Tips

Eksplorasi Indonesia Timur vs traveling ke luar negeri

Dengan segala keindahan alam dan keragaman budaya, Indonesia termasuk salah satu destinasi favorit, baik wisatawan mancanegara maupun lokal.

Salah satu kekayaan alam yang paling diminati di Indonesia adalah keindahan hamparan laut yang tersebar dari ujung barat hingga timur. Tapi perlu diakui, wilayah Indonesia timur termasuk yang paling memikat traveler.

Alam Indonesia Timur masih terjaga, sehingga kamu akan menemukan alam bawah laut yang begitu eksotis. Beberapa kawasan di Indonesia Timur yang kian populer dalam beberapa tahun terakhir adalah Raja Ampat, Pulau Komodo, Bunaken, dan Wakatobi.

Raja Ampat

Raja Ampat

Di Raja Ampat misalnya, memiliki keindahan bawah laut yang begitu memukau. Kawasan ini bahkan termasuk salah satu tujuan diving terbaik di dunia, karena terumbu karang dan ikan aneka warna yang masih terjaga.

Atau jika kamu ingin menikmati sensasi berenang dengan ubur-ubur tanpa sengat, bisa datang ke Kakaban, salah satu pulau yang terdapat di Kepulauan Derawan. Keindahan bawah laut juga bisa kalian nikmati di Wakatobi, yang mendapat label sebagai jantung segi tiga karang dunia.

Menurut data Kementrian Kehutanan, Wakatobi memiliki 25 gugusan terumbu karang dengan keliling pantai dari pulau-pulau karang sepanjang 600 km. Tak kurang dari 122 jenis karang hidup di areal seluas 90 ribu hektar perairan Wakatobi.

Sayang, niat traveler untuk menikmati surga bawah laut di Indonesia kerap terhalang masalah anggaran. Sudah jadi rahasia umum, untuk bisa sampai ke Indonesia timur yang eksotik, traveler perlu merogoh kocek lumayan dalam.

Budget jutaan rupiah wajib disiapkan hanya untuk transportasi mencapai ke tempat tujuan. Belum lagi mahalnya harga penginapan dan akomodasi yang ikut menghantui traveler lokal untuk menjelajah negeri sendiri.

Maka gak heran jika banyak wisatawan Indonesia yang lebih memilih terbang ke luar negeri untuk menghabiskan liburan mereka. Pada 2013 lalu, jumlah wisatawan yang melancong ke mancanegara mencapai 8,7 juta orang atau naik tujuh persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Pengelolaan pariwisata di luar negeri yang sudah tertata dengan baik, serta gencarnya promo tiket pesawat untuk keluar Indonesia membuat minat menghirup udara di negeri orang makin kencang.

Negara-negara Asia seperti Thailand, Singapura, Malaysia, Tiongkok, Korea Selatan dan Jepang menjadi destinasi favorit wisatawan asal Indonesia.

Singapura sering menjadi tujuan utama para traveler yang baru menjajal pergi ke luar negeri. Selain karena jarak yang tidak begitu jauh, Singapura yang dikenal sebagai kawasan berbelanja menjadi daya tarik tersendiri buat wisatawan Indonesia.

Phi Phi Island

Phi Phi Island

Sementara Thailand, meski suasananya tidak jauh berbeda dengan Indonesia, juga termasuk negara yang paling tinggi peminatnya dari Tanah Air. Gak cuma keragaman budaya serta belanja murah yang memikat wisatawan, Thailand juga menyuguhkan keindahan alam layaknya di Indonesia.

Bahkan, tak sedikit yang lebih memilih datang ke Phi Phi Island daripada harus repot-repot terbang ke Raja Ampat. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, mahalnya biaya berwisata ke Indonesia Timur selalu menjadi pertimbangan utama bagi traveler dengan budget pas-pasan.

Walau begitu, keputusan kembali di tangan kamu yang akan memilih berkunjung ke Indonesia Timur atau justru melancong ke luar negeri.

Ingat, tidak ada ‘surga’ yang didapat dengan mudah. Harga yang mahal akan tergantikan dengan keindahan yang tidak akan anda temui di daerah lain.

Gimana dengan kamu, travelers? Kamu lebih pilih menabung untuk menjelajah Indonesia Timur atau menghemat budget dan mengeksplorasi negara-negara tetangga? Share pendapat kamu di kolom komentar yuk!

 

(Visited 600 times, 1 visits today)

Comments

To Top