Destinasi

Desa Sawinggrai, Habitat Burung Cenderawasih di Raja Ampat

Sudah tahu kan bahwa Papua adalah tempat hidup burung cenderawasih? Untuk melihat lebih jelas tentang satwa langka tersebut, kamu bisa main ke Desa Sawinggrai di Kecamatan Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Di Desa Sawinggrai, ada empat spesies cenderawasih yang dipelihara di sini, yaitu cenderawasih merah (Paradisaea rubra), cenderawasih belah rotan (Cicinnurus magnificus), cenderawasih kecil (Paradisaea minor), dan cenderawasih besar (Paradisaea apoda). Satu dari empat spesies tersebut, yakni cenderawasih merah adalah ikon khas Desa Sawinggrai. Burung-burung itu hidup nyaman dan aman di desa wisata ini.

Bermula dari kerja keras Yesaya Mayor selama berbulan-bulan memetakan lokasi mencari, jenis makanan burung, musim kawin, dan musim bertelurnya. Pada musim kawin, burung cenderawasih jantan akan melakukan gerakan seperti tarian untuk memikat betina. Atraksi yang disukai dan dinikmati semua orang inilah yang membuat warga desa ikut melestarikan serta tidak memburu cenderawasih di hutan mereka. Kamu juga bisa melakukan snorkeling atau memberi makan ikan-ikan liar di sekitar dermaga.

Ingin melihat cenderawasih di Desa Sawinggrai? Yuk, langsung aja pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Jayapura lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke jayapura cari hotel murah di jayapura

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top