Tips

Cara Menolong Teman yang Pingsan Saat Traveling

Saat traveling, kadang terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya, teman traveling kita pingsan saat sedang asyik jalan-jalan. Respon pertama yang terjadi pada kita tentu aja panik, tapi setelah itu jangan sampai kamu keterusan panik. Bersikaplah tenang dan lakukan pertolongan. Apa aja yang harus dilakukan? Simak bareng pegipegi, yuk!

Penyebab pingsan

Ketika pingsan, seseorang mengalami hilang kesadaran selama beberapa saat. Hal itu terjadi karena kurangnya suplai oksigen ke otak. Penderita pun merasa lemah, mual, dan pucat. Pingsan bisa terjadi karena kelelahan berat, lapar, haus, gangguan denyut jantung, terlalu banyak minum alkohol, minum obat yang nggak tepat, luapan emosi yang berlebihan, anemia, ventilasi udara yang tidak baik, kekurangan gula darah, gejala stroke ringan, rasa takut berlebihan karena melihat darah atau hal menakutkan lainnya, dan lain-lain.

Pertolongan yang harus dilakukan

  1. Jika wajah temanmu yang pingsan terlihat pucat, bisa jadi ia mengalami kelelahan atau kelaparan. Baringkan ia di tempat datar, letakkan kepala lebih rendah dari kaki agar darah dapat mengalir ke kepala.
  2. Jika muka temanmu yang pingsan itu merah, sangga kepalanya dengan sesuatu agar darah di kepalanya bisa mengalir ke tubuhnya secara normal.
  3. Jika temanmu yang pingsan muntah, miringkan kepalanya agar ia bisa muntah dengan mudah dan jalur pernapasannya kembali lancar.
  4. Jika aksesoris atau pakaian yang dikenakan telalu ketat, kamu bisa mengendurkannya agar darah mudah mengalir dan ia bisa bernapas dengan lancar.
  5. Jangan bergerombol di depan teman yang sedang pingsan. Soalnya, ia membutuhkan udara segar.
  6. Jangan sembarangan menggerakkan badan. Takutnya bakal memperparah cidera yang dialami saat terjatuh.
  7. Sebenarnya akan sangat bagus jika ada gas oksigen atau kaleng semprot oksigen. Jika tidak ada, kamu bisa mengipasi bagian kepala teman yang pingsan dengan kertas atau sesuatu.
  8. Jika sudah sadar, berikan temanmu minuman manis, seperti teh manis atau jus buah agar gula darahnya kembali normal.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Biasanya, korban pingsan bisa kembali sadar dalam waktu dua sampai tiga menit jika diberikan pertolongan yang tepat. Setelah itu, jangan lupa untuk beristirahat agar tubuh bisa kembali dengan normal. Nah, nggak perlu panik kan saat menghadapi teman yang pingsan ketika traveling! Untuk mencegah terjadinya pingsan, makan teratur dan istirahat yang cukup sebelum traveling, ya! Jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi pegipegi lewat Google Play dan App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 186 times, 1 visits today)

Comments

To Top