Berita Terbaru

Dongkrak dunia pariwisata dengan fasilitas bebas visa

visa-free

Perekonomian Indonesia yang sedang lesu berdampak pada terganggunya pemasukan kas negara. Salah satu usaha alternatif yang bisa dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah tersebut tentu saja dengan meningkatkan kunjungan wisata dari luar negeri. Apalagi ada banyak tempat wisata eksotis yang dimiliki oleh Indonesia. Lalu, apa hubungannya antara krisis ekonomi dan tempat wisata? Ada hubungannya, travelers. Salah satu cara paling ampuh ya dengan membuat kebijakan bebas visa untuk negara-negara potensial.

visa-free

jamaicaobserver.com

Menurut I Gede Pitana dari Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementrian Pariwisata, upaya untuk mendongkrak jumlah wisatawan bisa dilakukan dengan memberi keistimewaan bebas visa kunjungan pada 90 negara. Memang hasil dari bebas visa ini tidak bisa langsung dilihat saat ini juga, namun banjirnya kunjungan wisatawan mancanegara diharapkan dapat dirasakan pada tahun-tahun mendatang.

Bila sekarang sudah ada 45 negara yang diberikan kemudahaan bebas visa, lalu apa yang terjadi bila negara-negara lain bisa mendapatkan fasilitas bebas visa yang istimewa ini hingga akhir tahun nanti? Tentu saja pemerintah sudah berhitung dengan cermat sehingga diharapkan semakin banyak wisatawan mancanegara yang melirik Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata di Asia Tenggara, selain Thailand, Malaysia, Vietnam, dan Singapura.

Impian untuk bisa membuka pemasukan bagi negara dari sektor pariwisata ini tentu bukan asal-asalan karena sudah banyak contoh keberhasilan sebuah negara yang dapat menarik wisatawan dari luar negeri, Contohnya China. Kemudahan yang diberikan kepada wisatawan ini sukses berat dengan kenaikan sekitar 24 persen pada bulan Agustus 2015 dibandingkan periode tahun sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi dengan tambahan penopang pariwisata ini pun menjadikan China sebagai salah satu negara yang  cukup diperhitungkan oleh negara-negara di dunia.

Karena itulah kenapa ide pemberian bebas visa kepada 90 negara ini diwacanakan, sehingga negara tidak hanya bergantung pada sektor komoditas yang kini kondisinya sedang lesu. Dengan begitu, para pecinta traveling dari negara-negara yang mendapat bebas visa bisa segera menyusun daftar perjalanan ke Indonesia dengan mengunjungi tempat wisata menarik di sini.

Lalu, bagaimana prospek pariwisata Indonesia ke depan? Menurut I Gde Pitana, Indonesia sebenarnya juga tidak kalah oleh negara yang lain, karena Indonesia punya banyak tempat wisata unggulan. Di dunia pariwisata sendiri, sebenarnya ada 3 kategori atau klasifikasi pasar yang kelak menjadi sasaran destinasi wisata Indonesia, yaitu pertama adalah pasar yang benar-benar menghasilkan. Yang kedua adalah pasar yang sebenarnya sudah menghasilkan namun sayangnya tidak ada peningkatan sehingga tetap harus dipelihara. Sedangkan yang ketiga adalah pasar-pasar potensial yang bila digarap dengan serius bisa menguntungkan.

Negara-negara manakah yang punya kategori di atas? Korea, Malaysia, Australia, Jepang dan Singapura masuk dalam kategori pasar yang menghasilkan. Sedangkan Jerman dan Amerika masuk dalam kategori kedua dengan rata-rata kunjungan turis mencapai 100 orang, sedangkan Afrika Selatan, Mesir dan Rusia masuk dalam kategori ketiga, yang bila terus dilakukan perbaikan, koreksi, dan peningkatkan fasilitas, dan memberikan bebas visa bukan tidak mungkin dapat melipatgandakan jumlah kunjungan wisatawan.

Wonderful Indonesia

adventurenusantara.com

Selain itu, India juga menjadi salah satu pasar potensial bagi dunia pariwisata Indonesia sehingga kemudahan dalam hal bebas visa nantinya bisa segera direalisasikan. Dengan jumlah penduduk yang cukup banyak serta semakin bertambahnya orang kaya di India, ini tentu menjadi lahan subur asalkan ada publikasi maksimal dan kemudahan-kemudahan yang diberikan, seperti bebas visa. Sekarang saja jumlah wisatawan dari India sudah mencapai 230 ribu orang, jadi diharapkan kelak akan ada banyak lagi travelers dari India yang tertarik untuk bisa mengeksplorasi berbagai destinasi wisata di Indonesia.

Potensi dunia pariwisata sudah ada. Sekarang tinggal kerja keras dari berbagai pihak  serta regulasi yang jelas untuk bisa meningkatkan iklim usaha di sektor pariwisata Indonesia. Dengan begitu, Indonesia menjadi salah satu negara di dunia yang cukup dikenal akan keelokan destinasi wisatanya.

(Visited 199 times, 1 visits today)

Comments

To Top