayak es krim yang dijual di toko atau supermarket, travelers. Cobalah berkunjung ke sana dan kamu akan tau apa yang bikin Es Krim Zangrandi beda sama es krim pada umumnya.

Es Krim Zangrandi Surabaya, tempat hangout tertua di Surabaya

es krim zangrandi

foto; CAK BOWO

Hampir ngga ada seorang pun warga Surabaya yang ngga pernah dengar nama Es Krim Zangrandi. Gimana enggak, kedai es krim yang beralamat di Jalan Yos Sudarso No.15, Genteng Surabaya ini udah berdiri sejak tahun 1930, travelers. Di masa pendudukan Belanda seorang pria berkebangsaan Italia yang bernama Renato Zangrandi hijrah ke Surabaya. Cuaca Surabaya saat itu memang belum sepanas sekarang, tapi tetep aja lebih panas dari cuaca di tanah kelahirannya. Bapak Zangrandi memanfaatkan panasnya cuaca dengan mendirikan kedai es krim yang menyajikan beraneka jenis es krim home made bercita rasa khas.

Setelah pendudukan Belanda berakhir, Kedai Es Krim Zangrandi tetap berdiri dan beroperasi seperti biasa, seperti ngga ada sesuatu yang serius dan mencekam pernah terjadi di luar sana. Saat ini Kedai Es Krim Zangrandi menjadi incaran warga lokal, wisatawan yang berkunjung ke Surabaya.

Menariknya, interior Kedai Es Krim Zangrandi tak mengalami banyak perubahan, tetap sama seperti dulu saat pertama kali didirikan. Meja kursi vintagenya terbuat dari rotan, tirai bambu dipasang di sepanjang teras untuk melindungi para pengunjung dari teriknya matahari. Lantai kedai pun tidak direnovasi, masih seperti aslinya. Nggak heran kalo banyak juga wisatawan manca asal Belanda yang menyempatkan diri ngadem di Es Krim Zangrandi sambil mengenang masa lalu.

zangrandi-ice-cream

foto: tripadvisor

Aneka pilihan lezat di Es Krim Zangrandi

Es krim zangrandi surabaya

foto: kakkoiiyonghwa.wordpress.com

Seperti yang udah Pegipegi bilang tadi travelers, cita rasa Es Krim Zangrandi beda 180 derajat ama es krim buatan pabrik. Es krim Tutti Frutti adalah andalan Kedai Es Krim Zangrandi dengan teksturnya yang lembut dan mak nyus disertai potongan alpukat, coklat dan wafer. Trus ada juga Banana Split, es krim dengan cita rasa pisang yang khas. Macedonia bisa kamu pesan, tapi perlu kamu ingat es krim ini mengandung rum (sejenis minuman beralkohol). Kamu lagi PDKT? Ajak gebetan kamu ke sini buat menyantap The Love Deal, yang berupa bulatan es krim warna-warni yang disusun dalam mangkuk berbentuk hati.

Kerennya lagi, Kedai Es Krim Zangrandi menyediakan aneka snack seperti resoles, pastel dan kroket. Trus ada juga Pizzeria, jajanan khas Italia yang berukuran super besar dengan topping keju di setiap bagiannya. Kamu wajib pesan jajanan ini kalo datang ke Kedai Es Krim Zangrandi bareng keluarga atau sohib-sohib kamu. Harga Es Krim Zangrandi juga bervariasi, tergantung dari porsi dan bahan pembuatnya. Khusus untuk The Love Deal harganya berkisar sekitar Rp 50 ribu. Kalo Pizza dan sejenisnya sekitar Rp 30 ribuan, sama seperti harga mayoritas es krim dalam menu Kedai Es Krim Zangrandi.

Kalo mau ke sini kamu bisa naik bus kota dari Terminal Bungurasih Surabaya tujuan Jalan Semarang. Bilang sama abang kenek kamu mau turun di Jalan Tunjungan, travelers. Sampe di Jalan Tunjungan kamu cari aja angkot jurusan Jalan Yos Sudarso dan kamu nanti akan melihat sebuah gerai model lawas dengan tulisan Es Krim Zangrandi.

Sudah ngga sabar pengen mengecap kelezatan Es Krim Zangrandi? Yuk pesan tiket pesawat ke Surabaya dan memesan kamar hotel murah tapi nyaman di Surabaya dan sekitarnya, hanya di Pegipegi loh travelers.

 

(Visited 811 times, 1 visits today)

Comments

To Top