Kuliner

Docang, Kuliner Legendaris Khas Cirebon yang Penuh Misteri

Cirebon punya ragam kuliner yang nggak cuma lezat, tapi juga unik. Mulai dari nasi jamblang yang gurih hingga empal gentong yang menggugah selera.

Tapi, nggak banyak yang tahu kalau Cirebon juga memiliki satu kuliner istimewa dengan kisah asal usul yang unik. Namanya docang!

Sekilas, masakan yang satu ini mirip banget lontong sayur. Dengan kuah santan kemerahan, kamu bisa menikmati lontong, toge, daun singkong dan oncom dalam satu piring.

Foto: Tokomesin

Rasanya memang nggak terlalu pedas. Tetapi rasa segar tetap timbul di lidah karena menggunakan kuah dage yang panas. Makin lengkap jika ditambah remasan kerupuk putih maupun kulit sebagai topping-nya.

Termasuk kuliner kaki lima, kamu bisa menikmati sepiring docang hangat di tempat-tempat keramaian. Seperti di alun-alun Cirebon ataupun dekat pusat perbelanjaan seperti Cirebon Super Block Mall dan Grage City Mall.

Bumbu Racun

Selain rasa, docang memiliki hal unik dalam hal asal usul. Yap, masakan ini sudah ada sejak zaman Wali Songo menyiarkan Agama Islam di kawasan Cirebon dan sekitarnya.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, seorang pangeran bernama Rengganis yang nggak suka akan keberadaan Wali Songo memutuskan untuk meracuni mereka dengan membuat sebuah masakan.

Foto: Djimat

Setelah disajikan, para Wali Songo pun lahap menyatap masakan ini saat berkumpul di Masjid Sang Cipta Rasa. Keajaiban muncul, bukannya keracunan, para Wali Songo pun ketagihan dengan masakan dari Pangeran Rengganis. Sejak itulah, docang dikenal oleh masyarakat sebagai kulier khas Cirebon yang penuh misteri.

Tapi tenang, docang nggak beracun kok! Cuma rasa gurih yang tercipta dari perpaduan kuah dan isiannya bikin kamu ketagihan layaknya para Wali Songo.

Soal harga, nggak usah diragukan lagi. Cocok disajikan untuk sarapan pagi, docang bisa kamu nikmati dengan bujet Rp 10 ribu saja. Tertarik mencoba? Yuk jalan-jalan ke Cirebon!

Foto: Sajian Sedap

Sudah siap berlibur ke Cirebon? Rencanakan liburan kulinermu dengan pesan tiket kereta api ke Cirebon, dan hotel murah di Cirebon lewat Pegipegi!

pesan tiket kereta api murah ke Cirebon  cari hotel murah di Cirebon

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 338 times, 1 visits today)

Comments

To Top