Destinasi

Embung Nglanggeran, Danau Buatan di Atas Bukit Gunungkidul

Dulunya, Nglanggeran di Gunungkidul, Yogyakarta hanya sebuat perbukitan. Berkat peran dari pemerintah dan masyarakat, Nglanggeran pun jadi makin cantik dengan adanya embung yang berada tepat di atas bukit. Wisata ini sudah diresmikan sejak 19 Februari 2013 oleh Raja Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Membantu warga mendapatkan air bersih

Latar belakang dibangunnya embung di Nglanggeran adalah karena warga-warga di sana mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Sehingga, muncul inisiatif untuk membangun penampungan air yang cukup besar. Bukit tersebut dikeruk hingga menjadi waduk penadah hujan dan bisa menampung air hujan.
Air tersebut bisa mengairi kebun buah milik warga yang luasnya sekitar 20 hektar. Selain menampung air hujan, juga bisa menampung air yang berasal dari Sumurup, yang lokasinya berada di Gunung Api Purba Nglanggeran. Karena pemandangannya sangat cantik, Embung Nglanggeran juga menjadi atraksi menarik untuk para wisatawan.
Namun, kamu tidak diperkenankan untuk berenang atau memancing di sana, ya! Di Embung Nglanggeran juga terdapat sebuah gubuk kecil yang bisa digunakan pengunjung untuk istirahat dan menikmati angin sepoi-sepoi yang berhembus.

Lebih cantik di sore hari

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Embung Nglanggeran adalah di sore hari. Soalnya, Embung Nglanggeran berada di ketinggian, jadi kamu bisa menikmati senja hingga terbenamnya matahari di sana. Bisa dibilang, Embung Nglanggeran adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset di Yogyakarta.
Nggak sabar pengin main ke Pantai Krakal dan sekitar Gunung Kidul? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top