Destinasi

Candi Sewu, Atraksi Budaya dengan Arsitektur Unik di Klaten

Main-main ke kota Klaten, yuk! Berada di antara kota Solo dan Yogyakarta, Klaten memiliki satu destinasi budaya syarat akan sejarah, Candi Sewu.

Terbujur panjang 185 meter, Candi Sewu masih berada dalam kompleks Candi Prambanan. Meski bernama Sewu yang berarti seribu, candi ini hanya berjumlah 249 saja.

Meski demikian, Candi Sewu dinobatkan sebagai candi Buddha terbesar kedua setelah Borobudur. Para ahli yakin Candi Sewu pertama kali dibangun pada abad ke-8 atas inisiatif Rakai Panangkaran ketika ia hendak turun takhta.

Keberadaan Candi Sewu disebutkan dalam Prasasti Kelurak (782) dan Prasasti Manjusrigrha (792) yang kini tersimpan di Museum Nasional Jakarta. Berdasarkan kedua prasasti itu, nama sebenarnya dari Candi Sewu adalah “Prasada Vajrasana Manjusrigrha”, atau kalau diterjemahkan berarti candi tempat Manjusri (Boddhisatwa) bertakhta.

Keunikan dari Candi Sewu adalah cara para pendiri meletakkan bangunannya. Candi-candi pengawal itu disusun menjadi empat baris dengan jumlah yang berbeda untuk setiap barisnya, namun jarak antara satu candi pengawal dengan lainnya juga sama.

Sedangkan candi utama yang dibangun di bagian tengah kompleks Candi Sewu berukuran lebih besar daripada candi-candi perwara dengan pondasi berbentuk polygon bersudut 20.

Penasaran? Buat main ke Candi Sewu, kamu cukup menumpang bus Trans Jogja jalur 1A atau 1B trus turun di halte Prambanan. Kamu juga bisa menggunakan Kereta Prameks dan turun di Stasiun Prambanan.

Kalau mau main ke sini, kamu bisa mampir dan liburan sekalian di Yogyakarta. Jangan lupa pesan tiket pesawat atau tiket kereta api ke Yogyakarta lewat Pegipegi, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Yogyakarta pesan tiket kereta api murah ke Yogyakarta cari hotel murah lain di Yogyakarta

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top