Destinasi

Eksotisme Ora Beach, ‘Maldives’nya Indonesia di Maluku

ORa beach 2

Siapa tak kenal Maldives yang kesohor dengan keindahan pantainya? Bahkan banyak yang menjadikannya sebagai tempat impian menghabiskan waktu bersama pasangan. Tapi kamu gak perlu jauh-jauh terbang ke Maldives hanya untuk mendapatkan suasana romantis, melainkan cukup datang ke Ora Beach di Maluku.

Ora Beach

foto: twicsy.com

Apa sih kelebihan Pantai Ora sehingga pantas disandingkan dengan Maldives yang memang sudah terkenal di dunia internasional dan jadi destinasi favorit yang sebagian besar pelancongnya berasal dari kalangan atas berdompet tebal?

Pantai Ora atau Ora Beach merupakan salah satu surga dunia yang berlokasi di utara Pulau Seram, Maluku Tengah, persisnya di Desa Saleman, Kecamatan Seram Utara. Kecantikan Pantai Ora bahkan membuatnya diklaim selevel dengan Maldives atau bahkan Bora-bora di Prancis sana.

Rasa penasaran atau mungkin skeptis kamu terhadap Pantai Ora bakal hilang setelah menginjakan kaki di sana. Keindahan pantai dengan air lautnya yang sangat jernih bukan satu-satunya panorama yang ditawarkan Ora Beach. Rupanya, Pantai Ora ini juga menyimpan keunikan seperti yang dimiliki Maldives, yakni Ora Beach Resort.

Ora Beach Resort di Maluku merupakan satu-satunya resort yang tersedia di pantai ini dan memiliki enam buah cottage yang mengapung di atas pantai. Bahan utama bangunan yang terbuat dari kayu serta jerami sebagai atapnya membuat penginapan ini makin memesona dan kesan menyatu dengan alam begitu terasa.

Wajar jika kamu bakal betah berlama-lama di sini karena setiap harinya bakal disuguhin pemandangan air laut yang jernih serta bisa menghirup segarnya udara di pagi hari. Oya, jangan lupa untuk memesan penginapan di Ora Beach Resort jauh hari sebelum kedatangan. Soalnya, cottage ini kerap penuh lantaran jadi pilihan utama para pelancong.

Sudah datang jauh-jauh ke Pulau Seram cuma berdiam diri di penginapan? Rugi dong ya. Kamu harus memanfaatkan kesempatan ini untuk mencicipi keindahan bawah laut Ora Beach. Cukup snorkeling di kedalaman dua sampai tiga meter, traveler akan dibuat takjub dengan aneka terumbu karang dan ikan kecil berwarna-warni.

Gak hanya itu aja travelers, masih ada cara lain buat menghabiskan waktu liburan kamu di Pantai Ora. Nengok ke belakang Ora Beach Resort, terdapat Taman Nasional Manusela yang bisa kamu eksplorasi di pagi hari. Kawasan ini menjadi rumah bagi 117 spesies burung, termasuk burung endemik. Kamu bisa menyewa perahu motor atau kapal nelayan untuk menikmati keindahan taman nasional sambil keliling ke beberapa pulau kecil di sekitar Teluk Saleman.

Di malam hari, suasana romantis di Ora Beach kian terasa. Duduk santai saat hari sudah gelap, dengan bintang-bintang yang terhampar luas serta desiran ombak yang membelah pantai akan menemani malam kamu setelah seharian menjelajah kawasan Pantai Ora.

ORa beach 2

foto: twitter @almascatie

 

Cara menuju Ora Beach

Mendengar keindahan Ora Beach, pasti membuat kamu makin kepincut dengan pesonanya. Tapi kamu harus siap-siap melewati perjalanan panjang dan melelahkan sebelum menemukan Maldives-nya Indonesia, belum lagi biaya trip ke Ora Beach yang lumayan menguras kantong.

Jika kamu start dari Jakarta, maka terbang ke Ambon dengan pendaratan di Bandara Pattimura wajib menjadi awal perjalanan kamu. Sesampainya di Ambon, perjalanan dilanjutkan ke Pelabuhan Tulehu dengan menggunakan angkutan umum.

Dari sana, masih ada dua jam lagi bagi kamu melewati perjalanan laut untuk ke Pelabuhan Amahai, Pulau Seram. Tarif kapal yang kamu tumpangi sekira Rp 100.000 sampai Rp 125.000 per penumpang.

Sudah sampai? Ternyata belum. Fulus sebesar minimal Rp 800.000 mesti kamu siapkan untuk biaya menyewa mobil ke Desa Sawai. Di desa ini, sebetulnya kamu akan mendapati beberapa penginapan berbudget murah sebagai alternatif menginap di Ora Beach Resort. Memang sih, fasilitas yang ditawarkan gak semenarik di cottage apung tersebut.

Nah, sesampainya di Desa Sawai berarti perjuangan kamu mencapai destinasi final tinggal selangkah lagi. Butuh waktu sepuluh menit dengan menggunakan kapal motor dan… Voilaaaaaa dijamin kamu gak bakal nyesel sudah menempuh perjalanan panjang nan melelahkan saat tiba di Ora Beach.

Gimana travelers, masih tertarik terbang jauh ke Maldives sementara Indonesia juga punya Ora Beach yang gak kalah eksotisnya?

(Visited 1,191 times, 1 visits today)

Comments

To Top