Destinasi

Eksotisnya Pulau Buton di Sulawesi Tenggara

Wilayah timur Indonesia selalu seru untuk dieksplorasi. Kalau Raja Ampat dirasa terlalu jauh untuk kamu, mungkin Pulau Buton di Sulawesi Tenggara bisa menjadi alternatif wisata bagi kamu dan teman-teman.

Pulau Buton memang sedang naik daun, apalagi setelah menuai pujian dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu yang mengunjungi pulau itu belum lama ini. Pada kunjungannya saat itu, Mari mengeksplorasi destinasi wisata Pulau Buton, termasuk menghadiri Pesta Adat Wabula di kota Bau-Bau hingga melihat pertunjukan adat unik Pedole-dole, acara memandikan seribu balita.

Sebelumnya, Pulau Buton sebenarnya lebih dikenal sebagai lalu lintas perdagangan laut serta produksi aspal alamnya. Tapi, ternyata pulau ini menyimpan sejuta pesona wisata yang memukau. Bukan hanya pantai-pantai cantik seperti kebanyakan kawasan wisata Indonesia Timur, tapi juga adat istiadat, wisata pegunungan, kuliner dan lain-lain.

Untuk menuju Pulau Buton, kamu tidak perlu pusing. Karena pulau ini kerap menjadi transit bagi traveler yang ingin mengunjungi Wakatobi. Jadi, ketika sudah tiba di Kendari ataupun Makassar, yang notabene tujuan populer di Sulawesi, kamu bisa menjangkau Pulau Buton dengan menaiki kapal milik Pelni. Perjalanan dari Kendari biasanya akan menghabiskan waktu tempuh sekitar 5 jam, sementara dari Makassar waktu perjalanannya adalah 13 jam.

Lantas, obyek wisata apa saja yang bisa kamu kunjungi selama di Pulau Buton?

PANTAI NIRWANA

pantai nirwana

Berjarak sekitar 12 km dari pusat kota Bau-Bau, Pantai Nirwana memiliki keindahan persis seperti namanya. Betapa tidak, pantai ini memiliki hamparan pasir putih sejauh 1 km serta gua karang dengan kedalaman sekitar 70-80 meter ke perut bumi yang berujung pada sebuah mata air jernih di dasar gua. Kondisi ombak yang relatif tenang dapat dimanfaatkan untuk memancing, bersantai dengan sampan hingga menyelam (diving).

AIR TERJUN TIRTA RIMBA

tirta rimba

Wisata air terjun ini terletak sekitar 6 km sebelah barat pusat kota Bau-Bau di Kelurahan Lakologou di Kecamatan Wolio. Air Terjun Tirta Rimba sendiri berada di dalam kawasan hutan lindung yang sejuk dan memiliki daya tarik luar biasa.

BENTENG KERATON BUTON

benteng buton

Inilah obyek wisata kebanggaan masyarakat Buton. Benteng Keraton Buton merupakan benteng terluas di dunia setelah Tembok Besar Cina dengan luas sekira 23,375 hektare. Posisinya yang mengitari satu perbukitan Pulau Buton membuat traveler harus menghabiskan waktu lebih dari satu hari jika ingin mengelilinginya. Di dalam kompleks benteng ini kamu bisa menemukan prasasti bertuliskan silsilah raja-raja Kerajaan Buton, Masjid Keraton yang unik hingga Batu Kramat dengan kolam kecil yang tidak pernah kering.

PANTAI LAKEBA

lakeba-7

Sekitar 7 km dari pusat kota Bau-Bau, kamu bisa menemukan Pantai Lakeba yang cukup ramai dikunjungi turis. Pantai ini menjadi tempat yang sangat menyenangkan untuk berjemur, berenang, menyelam sampai menikmati indahnya matahari terbenam.

SAMPARONA

air-terjun-samparona

Air terjun Samparona terletak di Kecamatan Sorawolio, sekitar 13 km dari pusat kota Bau-Bau. Beberapa kilometer sebelum mencapai Samparona, kamu bisa menelusuri jalan dengan melewati sawah dan kebun penduduk serta hutan tropis yang cukup lebat. Setelah itu kamu akan menemukan air  terjun dengan ketinggian hampir 100 meter dan dikelilingi pemandangan menakjubkan. Rasa lelah kamu setelah menelusuri jalan yang cukup panjang dijamin akan langsung hilang ketika melihat pemandangan indah tersebut.

Gimana, travelers? Buton sangat indah bukan? Yuk mulai rencanakan perjalanan ke Pulau Buton dengan memilih hotel favorit kamu melalui Pegipegi!

(Visited 6,062 times, 1 visits today)

Comments

1 Comment

Comments

To Top