Destinasi

Eksplorasi Pantai Bajulmati, salah satu wisata andalan Kabupaten Malang

Pantai Bajulmati

Buat kamu yang lagi traveling ke Malang dan pengin menikmati tempat wisata alam, Pantai Banjulmati bisa menjadi salah satu destinasi alternatif yang bisa kamu kunjungi selain Pantai Goa Cina. Kecantikan dan panorma yang dimiliki juga tidak kalah menawan karena Pantai Banjulmati ini kondisinya masih natural dan cukup tenang mengingat masih belum banyak wisatawan yang mengenalnya. Kalau kamu pengin ke sana, Pegipegi punya ulasannya buat kamu.

Pantai Bajulmati

Jembatan menuju Pantai Bajulmati. Foto: hendra-dwi-purnama.blogspot.com

 

Lokasi Pantai Bajulmati Malang

Pantai Bajulmati terletak di Desa Bajulmati, Kelurahan Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari kota Malang, jaraknya sekitar 60 km. Rute yang bisa ditempuh adalah : arahkan kendaraan ke Turen – Sumbermanjing Wetan – Sendang Biru – ikuti plang menuju ke Pantai Goa Cina dan Pantai Bajulmati dengan berbelok ke arah kanan (sekitar 4 km) – Jembatan Bajulmati – Pantai Bajulmati Malang. Biaya tiket masuk yang harus dibayarkan ke Pantai Bajulmati adalah Rp10.000* per orang.

 

Eksplorasi Pantai Bajulmati

Biarpun akses menuju ke Pantai Bajulmati seolah tiada ujung karena cukup jauh, tapi kamu tidak akan bosan karena kamu bakalan terhibur dengan view cantik di sepanjang perjalanan. Salah satu yang unik tentu saja Jembatan Bajulmati yang cukup mencolok. Bisa dibilang kalau jembatan ini menjadi ikon daerah tersebut. Dan tak berapa lama kemudian, pantai yang sedang kamu tuju pun kelihatan.

Setelah memarkirkan kendaraan, kamu akan langsung disambut oleh semilir angin laut yang begitu menyegarkan. Rasa lelah dan penat setelah berkendara langsung lenyap saat kaki merasakan pasir dengan tekstur yang begitu lembut. Pasir berwarna putih kecoklatan ini terhampar luas. Kalau kamu pengin jogging di sana juga bisa. Tapi datangnya harus pagi-pagi ya biar udaranya masih bersih dan segar.

Berenang di Pantai Bajulmati tidak dianjurkan buat travelers karena lokasi pantai ini sendiri cukup curam dengan ombak lumayan besar sehingga cukup membahayakan. Sebagai gantinya, kamu bisa menikmati pantai dengan cara menanti hantaman ombak yang datang silih berganti. Atau, kalau kamu pengin sesuatu yang beda, kamu bisa bermain-main dengan air yang letaknya ada di sebuah muara sungai.

Pantai Bajulmati Malang

Ombak pantai Bajulmati sangat besar, jadi tidak dianjurkan utk berenang. Meski begitu, tetap ada yang nekat berenang seperti ini.
foto: travel.detik.com

Letak muara sungai ini nggak jauh kok karena kamu hanya perlu berjalan ke bibir pantai sebelah barat. Air yang mengalir dari muara sungai ini terasa begitu menyegarkan dan dingin. Aliran airnya mengalir ke arah laut dengan begitu tenang dan terlihat begitu jernih kehijauan. Kamu bahkan bisa melihat dasarnya lho.

Travelers, kalau kamu masih punya energi yang tersimpan, kamu bisa melanjutkan petualangan di Pantai Bajulmati Malang dengan mengeksplorasi teluk dengan panorama luarbiasa. Di sana nampak sejumlah batu karang raksasa dengan ukuran begitu besar sehingga kalau diperhatikan betul-betul terlihat mirip seperti pulau-pulau kecil yang menjadi perhiasan Pantai Banjulmati.

Apalagi karena lokasinya ada di tengah pantai sehingga terlihat seperti pulau yang mengambang. Kalau ombak air laut sedang besar, batu karang itulah yang menjadi pemecah ombak sehingga hempasan buih-buih putih langsung melayang ke udara. Kalau kamu membawa kamera, sayang banget kalau momen seperti ini dilewatkan. So, kamu harus selalu siap sedia dengan kamera.

Setelah mendapatkan foto-foto terbaik di area Pantai Bajulmati, kamu bisa melanjutkan petualanganmu dengan melipir ke arah timur, tepatnya berjarak sekitar 300 meter dari pantai. Di sini kamu bisa temukan sebuah gua bernama Gua Wil yang letaknya ada di bawah bukit karang. Area di sekitarnya dipenuhi pohon ketela dan kelapa milik warga. Kalau penasaran, kamu bisa masuk ke gua tersebut yang lubangnya cukup menjorok ke dalam.

Biarpun suasana di Pantai Bajulmati masih sepi, tapi tempat ini justru cocok banget buat travelers yang lagi pengin menyendiri. Kamu tertarik untuk membuktikan pesona keindahannya? Datang saja langsung ke Pantai Bajulmati kalau kamu lagi liburan ke Malang.

 

Keterangan * : Harga berlaku saat artikel ini ditulis.

(Visited 1,157 times, 1 visits today)

Comments

To Top