Tips

No! Kamu dilarang selfie di pantai ini!

Travelers, tentunya sudah tidak asing lagi dengan kata “selfie”. Ya, selfie, atau lebih populer dengan istilah “narsis” di Indonesia, semakin memantapkan diri sebagai salah satu fenomena populer seiring perkembangan kamera di smartphone. Siapapun, apapun, di manapun, dan kapanpun, bisa melakukan selfie dan langsung diunggah ke media sosial.

Namun tahukah travelers, ada tempat wisata yang melarang pengunjungnya untuk ber-selfie. Bukan, bukan museum, atau lokasi bersejarah yang bernilai tinggi sehingga kamera tidak boleh digunakan sama sekali. Tempat tersebut adalah sebuah pantai, tepatnya pantai Garoupe, Antibes, di Prancis.

garoupe2

Pantai yang berada di wilayah selatan Prancis ini sangat populer, dan selalu ramai dikunjungi wisatawan. Baru-baru ini, pengelola pantai mendeklarasikan “No Braggies Zone” bagi wisatawan. “Braggie” adalah istilah lain dari “Show Off” alias pamer. Dalam hal ini, pamer saat sedang berlibur di pantai. Ini berarti, semua aktivitas mengambil gambar diri sendiri dengan kamera atau smartphone dilarang keras. Peraturan yang cukup berat ya bagi travelers yang gemar mengunggah foto jalan-jalan di Instagram atau Path.

Perwakilan dari pantai Garoupe mengatakan, sudah seharusnya pengunjung mengabaikan smartphone mereka saat berlibur.

“Pantai Garoupe adalah salah satu pantai paling indah dan glamor di Prancis. Kami ingin pengunjung benar-benar menikmati pantai ini, bukannya menghabiskan waktu dengan memamerkannya ke teman atau keluarga di rumah,” ungkap sang juru bicara.

garoupe1

Titik-titik yang menjadi wilayah bebas selfie memiliki penanda, dan sebuah tim petugas keamanan disiapkan untuk mengawasi. Tidak dijelaskan apa sanksi yang akan diberi jika ada pengunjung yang kedapatan tengah ber-selfie ria.

Uniknya, pengelola menghimbau pengunjung untuk mengambil gambar pengunjung lain yang tengah ber-selfie, untuk kemudian diunggah ke media sosial dan diberi hashtag #holidayspam, alias perusak liburan. Hmm, kok malah jadi kontradiksi ya, himbauannya?

(Visited 1,225 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top