Destinasi

Candi Borobudur, Magelang, Warisan Budaya Nasional

Jika di zaman sekarang banyak bangunan megah, mungkin kamu nggak akan heran. Namun, jika bangunan megah berdiri bisa berdiri di zaman dulu ketika perhitungan arsitektur belum secanggih sekarang, kamu perlu berdecak kagum. Salah satu bangunan bersejarah megah di Indonesia yang perlu dikagumi adalah Candi Borobudur yang berlokasi di bawah kaki Perbukitan Menoreh, Magelang, Jawa Tengah.

Bahan baku berasal dari Sungai Progo

Candi Borobudur sudah ada sejak abad ketujuh. Meskipun belum ada perhitungan arsitektur yang matang, namun Borobudur bisa berdiri megah dengan luas 123 x 123 meter persegi, dilengkapi dengan 504 patung Buddha, 72 stupa terawang, dan 1 stupa induk.

Jutaan meter kubik batu yang digunakan untuk membangun Candi Borobudur diambil dari Sungai Progo yang berjarak sekitar 2 km dari lokasi pembangunan candi. Batu-batu besar itu dipotong dan disusun dengan sistem interlock atau saling mengunci satu dengan lainnya, sehingga keseluruhan bangunannya seperti puzzle raksasa atau lego.

Merupakan manifestasi kehidupan manusia

UNESCO menetapkan Candi Borobudur sebagai warisan budaya dunia karena adanya ribuan panel relief yang tersebar di setiap tingkatnya. Relief tersebut menceritakan kehidupan manusia saat zaman tersebut disertai perjalanan Buddha.

Candi Borobudur adalah manifestasi dari kehidupan manusia yang terbagi atas tiga tingkat, yaitu Kamadatu, Rupadatu, dan Arupadatu. Pada tingkat Kamadatu digambarkan relief kehidupan manusia yang masih dipenuhi hawa nafsu. Kemudian pada tingkat Rupadatu digambarkan keinginan duniawai manusiawi mulai sirna. Dan pada tingkat Arupadatu, manusia digambarkan telah benar-benar sempurna, sehingga dilambangkan dengan stupa induk yang tertutup rapat.

Ketika abad ke-9, Candi Borobudur berkembang menjadi pusat studi Agama Buddha sekaligus menjadi tempat ziarah ummat Buddha dari Myanmar, India, Tiongkok, dan lain-lain. Mereka datang berbondong-bondong ke Borobudur melewati pelabunan Semarang yang saat itu dikenal dengan nama Pragota atau Bergita. Hal ini berlangsung sampai abad ke-11.

Pusat Perayaan Waisak dan Bali Baru

Candi Borobudur juga ditetapkan sebagai pusat perayaan Waisak di Indonesia. Saat Hari Raya Waisak, ratusan ribu ummat Buddha dari dalam maupun luar negeri mengikuti upacara Waisak di kompleks Candi Borobudur. Untuk memeriahkan Waisak, biasanya dilakukan prosesi penerbangan ribuan lampion ke langit.

Selain itu, Candi Borobudur juga ditetapkan sebagai Bali Baru oleh pemerintah. Karena, Borobudur sudah menjadi ikon kuat kawasan Joglo Semar (Jogja, Solo, dan Semarang) yang kerap menjadi tempat wisata incaran wisatawan. Pemerintah pun optimis nantinya kunjungan wisatawan mancanegara ke Candi Borobudur bisa mencapai angka 2 juta pada tahun 2019 mendatang.

Indahnya sunrise dan sunset di Candi Borobudur

Untuk menghindari sinar matahari yang begitu terik di Candi Borobudur, kamu bisa mengunjungi Candi Borobudur ketika pagi atau sore hari. Kedua waktu tersebut memiliki sensasi tersendiri. Ketika pagi-pagi sekali, cobalah untuk berdiri di antara tumpukan batu candi yang dingin, basah, dan tertimpa embun pagi. Nikmatilah momen saat melihat mentari yang menyembul dari balik Gunung Merapi dan Merbabu.

Jika pas sore hari, nikmatilah saat-saat di mana sinar matahari menelusup di antara lubang-lumbang stupa terawang atau sinar keemasan yang menimpa wajah Sang Buddha. Jangan lupa diabadikan dengan kamera, ya!

Masih banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di Candi Borobudur, yaitu Prakdaksina, yaitu aktivitas berjalan mengitari candi searah jarum jam, mengunjungi Museum Samudraraksa dan Museum Karmawibangga, menunggang gajah, naik kereta kelinci atau andong wisata, dan bersepeda.

Untuk menuju Kota Magelang, kamu bisa transit dulu di Kota Yogyakarta. Yuk, pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Yogyakarta lewat Pegipegi. Jangan lupa juga untuk cari hotel murah di Yogyakarta dan Magelang, ya!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta  pesan tiket kereta api murah ke yogyakarta  cari hotel murah di yogyakarta  cari hotel murah di yogyakarta

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

 

Comments

To Top