Kuliner

Es cendol, manis memikat di musim panas

www.skychew.com

Cuaca panas memang paling pas minum yang dingin, nih. Bosan dengan es kelapa atau es teh manis, bagaimana jika mencoba es cendol? Rasanya yang manis dan segar bisa jadi pemuas dahaga kamu, nih, travelers. Selain itu, rasanya yang manis dan teksturnya yang cukup mengenyangkan bisa menambah energi saat tubuh mulai lelah beraktivitas seharian. Sambil menyeruput segarnya es cendol, yuk, cari tahu lebih banyak lagi seluk-beluk minuman dingin ini.

Apa itu es cendol?
Masuk dalam kategori minuman tradisional, cendol berbahan dasar tepung beras dan disajikan dengan santan dan gula merah cair. Di Jawa Tengah, es yang satu ini dikenal sebagai dawet, sementara di Jakarta dan Jawa Barat umum dikenal sebagai es cendol. Namanya sendiri konon berasal dari kata ‘jendolan’ yang dirasakan lidah dan tenggorokan kita saat meminum es cendol. Unik juga, ya, asal muasal namanya he he he….

www.kuali.com

www.kuali.com

Primadona di musim panas

Yang namanya minuman dingin memang paling pas dinikmati saat cuaca panas. Es cendol ini nggak hanya menyegarkan, tapi juga cukup mengenyangkan karena bahan dasarnya dari tepung beras. Walau es cendol saja sudah terasa nikmat, tapi nggak jarang ada yang menjual cendol dengan tambahan isi yang membuat rasanya makin kaya. Mulai dari potongan nangka, kacang merah, alpukat yang gurih, atau tape dari ketan hitam. Soal rasa dijamin puas, deh.

Cara membuat cendol
Penampakannya yang sederhana ternyata begitu pun dengan cara membuatnya, cukup mudah, lho. Bahan dasarnya adalah tepung beras lalu ditambahkan pewarna alami dari daun pandan atau daun suji. Jika mau lebih praktis, bisa memakai pewarna makanan yang dijual di toko bahan kue. Cetakan yang dipakai bentuknya seperti saringan sehingga cendol yang diolah memakai cetakan tersebut akan berbentuk buliran bulat panjang.
Beda lagi di Jawa Barat, umumnya cendol dibuat dengan cara mengayak adonan tepung yang sudah dikukus hingga menghasilkan cendol berbentuk agak bulat lonjong dengan ujung yang lancip. Agar bentuknya stabil, biasanya ditampung dalam air es selama beberapa saat.

bandung.jacktour.com

bandung.jacktour.com

Cara penyajian cendol
Cendol sudah siap, sekarang tinggal membuat teman pelengkapnya, nih. Untuk gula cair dibuat dari gula merah sebagai pemanis alami. Rasanya jauh lebih legit dan gurih dibandingkan memakai gula pasir. Caranya pun mudah, tinggal didihkan gula merah, air, dan daun pandan. Sementara santannya dibuat dari perasan kelapa yang sudah dididihkan hingga matang, jangan lupa tambahkan sedikit garam dan daun pandan, ya.

papparich.com.my

papparich.com.my

(Visited 941 times, 1 visits today)

Comments

To Top