Destinasi

De Tjolomadoe di Solo Siap Ajak Kamu Nostalgia dengan Masa Lalu

Lagi cari tempat wisata yang unik dan retro banget dekat kota Solo? Rasanya, kamu harus main ke De Tjolomadoe, deh!

Terletak di kawasan Malangjiwan, Kabupaten Karanganyar, De Tjolomadoe adalah sebuah pabrik gula yang sudah dipoles sebagai tempat wisata. Dibangun pada 1861 oleh Mangkunegara IV, De Tjolomadoe menawarkan banyak sekali spot yang bersifat historik.

Di dalamnya, kamu dapat melihat berbagai mesin raksasa yang digunakan untuk memproduksi gula selama berpuluh-puluh tahun lamanya. Saking klasiknya, setiap mesin yang rata-rata didatangkan dari Belanda ini memiliki bintik karat, yang siap mengajak wisatawan kembali ke masa lalu.

Di luar gedungnya, terpampang tulisan besar ‘Anno 1928’ yang menjadi simbol kejayaan pabrik gula ini di masa lalu. Yang mana mampu memproduksi berton-ton gula per hari sebelum dikirim ke berbagai daerah di Indonesia saat masih berfungsi.

Nostalgia kamu bakal makin nikmat, karena museum ini memiliki Tjolo Koffie dan Besali Cafe yang memiliki nuansa tempoe doeloe. Kamu bisa menikmati manisnya kopi khas De Tjolomadoe ditemani dengan hiasan dinding klasik yang memesona.

Nah, semenjak direvitalisasi oleh PT Sinergi Colomadu, De Tjolomadoe memiliki gedung konser sendiri yang dapat menampung 3.000 orang. Berbagai acara musik berkelas internasional pun sering digelar di sini, lho, seperti David Foster yang sempat manggung beberapa waktu yang lalu.

Buat main ke sini, kamu hanya perlu menempuh perjalanan darat selama 10 menit dari Bandara Adi Soemarmo, Solo. Tertarik main ke sini?

Pengin main ke Solo? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Solo lewat Pegipegi! Selamat liburan!

*Harga berlaku sesuai tanggal dibuatnya artikel

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top