Destinasi

Mandi air panas di Cangar, yuk!

cangar

Melepas penat dengan berendam di air hangat tentu mengasyikan. Kalau tertarik, pemandian air panas Cangar mungkin jadi pilihan tepat untuk traveler. Menceburkan diri ke kolam menjadi penghangat alami di tengah dinginnya cuaca di Batu, Malang.

Berlibur ke Malang banyak dipilih traveler untuk rehat dari segala aktivitas. Selain Gunung Bromo yang jadi destinasi utama, Malang masih menyimpan potensi wisata alam lainnya yang nggak kalah menarik, traveler.

cangar

foto : indonesiakaya.com

Salah satu tempat wisata yang layak dikunjungi saat plesiran ke Malang adalah Cangar, traveler. Di kawasan ini, kamu bisa menemukan kolam pemandian air panas yang dijamin bisa membuat raga kembali segar.

Lokasi pemandian air panas Cangar

Cangar sebenarnya adalah sebuah nama desa di Kelurahan Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Batu, traveler. Desa ini kemudian populer di kalangan wisatawan, karena adanya pemandian air panas Cangar ini.

Berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya R. Soeryo, pemandian air panas Cangar banyak dikunjungi wisatawan. Namun untuk sampai ke sini, kamu mesti membawa atau menyewa kendaraan sendiri, traveler, pilihannya bisa menggunakan mobil atau motor.

Mengawali perjalanan dari alun-alun kota Batu menuju Cangar, traveler berjalan ke arah barat dan mengikuti jalur ke arah Coban Talun dan Selecta Malang, karena ketiga tempat ini masih searah.

Sepanjang perjalanan ke Cangar, kamu akan disuguhkan pemandangan mempesona, traveler. View pegunungan yang begitu memukau serta kawasan pertanian di bagian kanan dan kiri menjadi kawan yang mengasyikan untuk sampai ke Cangar. Tapi kamu tetap mesti waspada, karena jalanan di sini berkelok.

Wisata di kompleks pemandian air panas Cangar

Begitu tiba di kompleks pemandian air panas Cangar, suasana sejuk begitu kental terasa, traveler. Maklum, kawasan ini memang dikelilingi pepohonan yang begitu rindang dan sangat dekat dengan pegunungan.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp5.500, kamu sudah bisa memasuki kompleks pemandian air panas Cangar. Kawasan ini memiliki dua kolam renang, dengan tingkat kepanasan air yang berbeda, traveler. Kalau kamu ingin berenang di kolam, tambahan uang Rp5.000 mesti dikeluarkan lagi. Tapi jika malas menambah budget pengeluaran, kamu masih bisa kok mandi di koalm penampungan air. Di sini juga nggak kalah seru kok, traveler.

Kesegaran air hangat di Cangar ini berasal mata air kaki Gunung Welirang, traveler. Nggak heran, air panas di Cangar sangat bening meski banyak orang yang berenang di sini.

Keberadaan Cangar yang 3000 meter di atas permukaan laut membuat suasana di sekelilingnya sangat sejuk. Kamu bahkan bisa melihat pohon-pohon tua yang rimbun dengan akar menjuntai dari atas saat berendam di kolam air panas Cangar.

Suasana berenang terasa makin nyaman, karena kamu ditemani kicauan burung yang saling bersahutan, traveler. Makanya, tak sedikit wisatawan yang betah berendam di Cangar ini.

Puas berenang di kolam air panas Cangar, saatnya mengisi perut yang mulai keroncongan. Nggak pas rasanya plesiran tanpa mencicipi makanan khas daerah setempat. Di kawasan wisata Cangar ini, ada penjual tape ketan hitam yang legendaris, traveler. Konon, penjual tape ketan hitam berjualan secara turun menurun selama puluhan tahun!

Cuma dengan kocek Rp3.000 kamu sudah bisa menikmati sepiring kecil tape ketan hitam hangat dengan perpaduan rasa manis dan gurih yang memanjakan lidah. Sambil menikmati tape ketan hitam, kamu bisa melihat lutung jawa yang menempati sekitar hutan di sini. Mereka biasanya bergelatungan di dahan pohon yang rindang.

Tak jauh dari kompleks pemandian air panas Cangar, masih ada dua tempat wisata lain yang bisa kamu nikmati, traveler. Di sekitar di sini kamu bisa menemukan gua-gua peninggalan penjajah Jepang yang dibangun pada tahun 1942 sampai 1945.

Bagaimana traveler, tertarik menghangatkan diri di tengah dinginnya cuaca di Kota Batu? Yuk, ke mandi air panas di Cangar!

(Visited 524 times, 1 visits today)

Comments

To Top