Kuliner

Deretan Restoran Jepang yang Bikin Ngiler di Jakarta

Makanan Jepang baik itu ramen, sushi, okonomiyaki makin banyak disuguhkan di Jakarta. Yang bertanggungjawab atas semua kelezatan itu siapa lagi kalau bukan restoran-restoran Jepang yang ada di ibukota.

Saat ini sudah banyak restoran Jepang yang menyuguhkan menu menarik dan sudah pasti lezat. Masing-masing restoran memiliki ciri khas dan kelebihannya sendiri. Bahkan, beberapa dari restoran tersebut sudah berdiri sejak lama di Jakarta. Kalau kamu penggemar kuliner Jepang, berikut beberapa restoran Jepang yang bisa menjadi referensi kamu:

1. Ootoya

Ootoya

Restoran ini sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta masakan Jepang. Didirikan sejak 1958 di Negeri Sakura, restoran ini kemudian melebarkan sayapnya ke Hong Kong, Singapura, Thailand, Taiwan dan pada akhirnya ke Indonesia. Restoran ini berada di Senayan City, Pacific Place dan Plaza Indonesia. Menyediakan makanan rumahan yang biasa disantap sehari-hari, Ootoya pun menghargai makanannya dengan variasi antara Rp35-Rp150 ribu. Bento, katsu, udon, donburi dan ramen menjadi pilihan untuk disantap di restoran yang didesain dengan aksen kayu.

2. Goemon

Goemon_Japanese_Restaurant4

Kalau ingin merasakan masakan Jepang tradisional dengan suasana seperti di Jepang, kalian bisa mencoba reservasi tempat di Goemon. Berada di Wisma Kyoei lantai 3, Sudirman, restoran ini memiliki tradisi unik dengan meminta para pelanggan melepas sepatu sebelum memasuki restoran. Setiap pelanggan diberi makanan pembuka sebelum pesanan mereka tiba. Jika kalian memilih Chicken Katsu Curry set, porsinya dijamin lebih besar. Selain itu mereka juga menyediakan pilihan seperti Hamburg Steak, Yaki Udon, Gyutan dan Tamago yang rasanya sangat lebih. Harganya pun bervariasi. Untuk Yaki Udon dihargai Rp47 ribu, Chicken Katsu Curry Rp58 ribu, Gyutan Rp13 ribu dan Tamago bisa dinikmati dengan harga Rp20 ribu. Mereka juga memberikan dessert gratis kadang es krim, kadang buah dan berbagai macam dessert segar lainnya.

3. Sakura

sushi sakura

Jika kalian melintasi Jalan R.A Kartini di Lebak Bulus, akan terlihat sebuah restoran yang berada di pinggiran jalan. Restoran ini cukup besar dan lokasinya yang tidak jauh dari mal Poins Square, tentunya mudah untuk dicari. Sakura nama dari restoran masakan Jepang tersebut. Restoran tersebut memiliki ciri khas sushi dan sashimi, tetapi mereka juga memiliki variasi pilihan ramen yang tradisional. Namun hati-hati jika kamu tidak mengkonsumsi babi, sebagian besar dari ramen kreasi Sakura menggunakan daging babi. Jika kalian ingin mencoba variasi lain dalam masakan Jepang, silakan coba Sakura.

4. Sakana

sakana resto

Berbagai jenis masakan Jepang ditawarkan oleh restoran-restoran Jepang yang ada di Jakarta. Salah satunya Sakana. Restoran yang berada di lantai bawah gedung Mid Plaza, Jalan Jend. Sudirman ini, menyuguhkan menu seperti sashimi, sushi, serta kakifurai. Untuk kakifurai, menu ini memang unik karena bahan dasarnya berupa tiram. Kemudian tiram ini digoreng dengan bumbu khas Sakana. Ini merupakan cara lain untuk menikmati tiram. Sakana juga menyediakan berbagai jenis ikan bakar yang enak dan membuat kita ketagihan. Selain di Mid Plaza, Sakana juga terdapat di Bandara Soekarno-Hatta dan Hotel Delonix di Karawang Barat.

5. Gyukaku

gyukaku

Kalau restoran Jepang yang satu ini punya spesialisasi pada yakiniku atau daging bakar. Terletak di Mal Pacific Place di bilangan SCBD, Gyukaku memberikan pilihan banyak daging. Mereka menyediakan wagyu hingga daging impor dari Australia dan Selandia Baru. Seporsi yakiniku dihargai sekitar Rp100 ribu. Tetapi kalau ingin puas, bisa deh makan sampai Rp500 ribu. Uniknya, restoran ini di Jepang dikenal dengan harganya yang murah, tetapi di sini justru termasuk dalam restoran mahal.

6. Ajihara

ajihara

Ini dia salah satu restoran Jepang yang sudah terkenal di Jakarta. Berdiri sejak hampir 20 tahun lalu, Ajihara memberikan pilihan menu tradisional Jepang. Awalnya restoran ini berada di Melawai atau lebih tepatnya di Little Tokyo. Namun kini sudah pindah ke Jalan Kemang Raya No.14, Jakarta Selatan. Beberapa menu pilihan bisa berupa Orochan Ramen seharga Rp45 ribu, Edamame Rp15 ribu, Salmon sushi (2 pcs) Rp40 ribu, Inari Sushi (2 pcs) Rp36 ribu, Nikujaga Rp43 ribu dan tentunya ocha. Tetapi masih banyak menu lain yang bisa menjadi pilihan, yang tentunya khas mulai dari menu bento dan Sushi Moriawasi seharga Rp150 ribu yang diolah langsung oleh chef. Kalau kalian suka yang pedas-pedas, bisa dicoba Ramen Sadako yang rasanya memang super pedas.

7. I-ta Suki

I-ta Suki

Restoran ini menyuguhkan shabu-shabu yang kita sendiri harus masak dan merebus sendiri menu yang sudah dipilih. Tetapi I-ta suki tidak seperti restoran shabu-shabu lain yang bebas memilih bahan yang akan dimasak dan disantap. Di restoran ini, menu yang diinginkan sudah ada dan setelah dipilih baru kita bisa memasaknya. Menu di restoran ini pun sangat bervariasi dan tidak membuat pecinta masakan Jepang cepat bosan. I-ta Suki bisa menjadi pilihan alternatif menyantap shabu-shabu yang enak tetapi perut tidak kekenyangan berlebihan.

8. Edogin

edogin

Bagi penggemar masakan Jepang, Restoran Edogin di Hotel Mulia, Senayan bisa masuk di dalam daftar pilihan. Menu yang disediakan mulai dari sushi, sashimi termasuk juga tiram mentah. Selain itu, mereka juga menyediakan makanan seafood seperti udang, kerang rebus serta berbagai pilihan soba dan udon. Tetapi ada satu menu favorit dari restoran ini yaitu, teppanyaki. Pilihannya bisa berupa teppanyaki daging, daging ayam dan seafood. Dimasak di atas wajan rata dan cara memasak yang heboh, restoran ini mengklaim dirinya sebagai restoran teppanyaki terbaik di Jakarta. Restoran yang berada di hotel mewah ini biasanya dipenuhi oleh kalangan ekspatriat. Sementara harganya mencapai Rp450 ribu.

 

 

(Visited 7,469 times, 6 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top