Destinasi

Danau Tondano, Tempat Wisata Andalan Sulawesi Utara!

Travelers sudah tahu belum bahwa Danau Tondano di Sulawesi Utara menjadi lokasi perayaan Natal Nasional 2016? Tentunya warga Manado sangat bangga karena Presiden Jokowi yang memilih danau cantik ini sebagai lokasi perayaan Natal. Jika kamu belum merencanakan traveling selanjutnya, Danau Tondano mungkin bisa jadi pilihan yang tepat. Kenalan dulu dengan Danau Tondano, yuk!

Legenda Danau Tondano

Dulu, kawasan Tondano memiliki dua gunung berapi yang menjulang tinggi ketimbang gunung-gunung lainnya. Kedua gunung itu memisahkan kawasan Tondano utara dan selatan. Masing-masing memiliki penguasa sendiri, di kawasan selatan dikuasai oleh seorang Tonaas (sebutan untuk penguasa di sana) yang memiliki putra tunggal bernama Maharimbow. Sedangkan, di kawasan utara dikuasai oleh seorang Tonaas yang memiliki putri tunggal bernama Marimbow. Karena cemas akan pewaris tahta, Marimbow diperintahkan untuk berpakaian seperti laki-laki dan melarangnya menikah sebelum ayahnya meninggal.

Marimbow pun memenuhi permintaan sang ayah dan bersumpah jika permintaan itu tidak dipenuhi, akan terjadi bencana di wilayah tersebut. Kemudian, Maharimbow dan Marimbow nggak sengaja bertemu. Maharimbow sangat terkesan pada Marimbow meskipun Marimbow mengenakan pakaian seperti laki-laki. Karena rasa ingin tahu yang besar, Maharimbow pun mencari tahu tentang Marimbow. Di pertemuan berikutnya mereka bertengkar, sekaligus saling jatuh cinta.

Singkat cerita, mereka memutuskan untuk menikah dan bertekad untuk mempersatukan kawasan utara dan selatan. Meskipun hubungan keduanya tidak direstui, namun mereka tetap nekat untuk menikah dan meninggalkan rumah masing-masing. Keesokan harinya setelah pernikahan mereka, kawasan tersebut dilanda bencana, yaitu gempa dan gunung meletus. Dari meletusnya gunung berapi, terbentuklah kawah luas dan lambat laun tergenang air. Hingga tempat tersebut dinamakan Danau Tandano.

Danau terluas di Sulawesi Utara

Danau Tondano memiliki luas 4.278 ha dengan ukuran sekitar 5 km x 11 km. Sedangkan, ketinggiannya adalah 684 mdpl, sehingga udaranya sangat sejuk. Pemandangan perbukitan hijau di sekitarnya juga membuat Danau Tondano menjadi tempat wisata yang diminati wisatawan. Tak heran bila Danau Tondano menjadi tempat wisata andalan di Sulawesi Utara setelah Taman Nasional Bunaken. Danau Tonando juga menjadi danau penghasil ikan air tawar, seperti ikan gabus, ikan mujair, lobster hitam, ikan gurame, ikan tawes, dan sebagainya. Maka dari itu, kamu pun bisa melakukan aktivitas memancing jika liburan di Danau Tonando.

pulau-likri

Pulau Likri (foto dari: http://tamasya.id/)

Di Danau Tondano ada pulau kecil yang berlokasi di tengah, agak ke pinggir. Nama pulau tersebut adalah Pulau Likri dengan ukuran 100 m x 30 m. Uniknya, Pulau Likri mirip segumpal rumput yang mengambang di tengah danau.

gunung-kaweng

Gunung Kaweng (foto oleh: www.satyawinnie.com)

Kabarnya, Gunung Kaweng merupakan gunung yang meletus karena Maharimbow dan Marimbow menikah. Legenda tersebut masih dipercaya sampai sekarang. Kamu bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling di danau sambil menikmati indahnya Gunung Kaweng yang diselimuti pepohonan hijau.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Yuk, ajak orang terdekatmu untuk liburan di Danau Tonando! Mengingat tempat Danau Tonando juga sangat romantis, kamu bisa menjadikan destinasi tersebut menjadi tempat untuk bulan madu. Supaya bujet traveling terjangkau, jangan lupa pesan tiket pesawat murah ke Manado lewat pegipegi! Jangan lupa sekalian booking hotel murah di Manado, ya!

pesant tiket pesawat murah ke manado cari hotel murah di manado

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi pegipegi lewat Google Play dan App Store, ya!

google-play

apps-store

Foto utama dari: lihat.co.id

(Visited 985 times, 1 visits today)

Comments

To Top