Destinasi

Canggihnya Kampoeng Cyber di Yogyakarta yang Bikin Terkesima

Dikenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga sangat update dengan teknologi. Coba sesekali kamu main ke kawasan Kampoeng Cyber di Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Yogykarta.

Dari namanya sudah jelas kalau teknologi adalah satu hal yang dijunjung tinggi kampung yang satu ini. Dengan misi mengejar ketertinggalan dan menjembatani keterbatasan dalam berteknologi, khususnya internet, Kampung Cyber diresmikan pada 2008 lalu.

Menariknya, konsep kampung cyber ini pun nggak cuma berhenti di satu RT (rukun tetangga) saja. Diawali oleh inisiatif warga di RT 36, virus internet secara baik menjalar ke RT-RT lain sehingga terciptalah Kampoeng Cyber.

Alhasil, kegiatan masyarakatnya pun nggak jauh-jauh dari internet, lho. Selain penggunaan website untuk menyampaikan pengumuman, warga Kampoeng Cyber juga sering saling berkirim email untuk menyebarkan pesan penting.

Foto: Ebju

Kamu nggak bakal menemukan warga berkeliling dengan kentongan, lho. Laptop hingga smartphone adalah hal yang sangat familiran dijumpai di setiap rumah warga Kampoeng Cyber.

Akses internet yang hadir di Kampung Cyber adalah hasil sumbangan warga. Jadi, kamu nggak bakal kesulitan menemukan akses Wi-Fi kencang di Kampoeng Cyber.

Lokal yang Mendunia

Komitemen warga Kampoeng Cyber di Yogyakarta untuk melek teknologi ternyata ada niat baiknya, lho. Yap, mereka ingin mempromosikan banyak hal tradisional dari kampung mereka melalui internet.

Melalui konsep wisata Omah 36, kamu bisa menemukan berbagai macam unsur tradisional dari Kampoeng Cyber. Salah satunya soal Jasa Batik Tulis Pak Soedarmodjo yang terkenal itu.

Batik Pak Soedarmodjo dikenal akan kualitasnya. Menggunakan bahan bahan dasar malam berkualitas tinggi dengan kain katun dan sutra yang telah memenuhi kualitas standar terbaik di kelas kelasnya, batik ini cukup dikenal nggak cuma di Yogyakarta, tetapi sampai ke luar daerah.

A post shared by David Setyawan (@masdapit) on

Selain batik, Kampoeng Cyber juga memiliki banyak sekali jajanan tradisional yang lezat. Mulai dari Paster Mbak Dijie hingga Ayam Goreng Larizqy yang cukup viral di Yogyakarta karena rasa dan harganya yang murah.

Buat kamu yang ingin belajar mengelola website hingga media sosial, kampung yang satu ini juga membuka Wisata Edukasi Kampoeng Cyber. Di sana, kamu bakal belajar banyak mengenai teknologi informasi serta pengaplikasiannya dalam kehidupan bermasyarakat ala Kampoeng Cyber.

Nggak heran, seorang Mark Zuckenberg, pendiri Facebook sempat mampir ke Kampoeng Cyber, beberapa waktu yang lalu. Ia tertarik dengan inisiatif muncul pertama kali dari kepala Antonius Sasongko Wahyu Kusumo, seorang mahasiswa yang kini sudah memimpin Kampoeng Cyber tersebut.

Wah, keren abis!

Foto utama: hellondutsi

Jika sudah tahu ingin menginap di mana, jangan lupa pesan tiket pesawat atau tiket kereta api ke Yogyakarta serta cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta pesan tiket kereta api murah ke yogyaarta cari hotel murah lain di yogyakarta

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 158 times, 1 visits today)

Comments

To Top