Destinasi

Cantiknya Wisata Perut Bumi di Goa Jatijajar, Kebumen

Liburan panjang akhir tahun tinggal sebulan lagi. Jika kamu berencana berlibur di Dataran Tinggi Dieng, pulangnya mampir ke Goa Jatijajar, yuk!

Tepatnya di Kebumen, Jawa Tengah, Goa Jatijajar dikenal luas akan keindahan perut buminya. Maklum, di sana, kamu dapat bertemu dengan ragam staglagtit dan stalagmit cantik yang langka!

Berkat pengelolaan yang baik pula, Goa Jatijajar selalu meninggalkan kesan yang nggak terlupa bagi para turis. Salah satunya adalah instalasi lampu-lampu yang mengelilingi isi dari Goa Jatijajar

Ratusan staglagtit dan stalagmit yang terbentuk adalah bukti kalau Goa Jatijajar menyimpan sumber air murni. Mereka terbentuk dari endapan tetesan air hujan yang kemudian secara ilmiah beraksi terhadap batuan kapur.

Legenda Para Leluhur

Nggak cuma soal stalagmite dan stalagtit, Goa Jatijajar juga menyimpan dongeng yang melegenda.

Kamu tahu Lutung Kasarung? Yap, di gua ini, terdapat diorama serta patung yang menceritakan kisah Lutung Kasarung alias Raden Kamandaka.

Terdapat delapan diorama dan 32 patung di dalam Goa Jatijajar yang siap memikat kamu. Siapa tahu, kamu ingin mengenal lebih dalam sosok yang melegenda.

A post shared by Visit Kebumen (@visitkebumen) on

Nah, selain patung Lutung Kasarung, Goa Jatijajar juga memiliki beberapa aliran sungai ‘ajaib’. Dalam artian, sungai ini nggak pernah kering walaupun musim kemarau sudah tiba.

Para pengunjung pun rela menghabiskan waktu bermain air di Sungai Puser Bumi, Sungai Jombor, Sungai Mawar, dan Sungai Kanthil. Konon katanya, air yang terkandung di dalam sungai tersebut bisa bikin awet muda!

Buka tiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.00, Goa Jatijajar cukup mudah diakses dengan kendaraan. Hanya satu jam dari Kota Kebumen, kamu nggak perlu takut tersasar karena aksesnya sudah dilengkapi dengan papan penunjuk arah.

Jika kamu berencana ke Kebumen,  ayo pesan tiket kereta api dan hotel murah di Kebumen lewat Pegipegi! Selamat liburan!

cari kereta api ke Kebumen cari hotel murah di Kebumen

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 56 times, 1 visits today)

Comments

To Top