Berita

Dubai – Panama jadi rute penerbangan terpanjang di dunia?

Emirates

Travelers, punya pengalaman melakukan perjalanan udara yang membuat tubuh pegal-pegal tak karuan? Rute penerbangan yang jauh memang merepotkan dan membosankan ya. Apalagi kalau harus transit di berbagai tempat. Namun, tahukah kamu kalau sekarang akan hadir rute penerbangan terjauh di dunia? Wow, keren banget ya. Itulah yang diumumkan oleh Maskapai Emirates. Pengin tahu gimana cerita selanjutnya?

 

Ambisi maskapai Emirates

Emirates

foto: www.leeabbamonte.com

Sebagai salah satu maskapai terkemuka di dunia, Emirates punya mimpi besar dapat membuka rute penerbangan terjauh yang pernah ada di dunia. Sekarang ini, rute penerbangan terjauh masih dipegang oleh Qantas Airways yang menjalankan rute dari Sydney (Australia) – Dallas (Amerika Serikat) yang memerlukan waktu selama 17 jam tanpa transit.

Rencananya, maskapai Emirates ini akan memulai penerbangan terjauh di dunia pada 1 Februari 2016 dengan rute Dubai (Uni Emirat Arab) – Panama City (Panama). Bila dilakukan tanpa transit, penerbangan tersebut diperkirakan memerlukan waktu sekitar 17 jam 35 menit. Hebatnya lagi, rencana untuk menerapkan penerbangan terjauh di dunia ini akan tersedia tiap hari. Ini tentu menjadi kabar gembira bagi konsumen yang sering bepergian ke Timur Tengah – Amerika Latin.

Jarak yang ditempuh dari Dubai – Panama City juga cukup jauh lho. Dan menurut Webflyer.com yang mengutip Bloomberg Business, jauhnya mencapai 13.800 km atau hampir 8.580 mil. Hanya saja menurut website Great Circle Mapper yang khusus melakukan perhitungan jarak, rute yang akan ditempuh oleh Emirates kira-kira mencapai 13.821 km atau 8.590 mil.

Pesawat yang akan digunakan untuk mengoperasikan tujuan tersebut adalah Boeing 777-200LR dan dalam hal ini penumpang yang dapat dibawa adalah sekitar 256 penumpang. Tidak hanya itu, pesawat Emirates ini juga nantinya dapat mengangkut kargo yang beratnya bisa mencapai 15 ton dan masih bisa ditambah lagi dengan barang-barang penting yang diperlukan oleh Panama, seperti produk elektronik, produk mesin, dan obat-obatan.

 

Manfaat pembukaan rute Dubai – Panama

Sarana transportasi yang semakin dipermudah tentu makin mempererat hubungan 2 negara. Begitu juga dengan pembukaan jalur penerbangan terjauh di dunia yang nantinya dapat dijadikan penghubung langsung antara negara Panama dan Timur Tengah. Ini disebabkan karena kawasan Timur Tengah merupakan wilayah cukup kuat, sudah berkembang, dan ini tentu saja sangat menguntungkan buat negara Panama dan Amerika Latin lainnya.

Bukan hanya itu, manfaat penerbangan jauh tanpa transit antara Dubai – Panama, terutama Panama City ini diharapkan menjadi pintu gerbang destinasi transportasi udara pertama yang ada di Amerika Tengah. Dengan demikian, penumpang dapat memilih sarana penerbangan yang nyaman, baik saat harus mendarat di Dubai atau bermaksud untuk transit di Dubai. Setelah itu penumpang bisa melanjutkan perjalanan lagi ke bagian utara Amerika Selatan, Karibia, atau ke Amerikah Tengah.

 

Pesawat Emirates dengan nomor penerbangan EK251 ini direncanakan akan berangkat dari Dubai Uni Emirates Arab pada jam 08.05 waktu setempat dan direncanakan akan sampai di Kota Panama pada jam 16.40. Sedangkan pesawat dengan nomor penerbangan EK252 direncanakan akan berangkat dari Kota Panama pada jam 23.10 dan baru tiba di Dubai pada jam 23.55 keesokan hari.

 

Penerbangan terjauh di dunia yang direncanakan oleh maskapai Emirates ini tentu menjadi sarana transportasi alternatif yang bisa menjembatani kawasan Timur Tengah dan Amerika Latin. Para penumpang pun jadi punya pilihan akan membeli tiket mana. Dan buat pebisnis yang mengutamakan kecepatan dan ketepatan waktu, rencana dari Emirates ini tentu menjadi kabar gembira.

(Visited 613 times, 1 visits today)

Comments

To Top