Destinasi

Dimanakah Akuarium Terbesar di Dunia?

akuarium

Travelers mungkin akan dengan yakin menjawab : S.E.A Aquarium di Singapura. Yah, tidak salah sih. S.E.A Aquarium Singapura yang memiliki koleksi lebih dari 100 ribu hewan laut dari 800 spesies memang dinobatkan sebagai aquarium terbesar di dunia pada tahun 2012. Tapi tahun ini cerita jadi sedikit berbeda karena predikat itu telah berpindah tangan ke Chimelong Ocean Kingdom yang telah dianugerahi penghargaan sebagai akuarium terbesar di dunia oleh Guinness World Records baru-baru ini.

Chimelong Ocean Kingdom terletak di Hengqin Island Makau, provinsi di tenggara Cina, Guangdong. Taman akuatik ini menempati area seluas 50,5 hektar dan dinyatakan terbuka untuk umum setelah  dibangun dengan memakan waktu selama tiga tahun. Wah lama banget! Bagaimana tidak, Chimelong Ocean Kingdom sendiri terdiri dari beberapa bagian yang pasti akan membuat travelers berdecak kagum. Diantaranya kubah akuarium bawah air, tangki akuarium, jendela akuarium, panel akrilik dan terowongan raksasa. Menariknya, semua bagian bangunan Chimelong Ocean Kingdom di atas sama-sama memenangkan penghargaan dari Guiness World Records sebagai yang terbesar di kelasnya masing-masing.

Hengqin Ocean Kingdom sendiri merupakan bagian dari Hotel Chimelong Hengqin Bay, yang merupakan hotel dengan konsep ekologi laut yang terbesar di dunia. Jika kamu beruntung menjadi salah satu tamu hotel ini, kamu tak perlu membeli tiket masuk dan cukup naik taksi air atau berjalan kaki di dalam kanal sepanjang 1000 meter yang menghubungkan antara hotel dengan akuarium.

Chimelong-Aerial

Selain menghadirkan berbagai spesies hewan laut yang unik dan menakjubkan, akuarium dengan daya tampung sekitar 22,7 liter air asin ini akan menjadi tempat tinggal bagi sejumlah hewan laut yang sedikit galak, yaitu hiu paus. Hengqin Ocean Kingdom memiliki 10 ekor hiu paus yang siap menghibur pengunjung, dengan disertai hewan laut endemik dari Cina, lumba-lumba putih dan lumba-lumba tropis berbintik.  Ada juga hewan khas dari kutub seperti penguin dan beruang kutub.

Hengqin Ocean Kingdom menawarkan sensasi wahana yang bukan cuma akan menaikkan hormon adrenalin dalam tubuhmu. Namun taman akuatik ini juga menjanjikan atraksi yang diklaim sebagai ‘salah satu pertunjukan terbaik di Asia yang menghadirkan interaksi antara manusia dan hewan’, yaitu wahana roller coaster dengan selingan pameran beruang kutub.

Atraksi lain yang bisa kamu coba adalah ‘coaster bersayap’, sebutan untuk wahana bioskop 5D pertama di Benua Asia. Flying Over the Rainforest adalah judul film yang diputar di bioskop ini dan kamu bisa mengunduhnya dengan mudah melalui internet. Tapi hati-hati ya, kepala bisa terasa sangat pusing setelah menontonnya.

Su Zhigang, pimpinan Guangdong Chimelong Group, tak menyangkal anggapan sejumlah pihak yang berkomentar taman akuatik Hengqin Ocean Kingdom memiliki banyak kemiripan dengan tujuan wisata tertentu yang terletak di Florida, Amerika Serikat. Hal ini karena konsep awal pembangunan Hengqin Ocean Kingdom memang adalah untuk menjadi Orlando-nya Cina.

Penasaran? Yuk mulai rencanakan trip ke Cina bersama Pegipegi!

(Visited 632 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top