Tips

Cara Mudah Menabung untuk Traveling

how-to-budget-for-a-yearly-vacation-6MUIRFVU-m

Tahun baru, rencana traveling pastinya juga baru dong! Mumpung masih awal tahun, ada baiknya mulai membuat Tabungan Liburan untuk rencana jalan-jalan kamu tahun ini, travelers.

Besarnya biaya traveling memang bergantung pada gaya traveling masing-masing, mau hemat atau mahal. Yang jelas, langkah terpenting untuk memulai traveling adalah menyiapkan dananya alias menabung.

Nah, berikut beberapa tips mudah mengumpulkan uang untuk traveling yang sudah dirangkum Pegipegi:

1. Buat Target

Planning-a-Vacation-300x300c

Target berperan penting karena akan menjadi motivasi kamu dalam menabung. Tentukan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menabung dan juga besar biaya yang kira-kira kamu butuhkan. Dari sana, kamu dapat menentukan jumlah yang harus kamu sisihkan setiap bulan.

2. Rekening khusus dana traveling

Tempatkan dana yang kamu tabung di sebuah rekening khusus untuk traveling. Dengan cara ini, kamu tidak akan kebingungan karena dana untuk kebutuhan lain bercampur-aduk. Mungkin kamu bisa pilih bank yang tidak mudah kamu temui di aktivitasmu sehari-hari. Tujuannya adalah agar kamu tidak gampang tergoda untuk menggunakan dana yang disimpan di bank tersebut. Tentu saja, kamu bisa mencari tahu tentang bank tersebut terlebih dahulu sehingga kamu merasa aman menabung disana.

3. Ikut arisan

Buatlah komunitas dengan keluarga atau teman-teman terdekatmu dalam bentuk arisan. Konsepnya tentu mirip dengan menabung tetapi kamu akan lebih semangat karena akan menjadi ajang berkumpul bersama. Selain itu, kamu akan merasa wajib untuk menyetor dana arisan karena itu adalah peraturannya.

4. Kumpulkan uang recehan

images

Uang logam sering kita temui sehari-hari. Kembalian saat pergi belanja, membayar ongkos, atau membayar parkir. Terlihat tidak ada artinya karena nilainya memang kecil. Tapi, coba deh menyiapkan sebuah celengan khusus untuk uang-uang logam tersebut. Tentunya celengan yang tidak gampang dibuka tutup sehingga baru bisa kamu buka ketika isinya sudah penuh. Kamu harus konsisten dan tidak malas memasukkan uang recehan yang kamu punya ke dalam celengan. Percayalah, peribahasa “sedikit demi sedikit akan menjadi bukit” akan terbukti benar saat kamu membuka celengan yang sudah terisi penuh.

Keempat tips diatas tentunya hanya akan berhasil jika kamu benar-benar menjalankannya dengan teratur. Jadikan rencana jalan-jalanmu sebagai motivasi terbesar saat mengumpulkan uang. Pada akhirnya, pengalaman dan perasaan santai dan senang saat traveling tidak dapat diukur dengan uang.

Selamat mencoba, travelers!

(Visited 2,145 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top