Berita

Cara Kerja Mesin X-Ray di Bandara Deteksi Barang Mencurigakan

Suka traveling dengan pesawat terbang? Pasti cukup familiar dengan airport scanner atau mesin x-ray. Yap, alat pendeteksi yang satu ini harus kita lewat beberapa kali sebelum akhirnya masuk ke dalam area tunggu penerbangan.

X-ray security ini adalah mesin yang diciptakan untuk mendeteksi secara visual semua barang bawaan penumpang pesawat udara yang dapat membahayakan keselamatan penumpang lainnya. Security system atau x-ray security scanner dapat mendeteksi barang bawaan tanpa harus mengeluarkan isinya.

Dengan fitur yang canggih, airport scanner jelas mengundang banyak pertanyaan. Terutama soal cara kerja alat tersebut sampai bisa mendeteksi potensi bahaya pada sebuah tas atau koper.

Untuk menjawabnya, kamu harus tahu proses awal dari pemeriksaan x-ray di bandara. Pertama, barang yang akan diperiksa dimasukkan ke dalam terowongan x-ray melalui konveyor.

Nah, barang-barang yang akan diperiksa akan dideteksi oleh sejumlah light barrier pada saat barang tersebut masuk ke dalam mesin x ray. Sensor akan mendeteksi adanya barang masuk dan mengirimkan sinyal ke unit pengontrol untuk mengaktifkan sinar x.

Sinar x akan menembus barang yang berada dalam terowongan x-ray sebagai bagian dari proses pemeriksaan. Barang yang berada di dalam terowongan x-ray tersebut akan menyerap sinar yang dipancarkan oleh x-ray generator.

Sinar yang dipancarkan akan mengenai detektor-detektor yang ada pada dua sisi terowongan. Sinar x yang berbentuk kipas akan menembus object yang berada di atas sabuk konveyor. Setelah itu, potongam dan sinyal gambar yang diterima oleh detektor-detektor kemudian akan dikumpulkan dan membetuk sebuah pixel pada layar monitor.

Karena tiap barang yang ditangkap sinar X punya bahan yang berbeda, gambar yang muncul pada monitor memungkinkan operator mesin melihat barang yang berbeda dalam tas. Semua barang yang masuk ke mesin xray akan tampil dengan tiga warna berbeda, tergantung bahannya mulai dari organik, anorganik dan logam.

Operator mesin dilatih untuk mendeteksi barang yang mencurigakan. Bukan hanya senjata tajam seperti senjata atau pisau, tetapi juga komponen improvised explosive device (IED) atau alat peledak rakitan.

Para petugas biasanya mengamati potensi barang bawaan yang berwarna jingga di monitor, menandakan ada unsur logam di dalamnya. Biasanya, barang peledak seperti bom memiliki unsur logam dan organik yang kuat dan mudah terdeteksi.

Nah, barang elektronik, seperti ponsel, laptop atau bahkan kamera memiliki banyak komponen kecil dengan bahan yang berbeda-beda. Ini yang kadang menyulitkan kinerja dari aiport scanner untuk mendeteksi jika ada bahan kimia berbahaya didalam perangkat tersebut.

Jadi, jangan heran kalau kamu diminta untuk menyalakan laptop atau perangkat lainnya. Tujuannya untuk memastikan nggak ada bahan kimia yang berbahaya di dalam perangkat elektronik.

X-ray security biasanya disandingkan bersama walk through metal detector untuk memastikan semua yang masuk ke dalam bandara aman. Alat ini pun juga dipakai untuk memeriksa potensi bahaya pada proses pengiriman kargo, lho.

Pengin liburan dalam waktu dekat? Yuk, pesan tiket bustiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi, ya.

PESAN TIKET BUS MURAH PESAN TIKET PESAWAT MURAH PESAN TIKET KERETA API MURAH CARI HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top