Destinasi

Ciwidey, primadona wisata Bandung

Kawah putih Ciwidey

Berwisata ke Bandung tanpa berkunjung ke Ciwidey? Rasanya pasti ada yang kurang! Di sinilah tempat di mana semua sayur mayur di meja makan warga Bandung berasal, sekaligus tujuan wisata utama buat warga Bandung dan sekitarnya.

Kawah putih Ciwidey

Foto Kawah Putih Ciwidey: letsgowithme.com

Konon, nama Ciwidey berasal dari bahasa Portugis, yaitu kata ‘Ciwi’ yang artinya buah kiwi dan ‘dey’ alias hari. Kurang jelas mengapa orang Portugis menamakan tempat ini dengan sebutan itu, padahal buah kiwi ‘kan nggak tumbuh di Indonesia. Tapi satu hal yang pasti adalah kecantikan alam Ciwidey mampu menghipnotis siapapun yang menjejakkan kakinya di sana dan pasti pada pengen balik lagi ke tempat ini.

Apa yang seru di Ciwidey?

Ada beberapa spot wisata terbaik di kecamatan yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Cianjur ini. Di antaranya adalah

  1. Perkebunan Rancabali
    Pernah nggak nonton sinetron yang bersetting tempat sebuah perkebunan teh yang luas dan indah dan kamu pengen sekali bisa jalan-jalan ke sana? Datanglah ke Perkebunan Teh Rancabali Ciwidey dan buatlah sinetron versi kamu sendiri di sini, travelers.Ada baiknya kamu juga mempelajari sesuatu di tempat yang terletak 47 kilometer dari selatan Kota Bandung, yaitu dengan melihat proses pembukaan lahan, pembibitan, pemeliharaan, pemetikan .. all about teh, travelers. Jangan ragu untuk menyewa seorang pemandu agar perjalananmu pun lebih terarah dan bebas dari kendala nyasar
  2. Danau Situ Patenggang
    Situ Patenggang dikenal luas oleh masyarakat berkat sebuah kisah legendaris seorang prabu dan putri titisan dewi yang bertemu dan memadu kasih di danau berair tenang dan jernih. Dan memang benar, travelers, danau yang masih termasuk dalam wilayah Perkebunan Teh Rancabali ini pas banget sebagai tempat buat sayang-sayangan sambil naik perahu keliling danau bersama si doi. Jangan lupa bawa jaket karena kabut bisa turun sewaktu-waktu, dan dijamin hawanya super dingin karena danau ini ada di ketinggian 1200 meter dari permukaan laut (mdpl). Siapkan dana sebesar 15 ribu per kepala untuk membeli tiket masuk dan 250 ribu untuk menyewa perahu seharian. Kalo malas berperahu kamu bisa duduk-duduk di gazebo yang udah tersedia di sepanjang tepi danau sambil menikmati makan siang bersama keluarga.
  3. Pemandian Air Panas Ciwalini
    Jalan-jalan keliling kebun teh udah, berperahu keliling danau juga udah. Kok badan terasa pegal-pegal dan gerah ya? Inilah tanda kalo kamu harus segera mandi, travelers. Nggak perlu takut kedinginan karena di Pemandian Air Panas Ciwalini ini kamu bisa mandi berendam air hangat sepuasnya sampai semua kepenatan yang kamu rasakan segera hilang dan kamu siap untuk petualangan selanjutnya.Kamu juga nggak perlu bingung mencari lokasi pemandian air panas alami ini, karena jaraknya hanya sekitar 4 kilometer dari Situ Patengan. Tersedia juga kolam air panas untuk anak-anak yang nggak terlalu dalam, airnya juga nggak terlalu panas dan dilengkapi aneka permainan yang pasti disuka adik kecil atau keponakanmu. Biarkan mereka bermain air, dan kamu bisa tenang berendam dalam air panas sambil menikmati indahnya pemandangan pegunungan beserta hamparan kebun teh di kejauhan.
  4. Bumi Perkemahan Ranca Upas
    Pengen nyoba sesuatu yang beda buat menghabiskan akhir pekan? Gimana kalo kemping, travelers? Maksud Pegipegi bukan kemping ‘serius’ seperti yang dilakukan para pecinta alam. Tapi aktivitas ‘pindah tidur’ di dalam tenda bersama saudara dan keluarga. Nah, untuk aktivitas kemping semacam ini, Bumi Perkemahan Ranca Upas adalah lokasi yang tepat buat kamu dan keluargamu.Camp site yang berjarak 50 km dari Kota Bandung dan nggak jauh dari Kawah Putih Ciwidey yang fenomenal, udah dilengkapi dengan aneka warung yang menjajakan makanan, toilet dan fasilitas air bersih. Kamu juga nggak perlu bingung nyari pinjaman peralatan kemping, karena kamu bisa menyewanya di sini meski harganya sedikit mahal (maklumlah, namanya juga tempat wisata).
  5. Kawah Putih Ciwidey
    Salah satu ikon wisata Bandung yang paling populer nih, travelers. Ke kawasan Ciwidey tak akan lengkap tanpa ke Kawah yang bernuansa magis ini. Kawah putih yang berada di ketinggian lebih dari +2090 meter di atas permukaan laut ini sebenarnya adalah danau yang terbentuk dari letusan gunung. Uniknya, tanah di sekitar kawah ini berwarna putih, dengan air yang putih kehijauan yang sangat menarik!

Penasaran ‘kan? Makanya, yuk sekarang juga siapin tiket pesawat ke Bandung dan booking hotel di pegipegi.com!

(Visited 499 times, 1 visits today)

Comments

To Top