Destinasi

Cuma Jalan Kaki, Ini 4 Wisata Dekat Malioboro, Yogyakarta

Kawasan Malioboro adalah wisata wajib bagi para turis yang berlibur di Yogyakarta. Nggak cuma dekat dengan Keraton Yogyakarta, Malioboro hadir sebagai sentra keramaian kota Gudeg ini.

Tapi, datang ke Jogja jangan cuma main di Malioboro saja, dong. Di sekitar alun-alun tersebut, masih ada banyak spot-spot wisata yang mungkin kamu belum tahu keberadaannya atau belum pernah berkunjung ke sana.

Mulai dari pusat ilmu pengetahuan, sampai kawasan peninggalan Kerajaan Mataram bisa disinggahi. Saking dekatnya dari Malioboro, kamu hanya perlu berjalan kaki buat menjelajah lokasi wisata ini. Jadi, kamu nggak perlu naik kendaraan buat main di sekitar Yogyakarta.

Penasaran nggak sih wisatanya apa saja? Pegipegi punya rekomendasi empat wisata dekat Malioboro yang wajib kamu kunjungi saat berlibur di Yogyakarta. Mari, disimak ya!

Jogja Library Center (JLC)

Bagi kamu yang haus akan ilmu pengetahuan Jogja Library Center jadi spot yang cocok. Perpustakaan yang satu ini memang cukup unik untuk disinggahi kala menjelajahi Jogja.

Selain memang lokasinya berada di ujung utara Malioboro, perpustakaan ini mengoleksi beragam informasi tentang Jogja dan koleksi lama hingga terbaru.

Beberapa layanan nih yang bisa dinikmati mulai dari layanan atau koleksi Jogjasiana (all about jogja), Pustaka Nusantara, Center of Excellence, Kyoto Corner, majalah dan surat kabar lama hingga. Jadi kalau mampir ke sini cuma mau baca Koran Kompas tahun 90-an bakalan bisa banget!

Benteng Vredeburg

Bangunan peninggalan Belanda yang memiliki makna Benteng Perdamaian ini merupakan tempat yang cukup rugi jika nggak dikunjungi kala main ke Jogja. Pasalnya, letaknya memang diapit oleh Malioboro dan titik 0 Kilometer Kota Gudeg.

Paling penting memang kita akan banyak belajar mengenai sejarah bangsa pra Kemerdekaan hingga orde baru lewat empat diorama yang ada. Tenang, tiap diorama akan terpampang rapi replika, patung, koleksi benda, foto-foto, dan lukisan bersejarah untuk memanjakan mata.

Bahkan, supaya makin betah, terdapat pula layar digital yang dapat difungsikan untuk melihat tayangan video, katalog benda, hingga game edukasi. Jika jenuh berlama-lama di ruangan, di bagian luar museum ini juga terdapat taman yang cukup luas untuk sejenak santai dan berfoto ria.

Taman Sari

Kawasan ini adalah bukti peninggalan Raja Mataram di Yogyakarta. Terletak di luar komplek Alun-Alun Malioboro, Taman Sari dikenal dengan pola bangunan artistik Jawa yaitu sering disebut dengan Istana Air.

Jika kita masuk mengelilingi tempat ini akan dijumpai bangunan unik seperti Gedhong Gapura Hageng (gerbang besar), Umbul Pasiraman (pemandian sultan, istri, dan puteri sultan), Gedhong Gapura Panggung (kolam berdinding besar), dan yang paling epik buat foto-foto yaitu Sumur Gemuling (masjid bawah tanah).

Sinar matahari yang menembus celah-celah bangunan Taman Sari membuat lokasi ini terasa teduh ketika berada di dalam, apalagi sambil menelusuri lorong-lorong yang ada.

Pasar Klithikan Jogja

Jika kamu ada niat memborong barang-barang murah dengan kualitas baik, Pasar Klithikan Jogja jawabannya. Sangat mudah diakses dari kawasan Malioboro, Pasar Klithikan terkenal dengan barang bekas lengkap mulai dari elektronik hingga perabotan rumah tangga, bahkan aksesoris otomotif khususnya sepeda dan motor.

Namun pada perkembangannya, pasar ini nggak cuma menyediakan barang bekas, tapi barang-barang baru juga melimpah dan dengan harga mirih alias murah! Kira-kira tercatat sekitar ratusan kios berjubel di pasar ini.

Mulai dari yang antik seperti akik, sandang distro, kerajinan kulit, hingga elektronik dan otomotif. Bahkan, ingin service dan jual barang-barang kesayangan yang udah nggak terpakai pun bisa banget di sini.

Nah, travelers, kamu jadi ingin liburan di Yogyakarta? Kalau iya, langsung aja rencanakan perjalanan kamu dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta pesan tiket kereta api murah ke yogyakarta  cari hotel murah di yogyakarta

Foto oleh: Rasyid Sidik.

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 259 times, 4 visits today)

Comments

To Top