Destinasi

Cari tempat ngadem yang asyik? Ya di Hutan Mangrove PIK!

hutan mangrove PIK

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK) menjadi kawasan adem yang kini sedang ramai diperbincangkan. Kamu pasti nggak menyangka ya travelers kalau ternyata Jakarta punya hutan. Tapi bukan sembarangan hutan karena hutan yang satu ini begitu nyaman dikunjungi, asri dan menawarkan suasana alami karena ada banyak pohon bakau. Jadi kamu nggak perlu pergi jauh-jauh ‘mengungsi’ ke pulau lain untuk bisa menenangkan diri. Pegipegi juga punya informasi lengkap tentang Hutan Mangrove PIK buat travelers semua.

Hutan mangrove PIK

foto: www.tripadvisor.co.nz

Lokasi Hutan Mangrove PIK

Lokasi Hutan Mangrove PIK terletak di Jalan Pantai Indah Utara I Penjaringan Jakarta Utara dan bisa dijangkau dari berbagai arah. Kamu juga bisa naik kendaraan pribadi dan alat transportasi umum. Kalau kebetulan naik mobil sendiri, kamu bisa ikuti rute : Dari tol Soekarno-Hatta – keluar tol menuju Pantai Indah Kapuk – jalan terus hingga perempatan Grand Cengkareng – belok kanan – perempatan – belok kanan – lokasi ekowisata Jalan Pantai Indah Utara I Penjaringan di kanan jalan (20 meter).

Kalau kebetulan naik alat transportasi umum, kamu bisa ambil rute : Busway koridor 9 – shelter Pluit – naik ojek/bajaj – Ekowisata Mangrove Tol Sedyatmo PIK. Kamu juga bisa memilih alternatif lain : Busway koridor 9 – shelter Grogol – angkot merah B01 – perempatan Muara Karang – naik angkot berwarna merah U11 – Ekowisata Mangrove Tol Sedyatmo.

Angkutan umum lain yang bisa dicoba bisa mengikuti rute : halte busway Tranjakarta Grogol Petamburan – turun di halte Semanggi – ganti bus transjakarta Blok M-kota – turun di halte Monas – tunggu BKTB ke PIK – turun di depan Yayasan Budha Tzu Chi – jalan ke arah belakang – lokasi Hutan Mangrove PIK. Sedangkan tiket masuk ke Hutan Mangrove PIK adalah Rp25.000*.

 

Waktunya menikmati Hutan Mangrove PIK

Hutan Mangrove PIK atau dikenal juga dengan Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk memang jadi pilihan tepat buat kamu yang ingin menikmati angin sepoi-sepoi di tengah hutan mangrove dengan suasana begitu rapi dan modern. Kawasan ini punya luas sekitar 99 hektar dimana 40 persen lahan yang ada dimanfaatkan untuk hutan mangrove. Tempatnya memang agak mojok, yaitu pada bagian ujung perumahan Pantai Indah Kapuk.

Akses yang terbuat dari kayu gelondongan serta pegangan sederhana menjadi jalan utama yang akan mengantarkanmu ke berbagai spot di Hutan Mangrove PIK. So kamu jangan sampai salah pakai alas kaki ya travelers. Buang jauh-jauh sepatu high-heel karena kamu bisa keseleo, terpeleset, atau bahkan tergelincir diantara batang kayu.

Pasti kamu nggak mau mengalami kejadian memalukan seperti itu. Buat tips, mendingan kamu memakai sandal atau flat shoes karena lebih nyaman dikenakan saat mengunjungi Hutan Mangrove PIK. Dan di situlah uniknya destinasi wisata hutan mangrove karena beda dengan destinasi wisata lain mengingat mayoritas sudah pakai conblok atau bahkan aspal.

