Event & Festival

Cantiknya Festival Ngarot, Pesta Kebudayaan khas Indramayu

Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki berbagai upacara adat menyambut musim tanam padi. Nah, salah satu yang paling menarik untuk dikulik adalah Festival Ngarot.

Rutin digelar di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Festival Ngarot merupakan festival budaya khas warga Desa Lelea. Festival ini diadakan dengan tujuan sebagai ungkapan syukur kepada Sang Pencipta atas limpahan rezeki kepada para petani sebelum mulai musim baru penggarapan sawah.

Terdiri dari tiga bagian, arak-arakan, seserahan, hingga pesta pertunjukkan, Festival Ngarot menampilkan ribuan Gadis Ngarot dengan hiasa bunga di kepalanya. Makin terlihat cantik, karena mereka mengenakan pakaian adat Sunda dengan corak warna yang cerah

Senyum segar yang tampak dari wajah mereka yang menjadikan Festival Ngarot terasa spesial. Nggak heran sih, kalau Festival Ngarot nggak cuma terkenal di Indonesia, tetapi juga hingga ke luar negeri dengan datangnya berbagai media asing untuk meliput.

Nah, hiasan bunga yang dikenakan para gadis ini pun memiliki artinya masing-masing. Mulai dari bunga kenanga yang punya pesan agar para gadis menjaga keperawanan, bunga melati yang punya pesan agar para remaja menjaga kebersihan diri hingga bunga kertas yang bermakna kecantikan sebagai kembang desa.

Dengan make-up tipis, para Gadis Ngarot diarak untuk dipamerkan kepada publik. Biasanya, Festival Ngarot ini menjadi salah satu bagian dari perayaan hari jadi Kabupaten Indramayu.

Sebagai apresiasi bagi warga Indramayu, Festival Ngarot sempat mendapatkan penghargaan Original Rekor Indonesia (ORI) sebagai salah satu kebudayaan tradisional penting di Indonesia. Kira-kira tertarik datang ke Indramayu buat menyaksikan Festival Ngarot?

Pengin main ke sini? Liburan sekalian ke Indramayu. Yuk,  cari hotel murah di Indramayu lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top