Destinasi

Danau Toba dan Potensi Wisata Kelas Dunia untuk Para Milenial

Keindahan Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara sudah terdengar hingga ke penjuru dunia. Dengan status danau tekto-vulkanik, Danau Toba menawarkan pesona alam yang indah dengan hamparan perbukitan hijau serta jernihnya air danau.

Nggak cuma itu. Di sekeliling Danau Toba, terdapat banyak sekali spot wisata alam maupun budaya yang sangat potensial. Sebut saja Bukit Holbung, kota Balige hingga beragam air terjun menawan, mulai dari Sigura-Gura hingga Efrata.

Fakta ini yang lantas menarik perhatian Presiden Indonesia, Joko Widodo. Dalam lawatan kerjanya ke Sumatera Utara, Senin (29/7) lalu, Jokowi berkunjung ke lokasi pengembangan Sipinsur Geosite di Desa Parulohan, Lintongnihuta, Humbahas.

Rencananya, di tanah seluas 400 hektar, akan dibangun taman bunga nusantara dengan berbagai fitur wisata andalannya. Nantinya, berbagai bunga dari seluruh penjuru Tanah Air bakal ditanam dan dipamerkan di sini, menjadikan kawasan Quick Win Sipinsur Geosite sebagai tujuan wisata kelas dunia.

Sipinsur Geosite sendiri hanyalah satu dari 28 lokasi wisata potensial yang ada di sekitar Danau Toba. yang dapat perhatian dari Presiden Jokowi. Karena, ada 28 lokasi wisata potensial yang siap dikembangkan sebagai tujuan wisata berkelas.

Seperti The Kaldera nomadik yang diharapkan menjadi barometer pengembangan nomadic tourism di kawasan regional. Nantinya, The Kaldera akan memiliki banyak hotel, melengkapi spot wisata air terjun, wisata air hingga wisata religi yang ada.

Dengan target keluarga dan kaum milenial, pengembangan kawasan wisata sekitar Danau Toba menjadi prioritas utama bagi Kementerian Pariwisata. Mengingat, Danau Toba sempat dinobatkan sebagai satu dari empat Bali Baru.

Selain ketiga tempat tersebut, Danau Toba juga punya kota Balige yang nggak kalah berpotensinya, lho. Hanya dua jam dari kota Prapat yang jadi pintu masuk Danau Toba, Balige punya deretan pegunungan alam dengan latar belakang danau yang luar biasa, lho. Lantaran berada di pesisir, Balige juga dihuni oleh pantai indah dengan pesona sunset cantik.

Salah satu yang mencuri perhatian adalah Bukit Tarabunga. Di sana, kamu dapat kamu bisa mengabadikan momen sendiri atau bersama orang terdekat dengan latar belakang langsung menghadap ke Danau Toba.

Selain itu, dari atas bukit, kamu juga bisa menikmati keindahan pematang sawah layaknya di Ubud, Bali. Jadi, buat kamu yang hobi main ke sawah dan jatuh cinta dengan atmosfernya, bukit ini siap memanjakan kamu, deh.

Nggak jauh dari situ, kamu juga bisa ajak keluarga besar main seru di Water Park Tambunan. Berbagai wahana seru bisa kamu nikmati sebelum melanjutkan perjalanan menuju Pulau Samosir.

Buat penggemar air terjun sejuk, kawasan sekitar Danau Toba dibekali dengan keindahan  Air Terjun Sipisopiso. Memiliki ketinggian hingga 120 meter, Air Terjun Sipisopiso adalah salah satu air terjun terindah dan tertinggi di Indonesia.

Terletak di sekitar Danau Toba dengan ketinggian sekitar 800 mdpl, air terjun ini dikelilingi dengan bukit-bukit dan pepohonan pinus. Nggak heran, kalau ke sini kamu bakal dimanjain sama pemandangan indah dan suasana yang sejuk banget! Sebelum mendekati air terjun, kamu juga bisa mengunjungi gardu pandang yang ada di puncak bukit untuk menyaksikan keindahan Tanah Karo dan Pulau Samosir.

Dengan koleksi tempat wisata yang menjanjikan, jangan heran dalam beberapa tahun ke depan, Danau Toba bakal seramai Pulau Dewata, Bali!

Foto oleh: Akun Twitter Presiden Jokowi dan Shutterstock

Pengin liburan ke sini? Bisa banget! Yuk, pesan tiket pesawat murah ke Medan dan cari hotel murah di Medan lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Medan cari hotel murah di Medan

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top