Destinasi

Candi Jago, Peninggalan Kerajaan Singosari di Malang

Candi Jago berada di Dusun Jago, Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang atau berjarak 22 km ke arah timur dari pusat Kota Malang. Orang-orang kerap menyebutnya Candi Tumpang karena berada di Desa Tumpang. Kata Jago berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu Jajaghu yang berarti keagungan.

Dalam pupuh 41 gatra ke-4 Negarakertagama dijelaskan bahwa Raja Wisnuwardhana yang memerintah Singasari menganut agama Syiwa Buddha, yaitu suatu aliran keagamaan yang merupakan perpaduan antara ajaran Hindu dan Buddha. Aliran tersebut berkembang selama masa pemerintahan Kerajaan Singasari, sebuah kerajaan yang letaknya sekitar 20 km dari Candi Jago.

Candi Jago berdiri di atas ketinggian dan di sana ada relief Padma (teratai) yang menjulur ke atas dari bonggolnya dan menghiasi tatakan arca-arca. Motif teratai semacam ini sangat popular dan dijadikan ciri khas dari Candi Jago yang memiliki panjang 24 meter, lebar 14 meter, dan tinggi 9,97 meter. Di bagian atasnya terlihat jelas daerah sekitar candi yang dikelilingi pepohonan hijau nan asri.

Masih menurut kitab Negarakertagama dan Pararaton, pembangunan Candi Jago sudah berlangsung sejak tahun 1268 M hingga 1280 M untuk penghormatan Raja Singosari keempat, yaitu Sri Jaya Wisnuwardhana. Walaupun dibangun ketika masa pemerintahan Kerajaan Singosari, disebut di kedua kita tersebut bahwa Candi Jago selama tahun 1359 M adalah salah satu tempat yang sering dikunjungi Raja Hayam Wuruk dari Kerajaan Majapahit.

Keterkaitan Candi Jago dengan Kerajaan Singosari terlihat juga dari pahatan padma (teratai), yang menjulur ke atas dari bonggolnya, yang menghiasi tatakan arca-arcanya. Motif teratai semacam itu sangat populer pada masa Kerajaan Singosari. Yang perlu dicermati dalam sejarah candi adalah adanya kebiasaan raja-raja zaman dahulu untuk memugar candi-candi yang didirikan oleh raja-raja sebelumnya. Diduga Candi Jago juga telah mengalami pemugaran pada tahun 1343 M atas perintah Raja Adityawarman dari Melayu yang masih memiliki hubungan darah dengan Raja Hayam Wuruk.

Gimana, travelers? Jadi semakin pengin liburan ke Malang, kan? Ayo segera pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah lewat Pegipegi! Jangan lupa cari hotel murah di Malang juga, ya!

pesan tiket pesawat murah ke malang pesan tiket kereta api murah ke malang  cari hotel murah di malang

Foto Ilustrasi: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top