Destinasi

Eksplorasi 5 Gua yang Menawan di Pulau Buton

Eksplorasi 5 Gua yang Menawan di Pulau Buton

Kamu hobi bertualang? Pulau Buton bisa jadi pilihan yang tepat untuk memenuhi hasrat bertualangmu. Terletak di Sulawesi Tenggara, pulau Buton menyimpan pesona alam berupa gua-gua yang mengagumkan. Makanya, gua-gua ini biasa dikunjungi sebagai tempat rekreasi. Nggak heran, Pulau Buton juga disebut sebagai pulau 1000 gua, lho. Tunggu apa lagi, yuk simak artikel pegipegi berikut ini tentang lima gua di Pulau Buton yang wajib kamu singgahi!

Gua koo

Wisata Gua di Pulau Buton

Foto dari imgrum.net

Gua Koo berada di Desa Lantongau, salah satu desa yang berada di Mawasangka Tengah. Kedalaman gua ini kurang lebih 30 meter dan memiliki kolam yang bening seperti kaca. Kalau kamu ingin ke Gua Koo, sebaiknya berkunjung pada pagi hari, karena saat siang hari, sinar matahari berada membelakangi mulut gua, sehingga airnya menjadi gelap dan kurang berwarna biru.

Gua maobu

Letak Gua Maobu berada di Desa Lalibo, Mawasangka Tengah. Gua Maobu memiliki kolam seluas 50 meter dengan suhu air yang sangat dingin tapi menyegarkan. Masyarakat setempat menganggap gua Maobu memiliki kedalaman yang tembus ke laut. Namun belum ada seorang yang mengukur dan membuktikan kedalaman sesungguhnya.

Gua Lakasa

Wisata Gua di Pulau Buton

Foto dari lihat.co.id

Gua yang berikut ini cukup unik sejarahnya, karena tak sengaja ditemukan oleh kakek yang bernama La Kasa. Nama gua tentu berasal dari nama si penemu, yaitu Kakek La Kasa. Gua Lakasa diketahui memiliki kedalaman mencapai 58 meter dan memiliki stalaktit serta stalagmit yang menambah keindahan pemandangan gua. Lokasi Gua Lakasa berjarak kurang lebih 10 kilometer dari pusat kota Baubau, Betoambari.

Gua Lanto

Gua Lanto adalah tempat yang cocok untuk berenang dan bertualang. Kedalaman air di tempat ini sekitar 12 meter dengan luas gua sekitar 100 meter. Tapi ingat, bagi yang ingin menyelam di Gua Lanto sebaiknya yang sudah profesional. Bagi pemula, sebaiknya jangan coba-coba yah! Alasannya, Gua Lanto hanya bisa dijelajahi melalui celah atau lubang yang membingungkan. Tapi untuk ke sini, lokasi Gua Lanto sangat mudah ditemukan, berada 10 meter dari jalan raya, terletak tepat di bawah pekarangan rumah penduduk, di Kelurahan Kadolomoko, Kokalukuna.

Gua loba-loba

Kali ini pegipegi menawarkan gua unik karena lokasinya yang berada di dasar lautan. Kamu yang jago diving harus mencoba diving ke Gua Loba-Loba. Gua Loba-Loba merupakan salah satu gua indah di bawah laut yang berada di Desa One Waara, Lakudo. Kedalamannya mencapai 27 meter sehingga pemandangan sekeliling gua pun berisi terumbu karang dan biota laut yang menambah keindahan dari Gua Loba-loba. Untuk berkunjung ke tempat ini dibutuhkan waktu 10-15 menit dari Kota Baubau menggunakan perahu.

Foto utama adalah ilustrasi

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Travelers, kamu yang mau berlibur ke Pulau Buton mesti transit dulu di Kendari, masalah transport, kamu tinggal pesan tiket pesawat murah ke Kendari lewat pegipegi. Dan sekalian cari hotel murah di sekitar Kendari lewat pegipegi.

pesan tiket pesawat murah ke Kendari cari hotel murah di kendari

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Download aplikasi pegipegi di Google Play atau App Store agar transaksi lebih cepat dan lebih mudah! Miliki potongan harga tiket kereta api, tiket pesawat dan kamar hotel saat ini juga. Semoga selamat sampai tujuan, travelers!

google-play apps-store

(Visited 653 times, 3 visits today)

Comments

To Top