Destinasi

Danau Weekuri, surga sebening kristal di tanah Sumba

sumba-danau-weekuri

Danau Weekuri tampaknya bukan termasuk wisata alam yang akrab di telinga wisatawan. Meski dianggap asing di negeri sendiri, danau ini menyuguhkan pemandangan menakjubkan! Bagaimana ya rasanya melihat danau dan laut lepas sekaligus dari satu titik ketinggian? Inilah yang ditawarkan Danau Weekuri yang mungkin akan sulit ditemukan di objek wisata lainnya.

 

sumba-danau-weekuri

foto: zulfikaralex.com

Lokasi Danau Weekuri

Danau Weekuri adalah objek wisata andalan kawasan Kodi Utara. Berada di 60 km dari Tambaloka, Sumba Barat Daya, butuh waktu tempuh kurang lebih dua jam untuk sampai ke Weekuri. Berkunjung ke Danau Weekuri sangat cocok bagi wisatawan yang punya jiwa petualang tinggi. Karena, setelah menggunakan transportasi udara dari ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur, Kupang, traveler masih harus melanjutkan perjalanan dengan menyewa mobil dari Tambaloka.

Jalan yang menuju ke Danau Weekuri memang sudah beraspal sebagian, tapi sebagian besar lainnya masih berupa pengerasan tanah. Traveler juga akan melewati areal hutan yang di kanan kirinya terdapat semak belukar dan jalan yang sempir sehingga harus berhati-hati. Setelah tiba di portal pos penjagaan, pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sepanjang 25 meter untuk tiba di Danau Weekuri.

 

Menembus kesunyian Danau Weekuri

Setelah melewati perjalanan panjang, akhirnya tibalah di Danau Weekuri. Susana sunyi memang begitu terasa di Danau Weekuri, karena belum banyak yang mengetahui keberadaan danau yang cantik ini. Ya, Danau Weekuri memang tidak sepopuler Danau Toba di Sumatera Utara. Danau ini juga tak terlalu luas, kira-kira hanya seukuran lapangan sepakbola. Tapi hal itu tidak sedikit pun mengurangi eksotisme Danau Weekuri.

Dengan suasana sepi, Danau Weekuri adalah tempat yang pas bagi mereka yang ingin menghilang sejenak dari hingar bingar kehidupan kota. Traveler akan disambut kejernihan air danau yang seperti kaca, sehingga membuat pengunjung dapat melihat dengan jelas pasir putih di dasarnya atau bebatuan yang tampak membuat corak di Danau Weekuri. Beningnya air seolah memanggil wisatawan untuk berenang di dalamnya.

Keunikan Danau Weekuri tak berhenti sampai di situ. Tidak seperti danau pada umumnya yang berair tawar, Danau Weekuri terasa payau. Itu karena danau ini bersebelahan langsung dengan lautan lepas. Air laut masuk melalui celah tebing yang menjadi pemisah dan becampur dengan air tawar dari mata air. Jadi jangan heran jika pengunjung merasakan suhu berbeda saat menceburkan diri di Danau Weekuri. Kombinasi air hangat dan dingin akan terasa di beberapa area danau.

Setelah puas memanjakan diri di Danau Weekuri yang bening sebening kristal, travelers bisa beristirahat sejenak di sebuah tebing karang yang menyerupai gua di tepi danau. Usai mendaptkan kembali tenaga, tak ada salahnya menuju tebing yang yang mengelilingi Danau Weekuri. Naik ke area yang bersebelahan langsung dengan laut bakal memberikan pengalaman tak terlupakan.

Dari atas tebing ini, di satu sisi pengunjung bisa dengan jelas melihat ombak menghantam tebing dan di sisi lain kejernihan Danau Weekuri terlihat begitu jelas. Kombinasi warna air Danau Weekuri yang kehijauan serta birunya air laut sungguh memanjakan mata. Sepinya wisatawan yang mengunjungi tempat ini membuat Danau Weekuri masih sangat terjaga keasriannya. Tidak ada warung, tidak ada penginapan sehingga areal Danau Weekuri bebas dari sampah.

 

Nah traveler, siapkan waktu dari sekarang untuk mengagendakan kunjungan ke Danau Weekuri yang bening sebening kristal!

 

(Visited 1,178 times, 1 visits today)

Comments

To Top