Destinasi

Danau Toba dan Potensi Wisata Kelas Dunia yang Mengagumkan

Pesona Danau Toba sungguh menarik minta traveling para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Deretan panorama alam yang menawan dilengkapi dengan kebudayaan masyarakat sekitar menciptakan potensi pariwisata kelas dunia bagi Provinsi Sumatera Utara.

Hal ini yang mendorong komitmen Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menjadikan Danau Toba sebagai destinasi super prioritas di 2020. Berbekal program 10 Bali Baru yang dicanangkan sepanjang 2019, Danau Toba siap tampil lebih cantik.

Dengan status danau tekto-vulkanik terbesar di Asia Tenggara, Danau Toba memiliki berbagai sudut yang asik untuk menikmati pemandangannya. Spot-spot ini terbesar di beberapa wilayah, mulai dari Baligi, Parapat hingga Sidikalang.

Nah, setiap spot tentu sama menawarkan pesona yang berbeda, lho. Jadi, kamu bakal dibuat penasaran sampai kamu benar-benar menapakkan kaki di sana.

Salah satu spot yang kerap bikin wisatawan jatuh cinta berkali-kali adalah Bukit Holbung. Dijuluki Bukit Teletubbies, Bukit Holbung menawarkan pesona padang sabana yang luas. Suasana yang menyengarkan dipadukan dengan angin bukit yang sepoi-sepoi siap memanjakan kamu dan orang terdekat. Potret alam pun terhampar megah saat berada di atas puncak.

Kamu bisa puas memandang Danau Toba yang memiliki air biru tua sambil mencari inspirasi baru buat rencana hidup ke depan. Layaknya Bukit Padar di Labuan Bajo, kamu bisa memanfaatkan puncak Bukit Holbung untuk berfoto. Dengan latar Danau Toba dan teluk di bawah bukit, foto kamu bakal bikin iri teman-teman di media sosial

Jika sudah puas berburu keindahannya, Danau Toba bakal bikin kamu terbuai dengan keragaman di Desa Tomok yang menyimpan pesona budaya yang luar biasa. Mulai dari bangunan khas batak, kain tenun, hingga pertunjukan Sigale-gale, yakni boneka kayu seukuran manusia yang misterius.

Di desa ini kamu juga bisa berziarah ke kuburan seorang pemimpin Desa Tomok, Raja Sidabutar yang telah berusia ratusan tahun dan memiliki bentuk yang unik sehingga menjadikan desa ini tempat wisata wajib bagi siapa saja yang berkunjung ke Danau Toba dan Pulau Samosir.

Potensi Wisata di Masa Depan

Ada banyak hal yang disiapkan pemerintah untuk Danau Toba lewat program Destinasi Super Prioritas, salah satunya lewat proyek Sipinsur Geosite. Rencananya, di tanah seluas 400 hektar, akan dibangun taman bunga nusantara dengan berbagai fitur wisata andalannya.

Nantinya, berbagai bunga dari seluruh penjuru Tanah Air bakal ditanam dan dipamerkan di sini, menjadikan kawasan Sipinsur Geosite sebagai tujuan wisata kelas dunia.

Sipinsur Geosite sendiri hanyalah satu dari 28 lokasi wisata potensial di sekitar Danau Toba yang dapat perhatian dari Presiden Indonesia, Joko Widodo. Karena, ada 28 lokasi wisata potensial yang siap dikembangkan sebagai tujuan wisata berkelas.

Seperti The Kaldera nomadik yang diharapkan menjadi barometer pengembangan nomadic tourism di kawasan regional. Nantinya, The Kaldera akan memiliki banyak hotel, melengkapi spot wisata air terjun, wisata air hingga wisata religi yang ada.  Tertarik main ke Danau Toba?

Pengin liburan ke sini? Bisa banget! Yuk, pesan tiket pesawat murah ke Medan dan cari hotel murah di Medan lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Medan cari hotel murah di Medan

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top