Destinasi

Cantik Banget! Ini 8 Surga Wisata Tersembunyi di Papua Barat

Jika ditanya destinasi wisata terkenal di Papua Barat, pasti banyak yang menyebut Raja Ampat. Namun, ternyata Papua Barat menyimpan banyak surga wisata tersembunyi yang memiliki panorama alam eksotis. 

Bahkan, keindahan alam di destinasi wisata ini akan membuat para wisatawan terpukau. Jika kamu suka mengunjungi berbagai tempat wisata yang belum dikenal, surga wisata tersembunyi Papua Barat ini wajib masuk dalam itinerary liburan!

Kali Kaca atau Kali Bawi

Foto dari minews.id

Kali Kaca atau dikenal juga dengan Kali Bawi merupakan surga wisata tersembunyi yang memiliki air jernih bak kaca. Kali ini berlokasi di Kampung Bawi, Kabupaten Maybrat, Papua Barat. 

Saking jernihnya air di kali ini, pengunjung dapat langsung melihat dasar kali dari permukaan. Bebatuan di dasar kali sekilas menyerupai batu karang di laut. Melihat airnya, tak salah banyak orang ingin langsung berenang sambil menikmati pemandangan alam di sekitarnya.

Air Terjun Kiti Kiti

Foto dari Instagram dailywisata

Sudah bukan rahasia lagi bahwa keeksotisan Papua Barat sering membuat mata terpana. Terlebih lagi, dengan pemandangan alam yang masih terjaga, seperti pada objek wisata di Kawasan Konservasi Taman Teluk Nusalasi, Kabupaten Fakfak, Air Terjun Kiti Kiti.

Air terjun ini memiliki keunikan di mana air langsung mengalir ke laut lepas. Keunikan lainnya akan terlihat ketika air sedang surut. Saat itu terjadi, maka pantai akan terlihat jelas di bawah air terjun. Pantai tersebut juga menyuguhkan keindahan alam bawah laut, yaitu adanya berbagai tipe ikan dengan terumbu karang cantik.

Danau Ayamaru

Foto dari suarasorongselatan.com

Tak banyak orang yang tahu hidden gem di Papua Barat, Danau Ayamaru. Danau ini terletak di Kabupaten Maybrat, Kota Sorong. Karena merupakan warisan nenek moyang, suku Maybrat sangat menjaga habitat alam agar tidak rusak.

Danau Ayamaru memiliki air yang jernih kebiruan dan akan berpendar dengan indah ketika terkena sinar matahari. Saking jernih airnya, kamu bisa melihat dasar danau yang penuh dengan bebatuan menyerupai terumbu karang dan berbagai macam jenis ikan. Tak salah jika pengunjung menghabiskan waktu dengan berbagai kegiatan, seperti melakukan fotografi, menelusuri danau dengan perahu, atau berenang.

Pulau Kofiau

Selain pulau-pulau di Raja Ampat, Pulau Kofiau menjadi pulau yang paling banyak dikunjungi. Terlebih lagi, pulau ini memiliki berbagai terumbu karang terbesar di dunia dengan hamparan pasir putih. Yang menjadikan pulau ini unik adalah ditemukannya beberapa bukit vulkanik yang ditutupi hutan hujan dan batu kapur karang. 

Surga tersembunyi di pulau ini juga menawarkan pemandangan indah bawah laut. Air yang jernih memudahkan kamu untuk berenang, menyelam, snorkeling, bahkan melakukan fotografi kekayaan bawah laut. 

Desa Wisata Arborek

Foto dari wisato.id

Desa Wisata Arborek merupakan salah satu surga wisata tersembunyi Papua Barat yang berada di Kepulauan Raja Ampat. Untuk menuju ke desa, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 hingga 2 jam berkendara. Perjalanan akan terbayar ketika kamu memasuki perairan Arborek. Penampakan hamparan pasir putih dan deretan pohon kelapa akan tersuguh dengan apik.

Sesampainya di desa, penduduk Desa Arborek akan menyambut ramah. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan secara langsung tradisi dan kesenian penduduk lewat penampilan tarian tradisional. 

Teluk Triton

Teluk Triton Papua
Foto dari helloindonesia.com

Teluk Triton mungkin belum terlalu dikenal para wisatawan. Namun, kawasan yang sedikit tersembunyi ini memiliki pemandangan alam cantik. Pulau-pulau kecil dan karang-karang menjulang tinggi mengelilingi Teluk Triton dan menambah eksotismenya Papua Barat. 

Suasana teluk yang tenang diperkaya dengan kekayaan biota laut menjadikannya surga, tidak hanya bagi pencinta diving dan snorkeling, tetapi juga para pakar biota laut. Tidak hanya itu, panorama alam indah ini menjadikan setiap titik teluk sebagai tempat untuk berfoto.

Kolam Sisir

Foto dari wisato.id

Menjelajahi Papua Barat tidak akan pernah membosankan, apalagi banyak destinasi wisata yang masih tersembunyi. Salah satunya adalah Kolam Sisir. Kolam pemandian umum di Kampung Marsi, Distrik Kaimana, Kabupaten Kaimana, Papua Barat, ini merupakan destinasi wisata andalan masyarakat setempat.

Kolam berair jernih dan biru ini memiliki mata air alam. Para pengunjung bebas untuk berendam di sana. Dengan suasana alam berupa tebing tinggi dan pohon-pohon hijau, kamu seakan-akan merasa sedang melakukan eksplorasi tanpa batas. 

Desa Wisata Sauwandarek

Foto dari Nokennews

Pemandangan alam di Desa Wisata Sauwandarek menunggu untuk dieksplorasi. Desa yang berlokasi di barat Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, ini menawarkan suasana liburan menyenangkan. 

Saat menginjakkan kaki di desa, kamu akan melihat bangunan khas Papua yang bangunannya terbuat dari kayu dengan atap terbuat dari daun dan jerami. Pemandangan menarik lain yang disuguhkan di sini adalah penampakan burung endemik Sauwandarek, burung Maleo Waigeo, dan keindahan biota bawah laut.

Wah, menakjubkan sekali melihat keindahan dan keeksotisan surga wisata tersembunyi Papua Barat, ya? Kamu pun bisa melihat langsung pesona alam tempat-tempat wisata di provinsi ini, loh. Yuk, segera pesan tiket pesawat dan hotel di Papua dengan harga promo hanya di Pegipegi! 

PESAN TIKET PESAWAT PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Foto utama: IG ethnotraveller, papuaexpo, dan dailywisata

Comments

To Top
%d bloggers like this: