Destinasi

Meresapi keindahan alam di Danau Linow Tomohon

danau-linow

Siapa yang menyangka kalo wilayah Indonesia Bagian Timur ternyata menyimpan sejuta pesona alam bagai negeri dongeng. Danau Linow adalah salah satu di antaranya. Di sinilah kamu akan terhibur oleh fenomena alam yang tiada duanya, yaitu sebuah danau yang bisa memancarkan tiga warna berbeda di saat-saat tertentu. Wow .. Kenapa bisa begitu ya?

danau-linow

foto : travel.grivy.com

Warna-warni menakjubkan dari belerang

Menurut masyarakat setempat, Kota Tomohon juga memiliki sebutan sebagai ‘Kota Seribu Bunga’. Sebutan itu kayaknya pantas disandang kota ini, mengingat letaknya yang berada di wilayah pegunungan memungkinkan adanya berbagai pesona alam yang belum terkuak. Danau Linow menjadi buah bibir karena pemandangan di sekitarnya cukup indah, dikelilingi hutan yang masih lebat, hawanya sejuk pula.

Pada saat-saat tertentu warna air Danau Linow akan berubah-ubah, kadang biru, hijau atau coklat kekuningan. Para ahli yang telah meneliti Danau Linow menjelaskan, perubahan warna air Danau Linow disebabkan oleh tingginya kadar belerang di dasar danau. Belerang masuk ke area Danau Linow melalui sebuah sumber air panas yang mengandung belerang di salah satu sisi danau. Sayang pengunjung ngga diijinkan mendekati sumber air panas itu dengan alasan keamanan. Teori lain  menyebutkan perubahan warna air Danau Linow adalah akibat pantulan dari lumut atau tumbuhan air di dalam Danau Linow.

Momen paling mengesankan mengunjungi Danau Linow adalah di pagi dan sore hari, travelers. Di waktu-waktu tersebut sinar matahari ngga terlalu terik dan jumlah pengunjung juga lebih sedikit. Jangan sia-siakan kesempatan ini buat membuat foto selfie keren dengan latar belakang Danau Linow, travelers.

Spot paling keren adalah di sekitar anak tangga yang mengarah ke Danau Linow. Dari sini kamu bahkan bisa memandangi Danau Linow sampai ke dasarnya yang berkedalaman  meter. Tapi jangan harap bisa melihat ikan di dalamnya karena kadar belerang yang tinggi tidak memungkinkan Danau Linow dihuni oleh makhluk air, kecuali komo (sejenis serangga air), burung belibis dan sekumpulan bangau putih.

Kandungan belerang juga menjadi sebab kenapa kamu juga ngga boleh berenang di Danau Linow, karena tubuhmu bisa terluka kalo nekat mencobanya. Tapi ngga perlu galau karena kamu bisa kok berperahu mengelilingi danau pake perahu motor yang disewakan oleh penduduk setempat.

Di sekitar Danau Linow juga udah tersedia beberapa kafe yang menyajikan aneka makanan dan minuman khas Sulawesi. Duduk-duduk aja di sini buat melepas lelah sehabis menjelajahi kawasan hutan Danau Linow. Sambil menyeruput kopimu tataplah Danau Linow dan airnya yang tenang di kejauhan. Segala rasa letih, lesu dan lemas seketika akan menghilang dan akan berganti dengan keceriaan setelah kamu me-recharge dirimu di area danau seluas 3 hektar ini.

Lokasi Danau Linow Tomohon

Mengunjungi Danau Linow cukup mudah soalnya danau cantik ini letaknya nggak terlalu jauh dari Kota Manado. Dari kota asalmu kamu naik pesawat jurusan Manado dan nanti kamu akan mendarat di Bandar Udara Sam Ratulangi Manado. Jarak Danau Linow-Kota Manado adalah sekitar 44 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam. Cara paling praktis menuju Danau Linow adalah dengan menyewa mobil yang bertarif sekitar Rp 250 ribu per hari. Tapi kalo mau naik angkutan umum juga bisa, travelers.

Dari Bandara Sam Ratulangi kamu naik angkot jurusan Paal 2 menuju Terminal Karombasan Tomohon. Sampai sini kamu cari mini bus jurusan Tomohon dan mini bus ini akan membawamu menuju Terminal Tomohon. Sampai Terminal Tomohon kamu ganti naik angkot lagi yang menuju ke Danau Linow. Hmm .. sedikit ribet ya, travelers. Ya nggak apa-apa sih, kan tujuanmu ke Danau Linow buat berpetualang. Lagipula pemandangan sekitar menuju Danau Linow indah banget, penuh dengan hamparan hutan yang naik turun di punggung perbukitan dan kamu pun nggak akan bosan di perjalanan.

Pengen jalan ke Danau Linow sekarang juga? Hubungi Pegipegi dulu buat memesan tiket pesawat ke Manado atau buat booking hotel nyaman dan terjangkau di sekitar Manado atau Tomohon.

(Visited 573 times, 1 visits today)

Comments

To Top