Berita

Dikemas Seperti Krimer Kental Manis, Apakah Susu Evaporasi Itu?

Kalau sedang membaca resep masakan atau cake lalu menemukan bahan susu evaporasi (evaporated milk), kebanyakan dari kita mungkin langsung mengira bahwa itu adalah krimer kental manis (dulunya susu kental manis). Padahal keduanya berbeda, meskipun pengemasannya sama, yaitu menggunakan kaleng. Makanya kali ini Pegipegi ingin mengajak kamu untuk berkenalan dengan susu evaporasi.

Lebih tahan lama dan bisa disimpan bertahun-tahun

Pada dasarnya susu evaporasi berasal dari susu segar yang mengalami proses pemanasan dengan suhu tinggi, sehingga berkurang kadar airnya sebanyak 60% dan teksturnya agak kental. Namun, tidak sekental krimer kental manis. Proses pemanasan yang tinggi mematikan mikroorganisme, jadi susu evaporasi bisa tahan lama hingga bertahun-tahun. Jika kemasan kalengnya belum dibuka, susu evaporasi bisa disimpan di suhu ruang. Namun, jika sudah dibuka, sisanya sebaiknya disimpan di kulkas atau freezer dan jangan lupa dihabiskan agar tidak berasa asam lalu basi.

Dalam proses pemanasan juga ditambahkan vitamin D. Susu evaporasi juga tidak mengandung tambahan gula seperti krimer kental manis. Sehingga, rasanya agak tawar seperti susu segar atau susu full cream. Kalau ditambahkan pada makanan akan memberikan rasa gurih.

Kandungan gizi lebih tinggi

Soal kandungan gizi jelas susu evaporasi lebih baik dari krimer kental manis. Karena sudah ditambah vitamin D, juga mengandung protein tinggi, lemak baik, kalsium, karbohidrat, vitamin C, tiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6, vitamin A, vitamin B12, folat, dan fosfor. Kandungannya juga mudah dicerna, seperti meminum susu segar.

Enak jika dicampur ke masakan atau cake 

Sama halnya dengan krimer kental manis atau susu segar, susu evaporasi juga enak untuk dicampur ke masakan atau cake. Karena, bisa memberikan rasa gurih sekaligus creamy. Kalau untuk menggantikan susu segar, kamu juga bisa menyulap susu evaporasi menjadi susu segar dengan cara menambahkan air, lalu diaduk rata.

Misalnya di resep Chicken Salted Egg berikut.

Bahan:
1. 500 gram dada ayam fillet potong dadu
2. Garam, lada putih, dan minyak wijen secukupnya

Pelapis:
1. 1 butir telur kocok lepas
2. Tepung terigu dan sagu dengan perbandingan 5:1, aduk rata

Bahan saus salted egg:
1. 2 butir kuning telur asin matang dihaluskan
2. 75 gram susu evaporasi
3. Daun kari secukupnya
4. 1 sendok teh gula pasir
5. Sejumput garam
6. 2 sendok margarin
7. Cabai rawit sesuai selera diiris

Cara memasak:
1. Marinasi dada ayam dengan garam, lada, dan minyak wijen. Diamkan 15 menit.
2. Balur dada ayam dengan telur, lalu balur lagi dengan campuran tepung. Lalu ditepuk2 agar tepung menempel.
3. Goreng hingga keemasan. Sisihkan.
4. Untuk sausnya, panaskan margarin, lalu tuang bahan lain, aduk rata dan masak sampai berbuih. Lalu masukkan potongan dada ayam yang sudah digoreng, aduk rata hingga saus menempel. Sajikan.

Bisa untuk mengganti krimer kental manis

Kalau pengin bikin cake atau egg tart yang tidak terlalu manis, kamu bisa juga lho mengganti krimer kental manis dengan susu evaporasi. Rasanya akan tetap creamy, gurih, namun manisnya tidak berlebihan. Seperti di resep Hong Kong Egg Tart berikut.

Bahan:
1. 250 gram tepung terigu serbaguna
2. 65 gram tepung gula
3. 1 sendok teh garam
4. 1 kuning telur
5. 15 gram putih telur (kira2 dari 1 butir putih telur)
6. 120 gram butter (bisa di-mix margarin)
7. 1 sendok teh vanilla

Bahan isi:
1. 4 kuning telur
2. 90 gram gula pasir
3. 80 ml susu evaporasi
4. 290 ml air putih
5. Vanilli secukupnya

Cara membuat:
1. Buat kulitnya dulu. Aduk rata butter dengan gula pasir pakai spatula.
2. Lalu masukkan kuning telur, putih telur, aduk rata lalu. Terakhir masukkan tepung terigu dan garam, kemudian diadon sampai rata. Tapi, jangan terlalu lama. Simpan di kulkas 30 menit.
3. Sambil menunggu, buat isinya. Campurkan air, susu, dan gula pasir. Aduk rata. Masukkan vanilli dan kuning telur, aduk rata lagi, dan disaring.
4. Bagi rata adonan kulit sekitar 20-25 gram (sesuaikan juga dengan besarnya cetakan pie). Pipihkan di loyang egg tart.
5. Tusuk permukaan kulit egg tart dengan garpu baru tuang isinya 3/4 aja.
6. Panaskan oven lalu panggang dengan suhu 180 derajat celcius selama 20-25 menit. Tunggu hangat baru dikeluarkan dari loyang.

Nah, sekarang tahu kan bedanya krimer kental manis dengan susu evaporasi? Menurut kamu, mana yang lebih baik? Untuk kamu yang sedang merencanakan liburan selanjutnya, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top