Destinasi

Cantiknya Pulau Hoga di Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Cantiknya Pulau Hoga di Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Keindahan Kepulauan Wakatobi emang nggak bakal ada matinya, travelers! Dulunya, Kepulauan Wakatobi punya nama lain yang disebut Kepulauan Tukang Besi, yang terdiri dari empat pulau utama yaitu Pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko, serta gugusan pulau kecil lain. Dari banyaknya pulau cantik di Wakatobi, kali ini pegipegi ingin mengenali salah satu pulau kecil di Taman Nasional Laut Wakatobi. Pulau Hoga, pulau dengan kecantikan bawah laut yang begitu sempurna untuk snorkeling dan scuba diving.

Di Pulau Hoga sedikitnya terdapat 12 titik penyelaman yang banyak menjadi incaran para penyelam. Biasanya, Pulau Hoga dikunjungi ratusan turis mancanegara yang berasal dari Eropa atau Asia pada Maret sampai September. Jadi siap-siap berebut penginapan, yah, travelers! Kesempatan kamu untuk berkunjung ke tempat ini adalah saat awal tahun di Januari hingga Maret atau di akhir tahun pada Oktober hingga Desember.

Cantiknya Pulau Hoga di Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Foto dari instagram @wie.ku, @graceveronika, @ayadewiyana, dan @ramsclasiks

Cantiknya Pulau Hoga di Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Foto dari instagram @dulanode, @hspalladino, @ririrustam, @jess.marguerite

Nggak tanggung-tanggung, Pulau Hoga memiliki sebanyak 750 spesies koral dari total sekitar 850 spesies koral yang ada di dunia. Tentunya ekosistem biota laut Kepulauan Wakatobi sangat berlimpah ya, travelers! Nah, sesampai di dermaga kecil Pulau Hoga, kamu akan melihat berderet gazebo untuk menikmati pemandangan tepi pantai sambil minum es kelapa muda. Nggak hanya ekosistemnya yang terjaga, tradisi dan keramahan masyarakat Pulau Hoga juga membuat para pengunjungnya betah berlama-lama.

Transportasi Menuju ke Wakatobi

Melalui jalur udara, arahkan perjalanan kamu langsung menuju ke Bandara Haluoleo, Kendari. Lalu dari Kendari perjalanan dilanjutkan dengan pesawat kecil ke Bandara Matahora di Pulau Wangi-wangi. Tiket pesawat kecil dari Bandara Haluoleo ke Matahora sebaiknya dipesan secara online. Setelah tiba di Bandara Matahora, selanjutnya kamu harus menuju ke Dermaga Kaledupa, di pulau seberang.

Dari Bandara Matahora menuju Kaledupa tersedia kapal-kapal dengan tarif Rp 50 ribu – 150 ribu* per orang, tergantung kemampuan menawar kamu, travelers! Setelah tiba di Kaledupa, sekali lagi kamu perlu naik kapal dengan tarif Rp 50 ribu* per orang. Setibanya di Pulau Hoga sebaiknya cari penginapan terlebih dahulu. Kebanyakan, penginapan-penginapan di Pulau Hoga tampil sangat sederhana dan tanpa AC. Sedikitnya ada 150 penginapan dengan harga berkisar dari Rp 100 ribu – 300 ribu* per malamnya.

Selain jalur udara, kamu juga bisa melakukan perjalanan melalui jalur laut ke Pulau Wakatobi demi irit-irit pengeluaran. Dari Kendari, pertama-tama kamu akan mengarungi laut menuju Bau-bau, kurang lebih selama 4 jam. Lalu dari Bau-bau dilanjutkan berkapal kurang lebih selama 12 jam untuk sampai di Pulau Wangi-wangi.

foto utama dari www.indonesiakaya.com

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Cara termudah ke Pulau Hoga kamu mesti transit dulu di Kendari, travelers. Soal transportasi, kamu tinggal pesan tiket pesawat murah ke Kendari di pegipegi. Dan jangan lupa cari hotel murah di Kendari di pegipegi juga, yah!

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Download aplikasi pegipegi di Google Play atau App Store agar proses transaksi bisa lebih cepat dan lebih mudah! Miliki potongan harga tiket kereta api, tiket pesawat dan kamar hotel saat ini juga. Semoga selamat sampai tujuan, travelers!

apps-store

google-play

(Visited 482 times, 2 visits today)

Comments

To Top