Destinasi

Danau Segara Anak, Tempat Singgah Sebelum ke Puncak Rinjani

Mendaki puncak Gunung Rinjani, Lombok, tak lengkap rasanya jika nggak mampir ke Danau Segara Anak. Untuk mencapai Danau Segara Anak memang tidak mudah, tapi begitu melihat keindahannya, rasa lelah kamu akan langsung terbayar!

Butuh berjalan kaki selama 9 jam!

Danau Segara Anak menjadi salah satu danau tertinggi di Indonesia, soalnya danau ini memiliki ketinggian sekitar 2.010 mdpl. Untuk menuju Danau Segara Anak tidak mudah. Kamu harus berjalan kaki selama 9 jam dari titik terakhir yang bisa dilewati kendaraan.

Jerih payah kamu akan terbayar begitu melihat birunya air Danau Segara Anak yang menyerupai air laut. Itulah mengapa danau ini disebut Segara Anak yang berarti ‘anak laut’. Selain itu, yang menarik dari Danau Segara Anak adalah adanya sebuah gunung yang berada di tengah danau. Gunung itu bernama Gunung Baru Jari.

Asyiknya lagi, kita juga diizinkan untuk memancing di Danau Segara Anak, lho! Saking asyiknya menghabiskan waktu di Danau Segara Anak, banyak juga pengunjung yang camping di sana.

Bisa berendam di sumber air panas

Di sekitar Danau Segara Anak terdapat beberapa sumber air panas dengan tingkat berbeda-beda. Kamu bisa berendam atau mencelupkan kaki di sana. Menurut kepercayaan, jika kita berendam di sumber air panas tersebut, bisa menjadi obat segala macam penyakit.

Selain sumber mata air, di sekitar Danau Segara Anak juga terdapat pohon tua yang dikeramatkan oleh penduduk setempat. Pohon ini kabarnya bisa menjadi perantara agar keinginan kita dapat terkabul. Jika kamu memiliki keinginan yang belum tercapai, gantungkanlah sebuah batu pada pohon ini lalu ucapkan keinginan kamu.

Jangan lupa untuk menjelah gua-gua di Danau Segara Anak, yaitu Gua Payung, Gua Susu, dan Gua Manik. Gua yang paling terkenal adalah Gua Susu yang berjarak sekitar 1 km dari Danau Segara Anak. Gua tersebut juga mempunyai arti khusus untuk masyarakat Suku Sasak dan umat Hindu di Lombok.

Mitos yang beredar

Katanya, jika kamu melihat Danau Segara Anak sebagai danau yang luas, kamu akan memiliki umur panjang. Sedangkan jika kamu melihat danau ini sebagai danau yang sempit, kamu akan memiliki umur pendek. Ummat Hindu yakin bahwa Danau Segara Anak merupakan tempat dewa-dewa bersemayam, sedangkan ummat Islam di Lombok yakin bahwa danau ini adalah tempat bersemayamnya para wali yang sudah meninggal.

Untuk menuju Danau Segara Anak dan Gunung Rinjani, pastinya kamu harus transit dulu di Kota Lombok. Yuk, pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Lombok lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke lombok pesan tiket pesawat murah ke lombok  cari hotel murah di lombok

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

(Visited 50 times, 1 visits today)

Comments

To Top