Destinasi

Misteri tersembunyi di Danau Laut Tawar Takengon

danau-laut-tawar-takengon

Danau Laut Tawar, itulah nama yang diberikan suku asli Gayo buat danau seluas 5472 hektar ini. Danau Laut Tawar ibarat hamparan permadani berwarna biru kalo kamu lewat di atasnya dengna naik heli atau pesawat, mirip seperti sisa-sisa air laut yang terjebak di daratan saat terjadi badai besar ribuan tahun silam.

danau-laut-tawar-takengon

foto : galeriwisata.wordpress.com

Belom jelas kenapa danau yang berada di Kota Takengon, Aceh Tengah, Propinsi Aceh ini dinamakan Danau Laut Tawar. Mungkin karena luas banget kayak laut tapi airnya nggak asin alias tawar. Trus di sini juga ngga ada ombak atau pasang surut seperti di laut. Tapi beberapa waktu lalu kabarnya sebuah tornado kecil sempat melintas di Danau Laut Tawar dan bikin geger warga sekitar. Fenomena tornado ini sempat juga terekam kamera loh n videonya bisa kamu liat di YouTube.

Danau Laut Tawar rumah satwa langka

Kalo cuaca lagi bagus n kabut yang menyelimuti Danau Laut Tawar dah pergi, kamu bisa melihat betapa mempesonanya danau berair kebiruan ini, travelers. Sambil menikmati gemericik suara air yang mendamaikan, layangkan pandanganmu di sekitar Danau Laut Tawar buat mengamati barisan pegunungan yang mengelilinginya. Pegunungan yang berdiri kokoh itu ditumbuhi hutan yang cukup terpelihara dan belum dijamah oleh tangan manusia. Konon sejumlah satwa langka seperti trenggiling, landak, siamang, kijang, kucing hutan dan harimau masih tinggal di sana.

Selain duduk-duduk santai di tepi Danau Laut Tawar sambil menikmati secangkir Kopi Gayo yang legendaris, kamu bisa pake waktumu buat mengelilingi Danau Laut Tawar dengan naik perahu motor, bersepeda (ada rental sepeda di sekitar danau) atau memancing. Siapa tau kamu bisa dapet ikan depik, satwa air endemik yang menghuni Danau Laut Tawar. Ikan depik mirip kayak ikan teri, tubuhnya mungil n berwarna-warni. Kalo digoreng kering terasa renyah dan gurih, pasti bikin kamu ketagihan, travelers.

Di bulan Agustus kayak gini ikan depik akan muncul dari persembunyiannya di perairan Danau Laut Tawar yang menjorok ke Gunung Kelieten. Makanya ayo buruan datang ke Danau Laut Tawar sekarang sebelum mereka balik ke sarangnya di akhir tahun nanti.

Misteri di Danau Laut Tawar Takengon

Siapa sangka Danau Laut Tawar yang cantik dan berair tenang ini menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan sampai sekarang? Salah satunya adalah Legenda Putri Ijo, makhluk halus penunggu Danau Laut Tawar yang katanya sih berwujud mirip putri duyung, travelers. Sekitar tahun 2001 warga Takengon pernah dibikin heboh gegara sebuah foto sekelompok orang yang diambil dengan latar belakang Danau Laut Tawar dan sosok mirip naga nongol dari dalam air di belakang mereka.

Legenda lain yang nggak kalah bikin merinding adalah tentang Lembide, penunggu Danau Laut Tawar lain yang konon doyan menghisap darah manusia. Legenda Lembide udah dikenal warga sekitar Danau Laut Tawar sejak lama dan disebarkan dari generasi ke generasi. Warga sekitar percaya, Lembide suka banget menghisap darah manusia yang lagi berenang di Danau Laut Tawar sampai mereka tenggelam dan tewas. Seperti Pantai Parangtritis Yogyakarta, hampir setiap tahun ada saja korban tenggelam di Danau Laut Tawar dan mereka ditemukan dalam kondisi kehabisan darah serta ada luka mirip gigitan binatang bertaring (kamu pernah nonton film-film vampire kan?) di antara kedua kaki mereka.

Satu lagi yang nggak kalah heboh adalah penemuan bom aktif di kedalaman 18 meter Danau Laut Tawar beberapa tahun silam dan diduga kuat adalah peninggalan para penjajah Belanda. Upaya pengangkatan bom ini masih belum berhasil sampai sekarang dan banyak pihak yang mengkait-kaitkannya dengan keberadaan makhluk halus penghuni Danau Laut Tawar yang ingin bom itu tetap berada di dasar Danau Laut Tawar. Benar dan enggaknya, walahualam.

Hikmah di balik ketiga cerita mistis itu tadi adalah, jangan coba-coba berenang terlalu jauh dari tepi Danau Laut Tawar kalo kamu ngga bisa berenang, travelers. Air Danau Laut Tawar yang jernih kebiruan memang menggoda siapapun buat menceburkan diri ke dalamnya. Tapi asal kamu tau aja ya, Danau Laut Tawar memiliki kedalaman yang berbeda-beda dan suhu air yang berbeda-beda pula berdasarkan kedalamannya.

Makhluk halus haus darah penghuni Danau Laut Tawar bisa jadi hanya karangan orang-orang jaman dulu supaya anak-anak nggak bermain terlalu jauh dari tepi danau. Trus gimana dengan para korban tewas? Setelah diusut ternyata para korban yang tewas karena tenggelam di Danau Laut Tawar adalah para wisatawan yang datang dari luar Takengon dan bisa aja mereka tenggelam karena ngga mengetahui tentang karakter Danau Laut Tawar, travelers. Lalu bekas luka gigitan  hewan bertaring di tubuh para korban? Yah mungkin aja itu bekas digigit nyamuk.

Cara mengunjungi Danau Laut Tawar Takengon

Kalo kamu datang dari luar Aceh kamu musti naik pesawat dulu dari kota asalmu ke Bandara Iskandar Muda Banda Aceh, travelers. Trus dari sini kamu bisa naik bus umum atau menyewa mobil buat ke Takengon dengan jarak tempuh sekitar 8 sampai 9 jam. Kamu bisa juga pergi ke Danau Laut Tawar lewat Kota Medan dan jarak tempuhnya juga lebih singkat, yaitu sekitar 3-4 jam aja.
Yuk hubungi Pegipegi sekarang buat pesan tiket pesawat pulang pergi dari kotamu ke Banda Aceh dan booking hotel nyaman terjangkau di Takengon, travelers.

(Visited 24,851 times, 1 visits today)

Comments

To Top