Kuliner

Daftar Makanan Yang Sedang Ngetren Saat Ini

Makanan adalah salah satu kebutuhan manusia yang paling utama. Tapi manusia juga mudah banget merasa bosan, sehingga mereka menciptakan aneka ragam resep agar makanan terasa lebih nikmat di lidah. Kalo kamu lagi bosan dengan makanan yang begitu-begitu aja, mungkin daftar makanan berikut bisa membuat selera makanmu bangkit kembali.

1. Masakan Timur Tengah

falafel

Gelombang krisis sosial yang melanda negara-negara Timur Tengah seperti Mesir dan Syria mengakibatkan warga pribumi mengungsi dan membawa serta kebudayaan khas mereka, termasuk makanan. Makanan khas Timur Tengah seperti kofta (semacam baso sapi yang dibumbui bawang), tabouleh (salad Arab) dan falafeh cukup disukai di berbagai negara di luar Timur Tengah. Kebab juga populer di sini dan mudah ditemui di warung kaki lima.

2. Masakan Asia
Bersamaan populernya kultur K-Pop, masakan Korea juga mulai diminati oleh masyarakat internasional, termasuk Indonesia. Ramen, bulgogi dan sup rumput laut adalah sebagian contoh masakan Korea yang cukup digemari disini. Sedangkan ramen burger hasil karya Keizo Shimamoto sudah punya banyak penggemar di benua Eropa dan Amerika. Trus gimana dengan masakan Indonesia? Kamu boleh berbangga hati, travelers, karena rendang Minangkabau dan nasi goreng telah dinobatkan menjadi makanan terlezat di dunia menurut survei yang dilakukan oleh CNN Travel awal tahun ini.

3. Snack serangga

snack serangga

Iiih .. Nggak tega makannya, pasti itu yang kamu pikirkan. Kenyataannya, berbagai jenis serangga seperti ulat, jangkrik, belalang dan cacing sutra kaya dengan zat besi, protein dan vitamin. Serangga juga dianggap sebagai bahan pangan alternatif selain beras dan gandum yang jumlahnya makin menipis tak sebanding dengan populasi manusia Bumi. Mengkonsumsi serangga juga akan membantu pak petani yang sering dibikin repot oleh serangan hama serangga di sawah atau ladang mereka. Jauh sebelum serangga menjadi snack favorit di kota besar, para pendaki gunung yang kehabisan bekal di tengah perjalanan atau tersesat di hutan memakan belalang agar mereka bisa bertahan hidup.

4. Sayuran berwarna hijau
Banyak orang mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi sayuran dengan daun yang berwarna hijau. Sayuran hijau disarankan para ahli sebagai makanan sehari-hari, karena dapat membantu memperbaiki sel-sel tubuh dan bikin awet muda juga, travelers. Sayuran hijau juga makin populer berkat meningkatnya jumlah vegetarian di seluruh dunia.

5. Goldenberry

goldenberry

Goldenberry mulai digemari masyarakat karena kaya vitamin, serat, seng dan kalium yang berfungsi memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Goldenberry merupakan tanaman tropis yang berasal dari Kolombia dan Peru yang rasanya agak pahit. Buah berry yang satu keluarga dengan blueberry ini biasanya disajikan sebagai campuran salad, smoothie atau jus atau bisa juga langsung dimakan.

6. Daun kelor
Daun kelor yang juga dikenal dengan nama moringa bisa ditemukan di berbagai penjuru dunia, antara lain di benua Afrika, Amerika Latin dan Asia. WHO telah menobatkan daun kelor sebagai pohon ajaib berkat kandungan vitamin C, kalsium, protein dan susu yang lebih banyak dibandingkan sumber makanan lain seperti buah jeruk, susu, wortel dan pisang. Beberapa kelompok etnis asli menggunakan daun kelor selama berabad-abad untuk mengobati lebih dari 300 jenis penyakit. Kabarnya para pemain sepak bola asal Brasil, Argentina, Paraguay dan negara-negara Amerika Selatan lainnya rajin menyantap daun kelor agar tahan mengejar bola selama 90 menit di bawah terik matahari.

7. Smoothie

smoothie

Belakangan smoothie lebih populer daripada jus karena beberapa alasan. Meski menyehatkan, jus mengandung kadar gula lebih tinggi sehingga tidak baik dikonsumsi orang yang menderita diabetes. Tidak seperti yang anggapan kita selama ini, jus ternyata mengandung lebih sedikit serat daripada smoothie. Selain itu, smoothie lebih aman karena tidak meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh manusia.

8. Biji-bijian
Biji-bijian seperti rami, biji labu, chia dan biji bunga matahari digemari karena tidak memicu alergi dan mudah dicerna. Kamu juga tidak akan mudah lapar jika menambahkan biji-bijian ini dalam yoghurt, smoothie maupun sup. Biji-bijian juga rendah kolesterol sehingga aman dikonsumsi mereka yang menderita penyakit jantung.

9. Cragel

cragel
Cragel adalah semacam kue yang merupakan fusi dari dua jenis kue populer, croissant dan dan bagel. Cragel lebih padat daripada croissant tradisional dan lebih ringan daripada bagel. Rasanya manis dan lembut di lidah, pasti bikin kamu ketagihan! Beda dengan cronuts yang disajikan dengan aneka topping, cragel isi daging, keju atau telur banyak dipesan sebagai menu sarapan yang praktis dan ekonomis. Kalo ingin mencoba sensasi rasa yang berbeda, kamu bisa oleskan selai blueberry atau nutella di atasnya. Kue jenis ini diperkirakan akan segera ngetren setelah orang mulai bosan makan cronuts.

Paling enak sih mencicipi makanan ini langsung di negara aslinya ya. Pegipegi punya rekomendasi hotel internasional yang keren buat kamu!

(Visited 20,068 times, 21 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top