Kuliner

Daftar Kuliner Yang Wajib Dicoba Di Penang, Malaysia

Travalers, kalau kamu lagi ada di Penang, Malaysia, dan hobi banget dengan kuliner, jangan lewatkan menu-menu yang ada di sini. For your information saja ya travelers, Penang ini dikenal dengan kekayaan budaya, tradisi, dan tentu saja makanannya. Bisa dibilang kalau Penang adalah surganya kuliner di Negeri Jiran. Nah biar tidak penasaran, Pegipegi punya beberapa rekomendasi kuliner yang wajib kamu coba disana. Simak ya!

Asam Laksa Penang

Foto 1 Makanan Yang Wajib Dicoba di Penang, Malaysia

Menu yang satu ini sangat terkenal di Penang. Tidak heran kalau banyak orang yang merekomendasikan hidangan ini. Terlihat seperti sup mie dengan rasa asam pedas. Ini merupakan hidangan tradisional masyarakat Malaysia dan biasanya berkuah kental. Namun di Penang, versi kuahnya lebih ringan. Di sini kamu bisa menemukan ikan makarel yang dimasak dengan bihun, sayuran, mentimun, selada, nanas, serai, cabai dan terasi. Tidak heran kalau rasanya cukup segar. Cocok juga buat kamu yang gemar makan makanan pedas.

Mie Goreng Penang

Foto 2 Makanan Yang Wajib Dicoba di Penang, Malaysia

Di Indonesia pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan mie goreng ya travelers. Tapi nggak ada salahnya kok mencobanya di Penang. Menu ini dibuat dari mie kuning yang cukup tipis lalu digoreng dengan bawang merah, bawang putih, daun bawang, ayam, udang, telur, cabai, dan kobis. Rasanya cukup unik. Versi Penang tidak terlalu kering seperti di Indonesia, jadi seperti sangat kental namun tidak berkuah. Kamu bisa memilih yang pedas ataupun yang biasa saja.

Char Kway Teow

Foto 3 Makanan Yang Wajib Dicoba di Penang, Malaysia

Menu Char Kway Teow juga salah satu variasi dari mie. Tapi yang ini biasanya disajikan dengan udang sehingga lebih tepat disebut dengan mie seafood. Mie yang dipakai untuk Char Kway Teow dipilih yang tipis. Biarpun tiap restoran punya versinya sendiri, namun umumnya terdiri dari udang, kerang, taoge, daun bawang, mie tipis, telur, daging bebek, daging ayam, kecap, cabai, dan terasi. Memang cukup berlemak karena sebagian besar memakai lemak babi. Nah buat kamu yang muslim, mesti pilih-pilih tempat ya. Cari saja restoran yang menyediakan menu CharKway Teow halal.

Wanton Mie Penang

wanton mi

Wanton Mie juga menjadi salah satu menu mie terkenal di Penang. Dalam bahasa Cina, wanton berarti dumpling atau sejenis pangsit. Menu ini biasanya dihidangkan dengan kuah panas dan diberi pelengkap sayuran, udang, ayam, acar, daun bawang, dan jamur. Rasanya makin mantap karena dibuat dengan saus tiram. Wanton Mie versi Penang disajikan dengan saus berwarna hitam dengan mie lezat lalu diberi topping daging dan saus.

Nasi Lemak Penang

Foto 5 Makanan Yang Wajib Dicoba di Penang, Malaysia

Menu nasi yang paling terkenal di Penang tentu saja Nasi Lemak. Menu ini bisa dinikmati untuk sarapan pagi, makan siang, dan bahkan makan malam. Di Indonesia mungkin terlihat seperti nasi uduk. Aromanya sangat unik karena dimasak dengan santan lalu disajikan begitu apik di atas piring atau daun pisang untuk menambahkan aroma agar lebih mantap. Nasi Lemak juga cocok buat yang suka makanan pedas karena hampir sebagian besar menu ini ditemani sambal, ikan teri, kacang goreng, telur, serta potongan mentimun.

Cendol Penang

Foto 6 Makanan Yang Wajib Dicoba di Penang, Malaysia

Dan satu lagi yang tidak boleh kamu lewatkan adalah cendol khas Penang. Cocok sekali buat minuman penutup saat kamu berburu kuliner di kota ini. Cendol bisa disajikan dalam gelas atau mangkok. Isiannya juga mirip dengan yang ada di Indonesia, seperti santan, jelly noodle yang di Indonesia mirip dengan dawet karena dibuat dari tepung beras dan berwarna hijau karena dibuat dari sari pandan, serutan es, dan gula kelapa. Biasanya juga diberi tambahan kacang merah, cincau, dan krim. Rasanya segar dan nikmat.

 

Hmm….jadi makin tergoda ya buat jalan-jalan ke Penang? Gak ada salahnya nih mulai cari-cari hotel di Malaysia…..

(Visited 4,749 times, 4 visits today)

Comments

1 Comment

Comments

To Top