Tips

Duty Free di Bandara Internasional, Maksudnya Apa Ya?

Berbelanja untuk keperluan sendiri atau membeli oleh-oleh untuk keluarga, kerabat atau teman dekat saat berlibur ke luar negeri, kayaknya sudah menjadi ritual wajib ya, travelers?

Masalahnya, kita sering dipaksa mengerutkan dahi setiap akan membeli barang di luar negeri. Harga yang lumayan mahal dijamin bakal menguras kocek kita, apalagi yang ber-budget pas-pasan. Tapi melewatkan barang incaran yang mungkin hanya ada di luar negeri sayang juga kan? Salah satu cara mengakali pembelian barang di luar negeri adalah dengan memanfaatkan kebijakan Duty Free atau Tax Refund.

dutyfree

Kalian yang sering berpergian ke luar negeri pasti sudah sering melihat dua kata ini: Duty Free. Sayang, gak semua traveler mengerti apa sih maksud tulisan tersebut yang biasanya terpampang di bandara internasional. Padahal, jika kita tahu betul apa itu Duty Free akan lumayan menguntungkan loh travelers.

Duty merujuk pada pajak atau biaya tambahan yang dikenakan oleh pemerintah setempat. Toko yang menjual barang impor kepada pembeli yang meninggalkan negara tersebut tidak dikenakan pajak atau tambahan lain. Nah, inilah yang disebut Duty Free. Artinya, kamu bisa membeli barang tanpa harus membayar pajaknya. Lumayan kan?

dutyfree4

Toko yang menjual barang bebas pajak ini biasanya berada di area keberangkatan internasional, mulai dari bandara, pelabuhan, stasiun kereta antarnegara, sampai terminal bus. Barang yang dijual pun beragam mulai dari rokok, minuman keras, barang elektronik, makanan, minuman serta pakaian bermerk.

Selain Duty Free, terdapat juga istilah Tax Refund, maksudnya adalah pengembalian barang kena pajak yang sudah kamu bayar dengan uang. Hampir semua toko di luar terminal keberangkatan internasional mengenakan pajak dan biaya tambahan pada barang yang dijual. Untuk turis internasional, pajak ini dapat dikembalikan setelah mencapai jumlah tertentu.

dutyfree2

Tapi, mekanisme tax ini berbeda-beda untuk setiap negara. Di Singapura misalnya, semua barang dan jasa dikenakan pajak GST (Goods and Servoces Tax) sebesar tujuh persen. Tapi turis dapat mengklaim GST Refund untuk barang belanjaan minimal SGD 100 atau dengan menggabungkan maksimal tiga nota dengan tanggal dari toko yang  sama untuk memenuhi jumlah minimum transaksi pembelian.

Lalu kamu bisa mengajukan klaim refund di toko tempat belanja atau di Changi Airport. Jadi sebelum berbelanja, kamu pastikan dulu apakah toko tersebut berpartisipasi dalam GST Refund Scheme. Setelah terkonfirmasi kamu bisa meminta form GST Refund kepada kasir ketika melakukan pembayaran. Beberapa toko mungkin akan menanyakan passpor dan boarding pass untuk verifikasi, jadi jangan lupa membawanya saat berbelanja.

dutyfree3

Setelah itu, kamu isi form yang diberikan si petugas.  Nantinya, form ini digunakan untuk mengklaim refund di bandara dengan mendatangani counter bea cukai Singapura (Custom Inspection Counter). Kamu hanya tinggal menunjukkan GST Refund Form dan nota pembelian kepada petugas bea cukai, dengan memperlihatkan passport dan tiket pesawat.

Setelah proses tersebut kamu bisa mendatangi Central Refund Counter yang akan memproses pengembalian GST. Nah, lumayan kan tujuh persen dari total belanjaan kamu bisa masuk lagi ke dompet.

Bagaimana travelers, sudah siap berbelanja di luar negeri?

(Visited 26,336 times, 36 visits today)

Comments

To Top