Kuliner

Duh, nikmatnya Kopi Gayo saat diseruput

 

foto: tempo.co

foto: tempo.co

Buat penikmat kopi, kalau ditantang mencicipi varian kopi baru pasti langsung girang karena ini akan jadi pengalaman menarik dan bisa menambah referensi. Kalau kamu termasuk salah satu dari mereka, rasanya tidak lengkap kalau tidak mencoba salah satu kopi terbaik yang dimiliki bangsa ini, kopi Gayo. Kopi khas dari Aceh ini sudah diekspor ke berbagai negara dan tanggapannya pun positif.

Kebiasaaan minum kopi di Aceh, terutama di Gayo memang sudah dilakukan sejak dulu, tepatnya sejak zaman Belanda. Bahkan budaya Gayo tidak bisa dilepaskan dari kebiasaan minum kopi. So, saat kamu berkunjung kesana, kalian bisa lihat banyak kedai kopi yang disandingkan dengan berbagai camilan lain. Nah, sebelum kita ngomongin kenapa kopi Gayo layak dicoba, Pegipegi kasih tahu beberapa keistimewaannya.

Tumbuh di dataran tinggi Gayo, kopi ini menjadi komoditas andalan yang dimiliki para petani. Biarpun kopi Arabika mendominasi produk di sini, namun buat penggemar kopi Robusta juga bisa menikmati salah satu kopi terbaik dunia. Dari hasil uji citarasa, kopi Gayo dinilai sangat khas dan unik. Kenapa? Karena setelah dicicipi, kopi ini punya citarasa karamel cukup kuat. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menemukan taste coklat dan aroma buah-buahan. Sungguh sangat unik.

kopi_gayo_lintasgayo

foto: lintasgayo.co

Untuk mendapatkan rasa otentik dari kopi Gayo, kamu disarankan tidak usah menambah gula putih atau brown sugar karena hanya akan menghilangkan taste asli. Cukup diseduh dengan air panas, lalu disaring agar sari kopi kental bisa diperoleh. Karakter inilah yang jadi ciri khas kopi Gayo. Namun kalau suka rasa manis, kamu bisa menambahkan gula sesuai selera. Kuncinya adalah menggunakan air mendidih agar gula dan kopi segera larut sehingga taste aslinya langsung keluar.

Dengan perawatan intensif dan tumbuh di ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut serta berhawa lumayan dingin dan tanah yang subur, kopi Arabika pun dianggap sebagai salah satu kopi berkualitas dengan kadar kafein lebih rendah dibandingkan temannya, kopi Robusta yang tumbuh di dataran yang lebih rendah. Karena produknya tidak sebanyak kopi Robusta, kopi Arabika Gayo pun jadi buruan penikmat kopi lokal dan mancanegara karena aromanya sangat khas, punya citarasa unggul dan kekentalannya pun cukup kuat.

Agar tidak hanya jadi juara di tingkat lokal, kini pemerintah daerah pun giat mempromosikan salah satu komoditas berharga ini. Dengan mengikutsertakan produk kopi Gayo dalam pameran dan bazar, kini banyak penikmat kopi dari daerah lain yang bisa mencicipinya. Kreativitas pun terus digalakkan untuk mengembangkan varian lain yang memungkinkan para penikmat kopi bisa mendapatkan pengalaman baru.

Bagaimana caranya? Kini banyak pengusaha kopi yang terus menerus melakukan inovasi dengan menghasilkan varian wine coffee atau kopi angur. Untuk membuatnya, kopi Arabika Gayo berkualitas tinggi dan hanya yang tumbuh sekitar 1600 meter di atas permukaan air laut dengan kandungan getah lebih banyak difermentasi dengan cara khusus tanpa tambahan alkohol. Setelah jadi, aroma dan rasa anggur pun bisa diseruput. Namun kamu tidak perlu khawatir karena kopi ini sama sekali tidak memabukkan. Hanya inovasi jenius-lah yang dilakukan agar kita bisa menikmati sisi lain dari kopi Gayo.

Foto 4 Nikmatnya Kopi Gayo

Untuk membuat wine coffee, diperlukan ketelitian tingkat tinggi. Biji kopi dijemur pada temperatur di bawah 240Celcius, lalu di-roasting. Setelah menjadi bubuk, kopi akan diracik dengan mesin khusus hingga siap disajikan. Lalu bagaimana rasanya? Tentu saja segar dan ada rasa manis alami sehingga biarpun tidak ada tambahan gula, penikmat kopi masih tetap bisa menemukan rasa manis alami.

Wine coffee ini bila diseduh dengan air panas akan memiliki busa kuning kecoklatan dengan aroma anggur yang langsung menyebar Dan saat diseruput, citarasa kopi dan anggur pun bersatu memberikan kenikmatan sempurna. Tertarik mencobanya? Selamat berburu kopi Gayo!

(Visited 713 times, 1 visits today)

Comments

To Top