Tidak hanya dijadikan sebagai tempat menahan abrasi dari ganasnya ombak laut, Hutan Mangrove PIK juga memiliki fungsi rekreasi bagi warga Jakarta untuk mendapat udara segar dan mengurai penat setelah bekerja. Dan karena suasananya begitu asri, nggak heran kalau waktu berkunjung ke Hutan Mangrove PIK kamu bakalan bertemu pasangan yang sedang melakukan sesi foto pre-wedding. Suasananya memang mendukung banget.

Serunya lagi, ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di Hutan Mangrove PIK. Nah kalau kebetulan kamu hobi fotografi dengan nuansa alam, sebenarnya tempat ini sempurna banget. Tapi, kamu tidak akan leluasa karena di Hutan Mangrove PIK ada larangan yang harus dipatuhi oleh semua pengunjung yang datang. Jadi jangan shock ya kalau disuruh membayar denda Rp1juta gara-gara membawa kamera DSLR atau kamera digital. Memang agak ‘kejam’ sih.

Namun itu adalah denda yang harus dibayar kalau kamu nekat dan ketahuan oleh pengawas di Hutan Mangrove PIK. Di bagian depan, tepatnya di sekitar pintu masuk memang sudah diberi tanda larangan membawa kamera. Oleh karena itu kamu harus mematuhinya. Tapi jangan kehabisan akal karena kamu masih bisa pakai handphone dan tongsis. Gampang dan praktis ‘kan? Kamu pun bisa mendapatkan foto-foto cantik di Hutan Mangrove PIK.

Selain fotografi, apalagi yang masih bisa dilakukan di Hutan Mangrove PIK? Namanya juga hutan mangrove dengan beberapa spot berupa perairan, di tempat ini kamu bisa naik perahu untuk mengarungi perairan di sekitar Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk. Tapi untuk menikmati itu semua kamu merogoh kocek Rp250.000* untuk 6 orang dan untuk 8 orang harus lebih mahal, yaitu Rp350.000*. Angin sepoi-sepoi yang berasal dari laut pun akan menemanimu. Ditambah lagi adanya hutan mangrove dengan gradasi warna hijau di sana-sini.

Kalau pengin dapat pengalaman seru lain, kamu bisa ikut ‘short course’ tentang bagaimana cara menanam mangrove. Kalau tertarik, kamu perlu membayar Rp150.000* per orang dan Rp500.000* bila ingin diberi papan nama. Selain itu kamu juga bisa main kano atau sepeda air dengan biaya Rp100.000* untuk 45 menit di area Hutan Mangrove PIK. Harus diingat juga untuk selalu memakai tabir surya kalau kamu mau main-main air biar kulit nggak gosong ya travelers.

Acara mengamati burung di Hutan Mangrove PIK juga cukup populer. Kamu bisa naik sebuah menara untuk menyaksikan burung-burung berwarna putih yang beterbangan dan terkadang singgah di sekitar hutan mangrove. Oh ya karena berupa hutan bakau, jangan kaget ya kalau ketemu sama biawak. Kamu harusnya bersyukur karena binatang tersebut tidak muncul setiap saat. Eksosistem di Hutan Mangrove PIK memang cocok untuk hewan tersebut.

Travelers yang pengin menginap juga disediakan pondok-pondok sederhana, villa dan camp ground dengan tarif yang cukup beragam. Kamu juga bisa kemping di sini kok. Fasilitas dan akomodasi yang disediakan pengelola sudah cukup memadai. Di malam hari kamu bisa menghabiskan waktu di tengah-tengah Hutan Mangrove PIK. Jadi kalau kamu lagi pengin curhat atau kangen-kangenan bareng sohib, kamu bisa menginap di sini.

Nah, kamu yang berada di luar Jakarta tapi tertarik mengunjungi hutan mangrove ini, dapat menghubungi pegipegi untuk pembelian tiket pesawat ataupun pemesanan hotelnya.

 

Keterangan * : Harga berlaku saat artikel ini ditulis.

(Visited 84,469 times, 20 visits today)

Comments

To Top