Tips

Disengat Hewan Laut Beracun? Segera Lakukan 5 Hal Ini!

Kamu suka banget liburan ke pantai sambil snorkeling? Jangan lupa buat berhati-hati, ya!

Selain arus ombak yang nggak bisa ditebak datangnya, kamu juga dikelilingi dengan hewan-hewan laut yang berbahaya. Meski bentuknya kecil dan lucu, deretan hewan laut seperti bulu babi, ubur-ubur, ikan pari hingga gurita punya racun yang mematikan, lho.

Sehingga, satu sengatan dari hewan-hewan tersebut bisa berujung fatal. Mulai dari gangguan pernafasan, infeksi kulit hingga kematian dapat menghantui sang korban jika nggak mendapatkan pertolongan pertama yang tepat.

Nah, sebagai referensi kamu, Pegipegi punya 5 pertolongan pertama yang harus kamu lakukan jika tersengat dengan hewan laut beracun. Simak, yuk!

Jangan Digerakkan dan Diangkat

Hal pertama yang kamu hindari saat tersengat hewan beracun adalah diam. Jangan terlalu banyak bergerak atau mengangkat luka terlalu tinggi. Karena, setiap gerakan akan membuat racun yang masuk tersebar dengan cepat. Jika sudah tersebar, resiko gangguan kesehatan hingga kematian bisa saja terjadi.

Jenis Sengatan, Beda Penanganan

Setiap sengatan memiliki penanganan yang berbeda, lho. Jadi, pastikan kamu mengetahui jenis sengatan apa yang kamu derita. Seperti jika kamu tersengat ubur-ubur, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiram sengatan degan air garam. Setelah itu kamu baru bisa menyabut potongan tentakelnya.

Hindari Pemberian Obat tanpa Arahan Dokter

Dalam keadaan panik, kamu bakal berpikir pemberian obat, baik untuk luka dalam maupun luar, dalam bentuk apapun dapat mencegah penyebaran racun. Sayang, nggak semua obat dapat melakukan hal tersebut. Salah-salah, luka bisa jadi makin parah. Jadi, ada baikknya kamu tunggu pemeriksaan atau arahan dokter.

Bilas Luka dengan Air Laut

Apapun jenis sengatannya, pastikan kamu harus membilas luka dengan air laut. Kenapa? Karena, air laut memiliki kandungan garam yang berperan sebagai antiseptik pertama jika nggak ada cairan pembersih lainnya.

Pakai Sarung Tangan

Khusus untuk sengatan yang meninggalkan jejak seperti duri atau tentakel beracun, kamu atau orang yang akan memberikan pertolongan wajib membekali diri dengan sarung tangan. Selain mempermudah, sarung tangan akan melindungi kamu dari serangan racun yang tersisa di ujung duri maupun tentakel.

Ada rencana buat traveling dalam waktu dekat? Biar makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top