Destinasi

Danau Tolire, Panorama Cantik yang Penuh Misteri di Ternate

Pulau Ternate menyimpan keindahan tersendiri. Tepat di bawah kaki Gunung Gamalama, terdapat Danau Tolire yang sangat legendaris di Provinsi Maluku Utara ini.

Hanya 10 menit dari kota Ternate, Danau Tolire memiliki keunikan pada panoramanya. Dikelilingi oleh hutan belantara yang sangat hijau, letak danau sangat dekat dengan pesisir pantai.

Sehingga, jika dipandang dari ketinggian, danau ini menyerupai loyang kue raksasa yang megah. Permukaan air yang tenang cenderung memiliki warna yang berubah-ubah sesuai dengan musim, menjadi bias bagi sinar matahari yang menembus permukaan air.

Nggak cuma satu, tapi kamu bakal disuguhkan dua jenis danau yang berbeda, Tolire Besar dan Kecil. Keduanya sama-sama menghadirkan suasana atmosferik yang nggak bisa kamu temukan di tempat-tempat lain.

Selain soal pemandangan mewahnya, banyak turis datang ke Danau Tolire untuk berburu kisah mistisnya. Maklum, banyak kisah legenda yang beredar di masyarakat kalau Danau Tolire terbentuk karena sebuah kutukan. Nah, lho!

Cinta Terlarang

Kisah yang paling menghebohkan soal cinta terlarang. Konon, seorang pemimpin desa di kaki Gunung Gamalama terlibat cinta terlarang dengan putrinya sendiri.

Foto: Instagram Fitralramadhan

Takut bala, warga yang mengetahui pun langsung mengusir keduanya dari desa tersebut. Namun, belum jauh melangkah, sebuah gempa bumi besar mengguncang kawasan Gunung Gamalama, yang menenggelamkan desa tersebut.

Nggak lama setelah itu, desa tetangga yang disambangi sang putri turut dilanda gempa besar, yang turut menghancurkan desa tersebut dan membetuk sebuah cekungan yang berisi air. Kedua daerah tersebut yang kini dikenal sebagai Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil.

Aura mistis ternyata nggak cuma hadir dari kisah legendaris tersebut. Beberapa pengunjung dan warga sekitar bahkan mengaku sering melihat penampakan buaya putih di Danaul Tolire.

Fenomena Batu Lenyap

Berkunjung ke Danau Tolire belum lengkap tanpa ikutan tradisi lempar batu. Yang bikin unik adalah kamu nggak akan mampu melihat lokasi pendaratan batu yang dilempar, seakan batu tersebut lenyap tanpa bekas.

Dengan bujet Rp 1.000, kamu dapat membeli sekantung batu buat mencobanya. Lemparkan batu tersebut sekuat mungkin dan lihat dengan seksama apakah batu tersebut dapat menyentuh permukaan air atau nggak.

Kebanyakan yang pernah mencoba yakin kalau batu-batu tersebut disantap oleh buaya putih yang katanya menjadi penunggu dari Danau Tolire. Namun, secara ilmiah, fenomena ini dipengaruhi oleh gravitasi bumi dan letak lokasi pelemparan yang agak jauh dari permukaan danau.

Anyway, Danau Tolire di Ternate adalah destinasi yang cocok buat kamu liburan bersama kawan-kawan. Tertarik buat datang?

Mau main ke danau ini? Sekalian liburan! Untuk yang berada di luar Ternate, jangan lupa untuk sekalian pesan tiket pesawat ke Ternate dan cari hotel murah lewat Pegipegi, ya. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Ternate cari hotel murah lain di Ternate

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top