Kuliner

Dimana Bisa Menemukan Sushi Terbaik di Dunia?

Kamu penggemar masakan Jepang, terutama sushi? Tentunya kamu dan para penggemar sushi lainnya punya preferensi tersendiri soal restoran sushi terbaik. Tapi, apa kamu tahu di mana bisa menemukan sushi terbaik di dunia?

Jika berbicara soal sushi kualitas terbaik, tentu kamu harus kembali ke tempat asal sushi, yaitu Jepang. Dan hampir semua kritikus makanan berpendapat, Sukiyabashi Jiro yang terdapat di basement sebuah gedung perkantoran Tokyo adalah restoran sushi terbaik. Bahkan, Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyempatkan diri untuk mencicipi sushi dari chef legendaris Jiro Ono.

sukiyabashi jiro

Ya, Presiden Obama mengunjungi Sukiyabashi Jiro di tengah lawatannya ke Jepang dan Korea, Rabu, 23 April 2014. Restoran kecil yang tersembunyi di basement sebuah gedung perkantoran yang berhubungan dengan Stasiun Metro (kereta bawah tanah) Ginza ini dikelilingi ratusan orang yang ingin melihat Obama dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mencicipi sushi racikan Jiro Ono.

Asal kamu tahu, Ono (88) adalah chef sushi pertama yang meraih tiga bintang Michelin. Untuk bisa mendapat tempat di Sukiyabashi Jiro, kamu setidaknya harus melakukan pemesanan tiga bulan sebelumnya. Jika, karena alasan apapun, kamu tidak bisa memenuhi reservasi itu, kamu harus membayar denda sebesar 15 ribu yen, atau 146 dolar AS.

Sukiyabashi Jiro, yang semakin terkenal berkat film documenter “Jiro Dreams of Sushi” garapan David Gelb serta kemunculannya di acara televisi “No Reservation” milik Anthony Bourdain, hanya memiliki 10 kursi dengan meja konter panjang, serta  beberapa meja kecil di seberang konter.

Jika kamu termasuk orang yang beruntung mendapat tempat di restoran ini, maka bersiaplah mencicipi 20 sushi yang dipilih, disiapkan dan disajikan langsung oleh Jiro Ono. Harganya? Sekitar 30 ribu yen atau 375 dolar per orang. Oya, restoran ini tidak menerima kartu kredit atau cek ya, kamu harus membawa uang tunai jika datang kemari.

Satu hal lagi, jangan harap kamu bisa memilih sushi apa saja yang ingin kamu lahap. Semua sushi yang disajikan adalah pilihan sang chef dan urutannya telah diatur sedemikian rupa untuk memuaskan indera perasa kamu. Mereka hanya akan menanyakan apakah kamu punya pantangan makanan sehingga bisa menyesuaikan menu.

Jiro Ono (kiri) menyiapkan sushi untuk tamunya

Jiro Ono (kiri) menyiapkan sushi untuk tamunya

Sushi yang disajikan chef Ono sangat sederhana, berupa potongan ikan yang dibaluri soya dan diletakkan di atas nasi layaknya sushi tradisional Jepang. Lupakan wasabi karena chef Ono sudah menambahkannya di setiap sushi yang dianggap memerlukan soya. Kamu juga tidak perlu menggunakan sumpit karena, menurut chef Ono, cara terbaik menikmati sushi racikannya adalah dengan menggunakan tangan.

Biasanya, chef Ono akan mengawali menunya dengan Karei, atau ikan flounder yang bercitarasa ringan. Tidak lama setelah menyajikan sushi kedua, kamu akan dimanjakan dengan sajian ‘trio tuna’ yang menjadi menu favorit sushi Jepang. Mulai dari Akami, Chu-toro dan diakhiri dengan Oo-toro yang memiliki lemak terbanyak.

Oo-toro yang menjadi favorit

Oo-toro yang menjadi favorit

Setelah itu kamu akan disuguhi Tako atau gurita yang kabarnya selalu dipijat selama 50 menit sebelum disajikan. Tako hanya disajikan dengan sedikit larutan garam karena chef Ono berkeras hidangan ini tidak cocok menggunakan soya.

Kuruma-ebi (udang), Saba (makarel), Uni (landak laut atau bulu babi), serta berbagai macam hidangan sushi lain akan terus disajikan chef Ono dengan kecepatan yang stabil. Usai menyantap sushi terakhir, staf restoran akan menghidangkan potongan melon madu sebagai penutup.

Meskipun harganya memang tidak ramah di kantong, namun hampir semua yang sudah mencicipi sushi racikan Jiro Ono akan mengatakan bahwa harga tersebut memang sepadan dengan kualitas yang diberikan.

Kalau kamu tertarik untuk mencoba sendiri kelezatan sushi Jiro Ono, restoran ini terletak di Gedung Tsukamoto Sogyo, B1/F, Ginza 4-chome. Mereka beroperasi setiap hari mulai pukul 11.30 – 14.00 dan dilanjutkan pada 17.30 –  20.30, kecuali pada hari Minggu, Sabtu sore dan hari libur.

(Visited 501 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top