Destinasi

Danau Sentarum, tanah basah eksotis di jantung Kalimantan

Selama ini kita tau kalo danau adalah kubangan air besar yang tak pernah kering dan ukurannya tetap. Tapi Danau Sentarum beda, travelers. Debit air Danau Sentarum melimpah di musim hujan, tapi ia akan mengering di musim kemarau. Dan danau yang luas ini akan berubah bentuk menjadi semacam tanah lapang yang ditumbuhi rerumputan dengan kubangan-kubangan air kecil di sana-sini.

danau-sentarum

foto : http://djehanprakoso.it.student.pens.ac.id/

Danau Sentarum sumber penghidupan Suku Dayak

Kalian yang tinggal di Kalimantan patut berbangga hati karena Danau Sentarum yang berada di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat adalah satu-satunya floodplain terluas dengan kondisi yang masih terjaga cukup baik di kawasan Asia Tenggara. Danau yang terbentuk oleh pertemuan Sungai Tawang dan Sungai Leboyan ini juga menjadi rumah bagi beraneka ragam satwa dan tetumbuhan.

Para ahli mengatakan, ada sekitar 675 jenis tanaman, 147 spesies mamalia, 64 spesies reptil, 150-an spesies anggrek dam 265 spesies ikan air tawar yang berumah di Danau Sentarum. Dari keanekaragaman hayati tersebut beberapa di antaranya adalah jenis endemik Kalimantan Barat, yaitu kayu ulin, keruing, tengkawang, ramin dan jelutung. Di Danau Sentarum kamu juga bisa menyaksikan dengan mata kepala sendiri kera bekantan, ikon tempat wisata Ancol yang termashyur itu. Lalu ada juga beberapa satwa yang udah langka seperti macan pohon, burung elang kepala putih, tupai besar dan burung bekakak.

Danau Sentarum juga didiami oleh masyarakat asli Kalimantan, atau yang lebih kamu kenal dengan sebutan suku Dayak, travelers. Di danau inilah Suku Dayak Punan, Sontas, Sebaruk dan Iban tinggal sejak beratus tahun yang lampau dan menggantungkan hidupnya dari air, satwa dan tumbuhan yang ada di Danau Sentarum. Mereka hidup harmonis tanpa kekurangan apapun meski musim paceklik tiba. Itu semua karena mereka tak pernah mengeksploitasi Danau Sentarum secara berlebihan dan menjaga kelestariannya agar kekayaan Danau Sentarum juga bisa dinikmati oleh anak cucu mereka.

 

Jadi petualang dadakan di Danau Sentarum

Buat mencapai Danau Sentarum kamu harus terbang ke Kota Pontianak dulu, travelers. Trus dari sini kamu bisa memilih dua alternatif, jalan darat atau lewat sungai. Kalo kamu nggak biasa naik perahu dan khawatir bakal mabuk sungai kamu bisa pilih jalan darat dengan naik mobil sewaan ke Semintau. Hanya saja jarak tempuhnya cukup lama, yaitu sekitar 11 jam. Perjalanan lewat sungai dari Pontianak ke Semintau bisa lebih cepat karena hanya menempuh waktu sekitar 7 jam saja.

Masih kurang cepat? Kalo gitu kamu naik pesawat aja dari Pontianak ke Putussibau, kota yang paling dekat dengan Taman Nasional Danau Sentarum, travelers. Jarak tempuhnya adalah sekitar 1 jam, tapi kamu tetap aja harus berperahu sekitar 6 jam di sungai ke Nanga Suhaid, pintu masuk lain menuju Taman Nasional Danau Sentarum.

Jangan membayangkan kamu akan tidur hotel setibanya di Danau Sentarum, travelers. Soalnya, satu-satunya fasilitas penginapan resmi di sini adalah semacam wisma milik Balai Taman Nasional Danau Sentarum yang hanya memiliki 3 kamar saja. Tarifnya terjangkau sih, hanya sekitar Rp 100 ribu aja per malam. Tapi waktumu untuk menginap mungkin akan dibatasi mengingat banyaknya pengunjung yang juga pengen menginap di dekat Danau Sentarum.

Kamu juga harus siap jika sewaktu-waktu nggak ada kamar tersedia di Balai Taman Nasional Danau Sentarum dan terpaksa tidur di perahu, travelers. Ada baiknya kamu melengkapi dirimu dengan perbekalan yang dibutuhkan selama menginap, mulai dari makanan, pakaian secukupnya, krim anti nyamuk dan obat-obatan. Atau kamu kenalan gih sama masyarakat setempat Danau Sentarum. Ajak mereka mengobrol dan kalo kamu pandai mengambil hati mereka akan mengijinkanmu menginap di rumah mereka.

Asyik ‘kan? Kapan lagi bisa berpetualang ke jantung Kalimantan, mengamati satwa endemik Danau Sentarum dan hidup bersama suku Dayak di rumah panjang seperti yang biasa kamu lihat di televisi?

Tapi jangan buru-buru berangkat dulu, travelers. Lebih baik kamu cek dan pesan dulu tiket pesawat dan booking hotel nyaman terjangkau di Pontianak atau sekitarnya melalui Pegipegi.com.

 

(Visited 188 times, 1 visits today)

Comments

To Top